Apa Saja Kelebihan Menggunakan Listrik Prabayar?

by - March 22, 2018

Coba tanya ke orangtua kalian, apakah pernah mendapat denda akibat terlambat membayar tagihan listrik. Sepertinya sebagian besar dari pelanggan listrik pascabayar pernah mengalaminya, entah karena lupa atau tak sempat pergi untuk membayarnya. Nah, di era yang semakin maju ini PT. PLN telah memberi solusi yang tepat bagi pelanggannya. Yakni penggunaan listrik prabayar, cara mudahnya sistem pembelian listrik prabayar ini sama seperti pembelian pulsa pada ponsel kamu. Bentuk meteran listriknya pun tidak sama, jika listrik pasca bayar menggunakan meteran analog, maka listrik prabayar ini menggunakan meteran listrik digital yang akan memperlihatkan sisa daya listrik yang kamu miliki.
sumber: metrotvnews.com
Dengan menggunakan layanan listrik prabayar, kamu akan mendapatkan keuntungan yang tentunya semakin memudahkanmu sebagai pelanggan. Keuntungan yang paling utama adalah dengan menggunakan layanan prabayar, kamu akan lebih menghemat tagihan listrik karena kita bisa memantau secara langsung penggunaan listrik kita. Keuntungan lainnya adalah, tak ada lagi kesalahan penulisan jumlah meteran listrik oleh petugas seperti yang sering terjadi di waktu dulu karena kita sendiri lah yang menentukan meteran listrik kita.
sumber: indtips.blogspot.co.id
Bagi pemilik rumah kos atau pemilik kontrakan, listrik prabayar juga sangat membantu karena penghuni kamar bisa membeli token listrik untuk kamarnya sendiri.  Jangan khawatir daya listrik kamu habis di tengah malam, sebab PLN tentu sudah mengantisipasinya. Ketika daya hanya tersisa 50 meter, meteran listrik kamu akan mengeluarkan alarm tanda bahwa kamu harus mengisi ulang daya listrik. Alarm tersebut akan berbunyi semakin sering ketika daya listrik sudah mendekati habis. 
Sebelum PLN mengeluarkan layanan prabayar, tak jarang pelanggan di Indonesia merasa kesulitan dalam mengendalikan pengeluaran kebutuhan primer ini. Anggaran bisa membengkak jika tak dapat mengontrolnya dengan baik. Nah, kini hal tersebut tidak akan terjadi lagi. Karena pelanggan PLN di Indonesia bisa menggunakan listrik sesuai dengan anggaran yang mereka punya. Misalnya mereka menganggarkan Rp. 150.000 per bulan, berarti mereka cukup membeli token listrik dengan harga yang sama. Selain itu, tidak akan ada lagi biaya keterlambatan seperti di sistem listrik pascabayar.
sumber: rumah.com
Voucher untuk listrik prabayar juga dijamin aman, karena 20 digit angka tersebut tidak bisa diisikan ke meteran lain dan hanya bisa di meteran listrik kamu. Pembelian voucher pun sangat mudah dilakukan. Kamu bisa membeli token listrik di minimarket terdekat atau bisa juga membelinya secara online di website-website terpercaya. Salah satunya adalah dengan membeli di Traveloka. Kamu bisa membeli token listrik dengan mudah dan murah, baik melalui website maupun aplikasi Traveloka di HP kamu.
Nah, itu tadi kelebihan menggunakan listrik prabayar. Kalau di rumah kamu lebih memilih menggunakan listrik prabayar atau pascabayar nih?

You May Also Like

1 comments

  1. Pakai juga di rmh nih utk AC aja sih, mksdnya spy bisa dibatasi pemakaiannya. Tapi apa daya susah sekali membatasi pemakaian AC😅

    ReplyDelete