[Review] COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

by - December 24, 2017

Awalnya saya pikir tulisan ini tidak perlu banyak basa-basi tapi setelah saya baca ulang ternyata ga enak banget. Jadi ya, apakabar kalian semua? Siapa yang kangen review skin care saya? Ada ga ya kira-kira? Ada rencana liburan kemana nih akhir tahun nanti? Ada yang sudah buat kilas balik selama satu tahun? Bagaimana dengan resolusi tahun baru kalain pas 2017 kemarin? Sudah tercapai berapa persen? Atau jangan-jangan...
Setelah sekian lama absen bikin review, akhirnya saya balik dengan review baru tentang COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser. Cleanser ini sudah lama saya pakai, jadi review yang saya tulis ini bisa dikatakan cukup bisa mewakili lah ya, bukan cuma review cetek dan galau karena baru pakai produk beberapa minggu saja. Sudah berepa lama saya pakai produk ini? Sabar dong! Baca dulu reviewnya sampai selesai, ntar juga kalian tahu. :p
Untuk jenis kulit saya pasti kalian sudah tahu kan? Kalau yang rajin baca review saya sih pasti tahu lah ya. Tapi buat yang baru baca nih saya kasih tahu, jenis kulit saya adalah kombinasi cenderung berminyak karena dehidrasi. Termasuk kulit yang mudah berjerawat tapi sudah tak semudah itu setelah rajin pakai skin care dari COSRX. Masalah utama kulit saya ya itu, jerawat, pori-pori besar, bekas jerawat, whitehead dan kandungan minyak yang berlebih. Umur saya masih di ambang duapuluhan. Nah, buat kalian yang punya profil mirip-mirip saya bener banget nih baca review ini, kalau yang beda ya tetep bener sih baca review ini. Itung-itung sebagai referensi dari sudut pandang lain. Jadi, lanjut baca ya!



Tentang COSRX

Merk skin care asal Korea ini memang terlihat sederhana dari tampilannya. Tapi COSRX berusaha memaksimalkan manfaat yang diberikan untuk kulit dengan cara menggunakan ingredients yang bermanfaat bagi kulit dan meminimalisir ingredients yang kurang perlu. Konsepnya mirip seperti Hada Labo ya!
COSRX berusaha melakukan standar berikut ini pada setiap produknya:
  • Memaksimalkan manfaat dan berusaha mengurangi masalah pada kulit.
  • Fokus pada kandungannya dan menyederhanakan kemasannya.
  • Memaksimalkan ukuran produk untuk mengurangi harga per produk.
  • Memaksimalkan komunikasi dengan konsumennya tetapi mengurangi promosi produk melalui iklan.
  • Memperbanyak jenis produk serta meminimalisir distribution structure.
Produk-produk dari COSRX dibuat berdasarkan analisa jenis kulit konsumennya, tingkat kepuasan pelanggan dan rating yang diberikan konsumen berdasarkan akumulasi data yang terkumpul pada website selama kurang lebih 10 tahun. COSRX sendiri bertekad untuk membuat a new standard of a good cosmetics melalui pemilihan ingredients yang sangat hati-hati. Lebih tepatnya sih mungkin skin care ya karena kebanyakan produk dari COSRX ini merupakan kategori skin care. Sounds good, huh?
[Review] COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser
COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser dalam genggaman

Kenalan Lebih Jauh dengan COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser mempunyai pH 5.3 (berdasarkan official website COSRX). Angka pH yang cenderung asam ini sesuai dengan pH kulit manusia sehingga tidak akan menyebabkan iritasi kulit. Cleanser ini mengandung tree tea oil yang bisa mengontrol sebum dan memperkecil pori-pori. Produk ini juga mengandung natural BHA yang berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit. Gel cleanser ini kabarnya cocok digunakan oleh semua jenis kulit karena formulanya yang lembut dan ramah ke kulit. Orang yang punya jenis kulit muka kombinasi cenderung berminyak seperti saya juga dianjurkan untuk menggunakan gel cleanser dengan bahan dasar air seperti COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser ini. 
COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser direkomendasikan untuk:
  1. Kalian yang mempunyai masalah kulit seperti iritasi kulit.
  2. Kalian yang merasa kulitnya seperti tertarik setelah mencuci muka dengan face wash lain (seperti saya).
  3. Kalian dengan kulit yang cenderung kering pada siang hari. (tanda-tanda kulit dehidrasi)
  4. Kalian yang punya jenis kulit kering.
  5. Kalian yang mencari alternatif produk aman setelah lepas dari krim dokter.
  6. Kalian yang merasa tidak nyaman dengan face cleanser standar yang ada di pasaran.
Merasa salah satu dari mereka? Kalau iya kalian harus terus baca review ini sampai selesai nih! Yuk lanjut baca!

Ingredients

Water, Cocamidopropyl Betaine, Sodium Lauroyl Methyl Isethionate, Polysorbate 20, Styrax Japonicus Branch/Fruit/Leaf Extract, Butylene Glycol, Saccharomyces Ferment, Cryptomeria Japonica Leaf Extract, Nelumbo Nucifera Leaf Extract, Pinus Palustris Leaf Extract, Ulmus Davidiana Root Extract, Oenothera Biennis (Evening Primrose) Flower Extract, Pueraria Lobata Root Extract, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Allantoin, Caprylyl Glycol, Ethylhexylglycerin, Betaine Salicylate, Citric Acid, Ethyl Hexanediol, 1,2-Hexanediol, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Sodium Benzoate, Disodium EDTA.

Analyze ingredients deeply by skincarisma here!

Berdasarkan analisa skincarisma COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser tidak mengandung paraben, sulfate dan alcohol. Mengandung Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil dan Betaine Salicylate yang dikenal sebagai acne-fighting ingredient. Produk ini juga mengandung Citric Acid yang dikenal sebagai anti-aging. Yang lebih penting produk ini bahan utamanya adalah air sehingga sangat cocok digunakan oleh orang yang mempunyai jenis kulit kombinasi atau berminyak.
Kalau mau tahu lebih dalam tentang ingredients produk ini seperti tingkat keamanannya dan potensi per ingredients kalian bisa lihat langsung analisanya di skincarisma ya! Tools ini mirip seperti cosdna. Tapi analisanya lebih asyik dan dikembangkan secara lebih serius berdasarkan scientific study oleh sekelompok orang yang emang concern di bidang ingredients analysis. Kalau kalian sudah familiar dengan cosdna dijamin kalian bakal suka dengan skincarisma! Kapan-kapan bakalan saya ulas lengkap tentang skincarisma di postingan lain deh. Sebagai pemanasan klik saja dulu link yang saya kasih di atas!

Kemasan

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser dikemas dalam bentuk tube plastik berukuran 150 ml tanpa dus dan hanya dibungkus dengan plastik wrap. Jelaslah dengan ukuran segede ini produknya kurang travel friendly. Tapi seperti yang saya tulis di atas, COSRX memang sengaja memaksimalkan ukuran produk mereka dan mengurangi harga per kemasan produk mereka. Ngerti kan maksudnya? Jadi mereka sengaja jual dalam ukuran besar dengan harga yang lebih murah. Walaupun begitu saya tetep berharap COSRX suatu saat nanti mau mengeluarkkan seri travel kit sih. 
Dalam body kemasannya selain huruf Korea, terdapat juga keterangan dalam bahasa Inggris. Ini yang paling saya suka dari brand COSRX karena di setiap produknya terdapat keterangan dalam bahasa Inggris. Mereka niat banget nih nyongsong konsumen Internasional. Tanggal Kadaluarsa juga terdapat di kemasannya ya! Bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
[Review] COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser
Tanggal kadaluarsa tertera pada ujung tube
Tutup kemasannya flip top dan ulir tapi tutup flip topnya tidak terlalu kencang. Untung saja produknya tidak gampang keluar dari tutupnya kecuali kalau dipencet. Kalau tutup ulirnya dibuka akan ada semacam segel kecil yang melindungi lubang dalam kemasan. Segel ini menandakan kalau produknya masih baru.
[Review] COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser
Kalau tutup flip top kebuka
[Review] COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser
Segel tutupnya seperti ini

Tekstur, Warna dan Aroma

Seperti namanya, produk ini bertekstur seperti gel. Lebih tepatnya watery gel karena dia lebih encer dari tekstur gel biasanya. Warnanya bening dan hampir tidak ada aroma yang aneh sama sekali. Aromanya lembut dan tidak mengganggu indra penciuman saya tapi aromanya sedikit aneh (?) dan naggung. Seperti aroma daun jambu biji tapi tidak sekuat aroma COSRX One Step Original Clear Pad.
[Review] COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser
PS sebenernya saya ga suka ambil foto ini, buang-buang produk tok!

Petunjuk Pemakaian

  1. Keluarkan produk secukupnya lalu busakan. 
  2. Kemudian usapkan pada wajah yang telah dibasahi air sebelumnya. 
  3. Bilas dan keringkan. 
Walaupun namanya Good Morning Gel Cleanser, saya memakai cleanser ini pagi dan malam hari. Pagi sebagai first cleanser dan malam hari sebagai second cleanser sertelah saya menggunakan micellar water

Durasi Pemakaian

Saya sudah memakai COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser selama tujuh bulan dari bulan Mei 2017 lalu sampai sekarang. Ini sudah hampir botol kedua dan akan saya pakai terus kalau tidak ada masalah sama sekali. Saya sempat tergoda untuk mencoba COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser tapi saya urungkan. 

My Opinion

Facial wash yang saya pakai sebelumnya adalah Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Face Wash. Karena belakangan ini kulit saya menjadi kering setalah cuci muka. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser. Sesuai klaimnya, gel cleanser ini tidak membuat kulit kering atau menimbulkan efek seperti kulit yang tertarik setelah cuci muka. Gel cleanser ini juga formulanya lembut sekali tapi cukup efektif untuk membersihkan sisa kotoran dan minyak di kulit muka tanpa membuatnya menjadi kering. Setelah cuci muka menggunakan COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser kulit saya menjadi terasa segar, lembab, lembut dan lebih cerah.
Untuk efek mengecilkan pori-pori memang belum saya rasakan sampai sekarang. Tapi apasih yang bisa diharapkan dari sebuah gel cleanser. Yang penting bagi saya adalah produk cleanser itu harus mild tapi ampuh untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak di wajah tanpa membuat kulit wajah jadi kering. Tidak menimbulkan iritasi dan breakout serta terjangkau harganya. Semua kriteria itu sudah ada dalam satu kemasan COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser jadi bisa dibilang saya puas sekali dengan produk satu ini. Fix! This is my holy grail cleanser! 

Overall

Plus:
  • It really does what it claims.
  • Di kemasannya terdapat deskripsi dalam bahasa Inggris.
  • Harga termasuk terjangkau. Saya beli dengan harga IDR 125,000 di Shopee nama tokonya "onniebeauty". Toko ini juga ada di Tokopedia. Saya sempat tanya sellernya dia ga punya toko di Instagram, cuma ada di Shopee dan Tokopedia saja.
Minus:
  • Kemasan tidak travel friendly.
  • Tutup flip top tidak klop.

Rating

9/10

Recommended?

Yes! Terutama buat kalian yang punya jenis dan masalah kulit yang mirip seperti saya. Buat yang ga, bisa aja sih coba-coba kalau penasaran. Menurut keterangannya gel cleanser ini emang cocok untuk semua jenis kulit kok!

Repurchase?

Sudah dan sepetinya bakal repurchase lagi kalau kemasan kedua ini habis.

Where to buy it? 

As I mentioned above! :p

You May Also Like

4 comments

  1. udah lama penasaran brand ini banyak digemari orang2.. ternyata emang bagus yak

    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget sama cosrx, banyak produknya works good on me <3

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  3. Nice review. Masuk dalam bucket list aku nih, aku rada susah cari gel cleanser. Semoga dengan ini cocok.

    tutysaca.com

    ReplyDelete
  4. wah ini patut di coba banget! :D

    ainunamelia.blogspot.com

    ReplyDelete