Talk Show Bersama Menteri Perhubungan RI Sekaligus Pemberian Apresiasi pada Pejuang Transportasi

by - December 31, 2017

Tahun baru ini pulang kampung ga? Begitu tanya teman-teman kost saya yang notabene berasal dari luar kota Semarang. Tahun ini merupakan tahun pertama saya tinggal di luar kota. Hal ini menyebabkan saya harus melakukan kegiatan yang sebenranya tidak saya sukai yaitu mudik. Bukan karena saya tidak suka kembali ke kampung halaman saya, bertemu sanak saudara di sana dan mencicipi makanan yang selalu saya rindukan rasanya ketika bosan dengan makanan manis di Semarang. Bukan. Tapi karena saya harus berdesak-desakan di jalan, bergumul dengan para pemudik lain yang juga rindu akan kampung halaman.
Tahun ini, saya terancam tidak pulang saat libur lebaran karena pada saat itu saya masih bekerja sebagai agent call center maskapai kebanggaan Indonesia. Tapi beberapa bulan sebelum hari raya saya pustuskan untuk pindah kerja ke tempat lain yang tidak mengharuskan saya tetap bekerja di hari raya. Beberapa teman saya masih ada yang bekerja di sana dan tentu saja masih banyak orang yang bertahan di sana.
Ternyata teman-teman saya dilayanan maskapai tersebut hanya sebagian kecil orang yang rela mendedikasikan hidupnya untuk para pemudik seperti kita (termasuk saya). Tentu saja masih banyak orang yang rela tidak mudik demi mengemban tugas profesinya yang kadang luput dari pandangan kita. Sebut saja para penjaga palang pintu perlintasan kereta api, penjaga pintu bandara, petugas cleaning service stasiun, terminal dan bandara, belum lagi para front liner di bagian customer service, bagian ticketing, petugas kebersihan dalam gerbong kereta, petugas dari dinas perhubungan kota dan provinsi hingga tenaga kesehatan yang selalu siap siaga. Mereka inilah yang disebut sebagai pejuang transportasi, para pahlawan yang berada di garda depan.



Hari Sabtu 30 Desember 2017 lalu Menteri Perhubungan RI, Bapak Budi Karya Sumadi memberi penghargaan kepada para pejuang transportasi di Jawa Tengah. Sebanyak 50 orang pejuang transportasi Jawa Tengah ini menerima penghargaan berupa tanggungan asuransi jiwa senilai dua puluh lima juta rupiah per orang. Acara ini dilaksanakan berbarengan dengan Talk Show Menteri Perhubungan RI dan masyarakat Jawa Tengah termasuk di dalamnya para netizen, blogger, vlogger, penggiat komunitas dan media massa. Acara ini dihadiri langsung oleh Bapak Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan RI, Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo, Wakapolda Brigjen Polisi Bapak Indrajit, S.H., Dirjen Perhubungan Darat Bapak Budi Setiyadi, Direktur Utama PT Jasa Raharja dan Dirut PT Jasa Raharja Putra.


Acara pemberian penghargaan dan talk show berlansung hangat dan akrab diselingi dengan hiburan dari group band rock terbaik se-Jawa Tengah yaitu Rockstar. Selain berdialog, para peserta juga diajak bernyanyi lagu-lagu rock oleh Pak Menteri. Perwakilan blogger, vlogger dan penggiat komunitas juga diajak naik ke atas panggunng untuk berdialog langsung dengan Pak Menteri. Sepanjang yang saya ingat, salah satu teman dari blogger yang sekaligus penggiat komunitas Sahabat Aviasi mengusulkan agar dibentuk suatu undang-undang yang melindungi pekerja front liner dari komplain konsumen yang berlebihan.

Pengalaman saya beberapa bulan menjadi agent call center dari maskapai kebanggaan Indonesia membuat saya paham betul situasi seperti apa yang dihadapi orang-orang yang berada di garda depan ini. Entahlah yang jelas mereka ini adalah orang yang berhadapan langsung dengan konsumen, entah itu secara live tatap muka atau melalui sambungan telepon. Maka sedikit banyak mereka pasti punya pengalaman mengerikan saat menghadapi konsumen. Saya yakin betul itu. Bukan mau menyalahkan siapa-siapa karena mungkin jika saya menjadi konsumen yang kecewa akan layanan maka saya juga akan menyampaikan kekecewaan saya melalui orang-orang yang mewakili layanan di garda depan. Namun yang perlu diingat, pasti selalu ada cara yang lebih elegant untuk melampiaskan kekecewaan. Cara yang tidak akan menyakiti perasaan orang lain. Begitu yang selalu pacar saya ingatkan. Lha mau gimana lagi? Mau marah atau mau menghina sampai mulut keluar busa sekalipun juga ga akan tuh masalah selesai dengan cara seperti itu. Memangnya energi yang dihabiskan buat marah-marah bakalan ikut andil menyelesaikan masalah? Nay! Orang sekelas Pak Menteri saja mau memberikan apresiasinya masa kita mau marah-marah sampai membabi buta? Malu dong sama profesi!
Pada kesempatan lain salah satu teman blogger juga menyampaikan keinginannya untuk membuat jalur kereta ke bandara seperti yang ada di Jakarta itu. Kita yang di Semarang juga mau dong Pak, begitu tuturnya. Beruntung hal ini langsusng diamini oleh Pak Menteri. Pihaknya kini sedang mengkaji wacana tersebut. Beliau juga berkata bahwa saat ini sedang dilakukan pembebasan lahan yang nantinya akan dibuat jalur kereta ke bandara di kota-kota besar seperti Solo dan Semarang.
Terakhir, pesan penting dari Pak Menteri untuk menyambut mudik balik Natal 2017 dan tahun baru 2018 adalah sebagai berikut:

  1. Manfaatkan jalur alternatif baru yang telah dibuka. Jalur alternatif darurat ini diperuntukkan bagi mobil yang melewati kota Batang, Pekalongan dan Semarang. Dengan adanya jalur baru, diharapkan akan mengurangi kemacetan jalan.
  2. Truk tiga sumbu dilarang masuk tol untuk sementara saat arus balik mudik Nataru (Natal dan tahun baru). Biasanya truk yang panjang akan membuat jalan macet, yang harusnya jalan tol itu untuk jalan cepat malah akan menjadi jalan lambat pada saat arus balik Nataru. 
  3. Tepat pilih waktu perjalanan. Jangan sampai memilih waktu saat peak season atau waktu dimana arus perjalanan sedang padat-padatnya. Diperkirakan peak season libur nataru akan terjadi pada tanggal 29, 30, 31 Desember 2017 serta 1 Januari 2018.
Bonus...
Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil, kamu juga perlu memeriksa kondisi kendaraan terlebih dahulu. Untuk memastikan kendaraan kamu siap digunakan untuk perjalanan menuju tempat wisata atau menuju kampung halaman tercinta. Ada beberapa pemeriksaan yang harus dilakukan.

  1. Periksa kondisi mesin - Kamu harus memastikan mesin motor atau mobilmu dalam keadaan baik, terlebih apabila kamu ingin menuju lokasi wisata di pegunungan. Oleh karena itu lakukan pemeriksaan mesin dengan dihidupkan dan diperhatikan dari suara mesin, gas buang, dan sebagainya. apabila ada yang tidak normal, segera konsultasikan ke bengkel.
  2. Ganti oli mesin - Oli merupakan salah satu bagian yang penting bagi kendaraan karena berfungsi sebagai pelumas. Gantilah oli motor/mobil kamu untuk menghindari overheat sehingga performa mesin menjadi lebih baik.
  3. Periksa suspensi kendaraan - Baik mobil maupun motor menggunakan suspensi pada bagian depan dan belakang. Bagian depan sangat berpengaruh pada kontrol kendaraan sedangkan bagian belakang menopang berat kendaraan. Biasanya saat liburan kita memaksimalkan kendaraan dengan bawaan yang cukup banyak sehingga perlu diperiksa kondisi suspensi kendaraan kita.
  4. Periksa tekanan udara pada ban - Tekanan udara yang pas akan membantu kendaraan berjalan dengan stabil, apabila ban kekurangan udara maka kendaraan mudah oleng dan tergelincir. Periksakan tekanan udara pada ban di SPBU terdekat, sesuaikan dengan kebutuhan ban.
  5. Memeriksa cengkraman rem - Salah satu faktor terbesar penyebab kecalakaan adalah rem blong, jangan sampai hal ini terjadi padamu. Pastikan rem kendaraan mencekram dengan kuat, periksa minyak rem apakah masih banyak atau perlu ditambah lagi.
  6. Memeriksa lampu kendaraan - Lampu kendaraan sangat penting terutama di malam hari, jadi kamu harus memastikan lampu depan menyala termasuk mode jarak jauh. Lampu belakang juga diperiksa sekaligus memastikan lampu menyala saat kamu melakukan pengereman. Lampu sein dan lampu hazard juga harus dipastikan berfungsi dengan baik.
Yang paling penting adalah jangan mau menggunakan kendaraan yang tidak layak pakai, entah itu kendaraan pribadi atau moda transportasi umum. Karena keselamatan penumpang adalah faktor utama yang harus dijaga pada saat melakukan perjalanan. Terkahir dari saya, selamat berlibur and have a safe ride ya! :))

You May Also Like

8 comments

  1. waaaa seru dan ram ya Zha, pejuang transportasi beneran ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, keren banget nih acara. Jadi kangen sama kalian kan :(

      Delete
  2. Waah..acaranya seru ya.. Senang melihat apresiasi pemerintah thd para pejuang transportasi ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru mbak... seru banget nih acara emang! Aku kangen meet up bareng blogger. Kangen kamu juga mbak, kapan ya trip bareng lagi?

      Delete
  3. Saya sebagai angkoters termasuk pilih-pilih angkot : Nggak mau naik yang angkotnya jelek atau jika sopinya merokok, kecuali terpaksa misalnya udah kesiangan heheh..

    Ini acara yang keren dan jarang terjadi, semoga bisa rutin diadakan supaya para pejuang tranportasi makin semangat kerjanya, ya mbak Nuzha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak :)) Yup. Bener banget kita sebagai pengguna transportasi umum juga harus mulai sadar dengan isu ini. Semoga transportasi umum di Indonesia semakin baik pelayanan & kualitasnya *finger-crossed

      Delete
  4. acaranya seru ya, bagus banget ada apresiasinya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. BANGET mbak... acara bales komen jam segini bikin aku kangen sama temen-temen blogger. hikz :(

      Delete