[Review] COSRX Centella Blemish Cream

by - December 25, 2017

Pernah mendengar tentang daun pegagan? Daun ini memiliki nama latin Centella Asiatica. Keren yah namanya! Eits ga cuma namanya saja yang keren tapi manfaat daun ini juga  keren lho! Bahan aktif dalam ektra pegagan sudah banyak dipakai dalam ingrediets skin care terutama skin care Korea lho! Salah satu yang produk yang menggunakan ekstrak pegegan adalah COSRX Centella Blemish Cream yang akan saya bahas di artikel review kali ini. Langsung saja yuk!

Tentang COSRX

Tentang COSRX sudah saya tulis di sini dan di sini. Kalau kalian ingin tahu lebih lanjut tentang COSRX langsung saja kunjungi official website COSRX di sini
COSRX Centella Blemish Cream
COSRX Centella Blemish Cream

Lebih jauh tentang COSRX Centella Blemish Cream

Klaim dari COSRX produk ini adalah fast-acting spot treatment. Bahan utama produk ini adalah Centella Asiatica Leaf atau daun pegagan yang dari dulu dikenal sebagai bahan obat tradisional di berbagai negara seperti India, Sri Lanka, Cina, Afrika Selatan, sabagian kecil negara bagian Amerika dan juga Indonesia. Produk lokal Indonesia yang telah menggunakan daun pegagan sebagai salah satu ingredient produknya adalah Sari Ayu Busa Pembersih Jerawat. Bedanya kalau di Sari Ayu Busa Pembersih Jerawat, Centella Asiatica ada di list ingredient ke sekian sedangkan di produk ini ada pada urutan pertama.


Centella Asiatica dapat membantu proses penyembuhan jerawat jika digunakan secara topikal (penggunaan obat dengan cara dioles). Kandungan dalam daun pegagan dikenal sebagai anti peradangan dan mampu merangsang pertumbuhan colagen dalam kulit. Selain Centella Asiatica Leaf Water, COSRX Centella Blemish Cream juga mengandung Zinc Oxide. Kedua bahan aktif ini dapat membantu menyembuhkan jerawat dan mencegah breakout.
Well, apakah klaim produk ini sesuai dengan hasil yang saya dapatkan selama pemakaian produk? Lanjut baca aja supaya tahu jawabannya! :)

Ingredients 

Centella Asiatica Leaf Water, Butylene Glycol, Glycerin, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Zinc Oxide, Dimethicone, Betaine, 1,2-Hexanediol, Viola Tricolor Extract, Elaeis Guineensis (Palm) Oil, Elaeis Guineensis (Palm) Kernel Oil, Cetearyl Alcohol, Cetearyl Olivate, Sorbitan Olivate, Centella Asiatica Extract, Zinc PCA, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Xanthan Gum, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Scutellaria Baicalensis Root Extract.

Analyze ingredients deeply by skincarisma here!

Kemasan

COSRX Centella Blemish Cream hadir dalam kemasan jar mini berukuran 30 ml. Isinya tergolong cukup banyak untuk ukuran krim yang dikemas dalam jar seperti ini. Apalagi produk ini sebenarnya adalah spot treatment. Menurut saya untuk ukuran spot treatment 30 ml itu sudah tumpe-tumpe. Spot treatment lain ukurannya paling hanya setengah dari ini. Kemasannya terbuat dari plastik putih yang cukup tebal jadi cukup aman untuk dibawa kemana-mana. Apabila dilihat, design kemasannya sangat sederhana. Hampir mirip dengan kemasan krim dokter.
COSRX Centella Blemish Cream
Kemasana COSRX Centella Blemish Cream
COSRX Centella Blemish Cream mempunyai dua tutup. Satu tutup berbentuk ulir dan apabila tutup ulirnya dibuka akan ada tutup pemisah jar dan spatulanya seperti gambar di bawah ini. Ohya, sebenarnya produk ini mempunyai spatula bawaan yang digunakan untuk mengambil produk di dalam jar sehingga lebih higienis. Tapi spatula punya saya entah di mana lupa. :(
COSRX Centella Blemish Cream
Tutup COSRX Centella Blemish Cream
Jarnya ini tidak tipu-tipu ya. Maksudnya gini lho... kedalaman jar benar-benar ada. Tidak seperti jar yang biasa digunakan untuk mengemas krim dokter, yang kalau krimnya sudah habis baru bisa terlihat sebenarnya wadah di dalam jar berbentuk cekung dan lapisan bawah jarnya sangat tebal sehingga dari luar jar terlihat besar padahal isinya sedikit. Contoh kemasan lain yang mirip seperti ini adalah kemasan Laneige Water Sleeping Mask. Padahal berat bersihnya cuma 70 ml tapi ukuran kemasannya guede banget!
COSRX Centella Blemish Cream
Isinya hampir abis banget :p
Ini jar pertama saya dan rasanya last forever banget. Isinya tidak habis-habis padahal produk ini sudah saya pakai kurang lebih tujuh bulan lho! Sisa produknya juga tinggal seuprit banget nih tapi entah kapan habisnya.
COSRX Centella Blemish Cream
Keliatan ga?
Tidak terdapat banyak keterangan di body jar COSRX Centella Blemish Cream, hanya tertera nama produk dan deskripsi umun saja serta keterangan lain dalam huruf Korea yang saya tidak tahu apa artinya. Ohya, di bagian bawah jar juga terdapat kode produksi dan expired date.
Keterangan yang lebih lengkap seperti petunjuk pemakaian, daftar ingredients dan peringatan lain ada pada dusnya. Jadi dusnya jangan sampai ilang atau dibuang ya! :p Tapi kalau sudah terlanjur kebuang sebenarnya bisa lihat keterangan lengkap di official website COSRX ding! :D
COSRX Centella Blemish Cream
Tanggal kadaluarsa ada di bawah kemasan jar

Tekstur, Warna dan Aroma

Krim ini berwarna putih pekat dengan tekstur thick yang tidak mudah meresap ke kulit. Karena produk ini mengandung empat jenis oil jadi teksturnya terkesan sangat berat bagi saya. Tekstur produk ini sedikit mengganggu apabila produknya belum terserap sempurna dan butuh waktu lumayan lama untuk meresap dengan sempurna ke kulit.
COSRX Centella Blemish Cream
Tekstur dan warnanya seperti ini ya...
Apabila diratakan produk ini akan meninggalkan stain putih yang terlihat jelas di kulit. Itu sebabnya saya tidak terlalu suka menggunakan produk ini pada pagi hari. Kerana produk ini memberikan lapisan putih berminyak yang lengket dan cukup tebal.
COSRX Centella Blemish Cream
Setelah diratakan masih terlihat stain putihnya :(
Aromanya juga aneh (?) dan nanggung. Produk ini beraroma seperti minyak karena sumber fragrance sebagian besar berasal dari essential oil seperti sunflower oil, palm oil dan tree tea oil. Walaupun aneh dan nanggung, saya rasa aroma produk ini tidak terlalu mengganggu indra penciuman. Lama-lama juga aromanya akan terasa samar-samar dan hilang.

Petunjuk Pemakaian 

Cara pemakaian yang disarankan
Ambil krim secukupnya dan oleskan ke titik yang bermasalah dengan lapisan yang tebal. 
(Take a proper amount of the cream and apply a thick layer on the troubled, blemished spots).

Yang biasa saya lakukan
Oleskan krim ke seluruh wajah secara merata dan ulangi pengolesan pada titik-titik yang bermasalah.

Durasi Pemakaian 

Sama seperti COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser, saya telah memakai COSRX Centella Blemish Cream kurang lebih tujuh bulan sejak bulan Mei 2017 lalu. Kemungkinan saya akan berhenti memakainya setelah satu jar yang saya punya ini habis. Karena ingin mencoba produk spot treatment lain.

My Opinion

Saya memakai COSRX Centella Blemish Cream ini setiap hari pada malam hari sebelum tidur. Pemakaiannya sama seperti memakai night cream. Kadang-kadang juga saya pakai ini di pagi hari seperti memakai day cream. Tetapi karena tekstur krim ini yang tidak mudah meresap ke kulit jadi saya tidak terlalu suka kalau pakai di pagi hari karena akan terasa lengket dan tidak nyaman. 
Jika dipakai pada malam hari, saya harus menunggu krim ini agar benar-benar meresap dengan sempurna. Karena kalau tidak sisa krim yang masih belum terserap akan menempel ke bantal dan menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman. Ini sedikit menyebalkan sih, bayangin aja kalau sudah ngantuk gimana? Huh! Tapi saya suka sekali dengan tekstur wajah saya pas bangun tidur setelah malamnya pakai krim ini. Wajah saya jadi kenyal, lembab, walaupun sedikit berminyak di area T, bekas jerawat sedikit memudar dan jerawat yang meradang jadi sedikit kempes. Tidak seperti obat jerawat pada umumnya, COSRX Centella Blemish Cream ini tidak membuat kulit di area sekitar jerawat jadi kering.
Krim ini seharusnya dipakai sebagai spot treatment dan ditotol-totol tebal di area yang berjerawat tapi saya malah pakai ini ke seluruh wajah dan hanya re-apply tipis-tipis ke spot jerawat. Mungkin karena saya tidak mengikuti saran pemakaian yang dianjurkan, jadi hasil yang saya rasakan pun kurang maksimal. Saya akan coba memakai sesuai aturan setelah ini. Lalu akan saya update seperti apa hasilnya. Tapi karena produk yang saya punya tinggal sedikit mungkin review saya nanti akan kurang maksimal. Entahlah. Lihat nanti saja ya...

Overall

Plus
  • Tidak membuat kulit di area sekitar jerawat jadi kering.
  • Membuat wajah saya jadi kenyal, lembab, walaupun sedikit berminyak di area T, bekas jerawat sedikit memudar dan jerawat yang meradang jadi sedikit kempes.
  • Mengandung UV Protection (Zinc Oxide) walaupun tidak secara spesifik disebutkan berapa jumlah SPFnya. 
  • Kemasan sangat travel friendly dan higienis.
Minus
  • Membutuhkan waktu lama sebelum produknya terserap sempurna ke kulit.
  • Bila belum terserap sempurna menimbulkan rasa lengket di kulit wajah dan meninggalkan stain putih.
  • Tidak terlalu nyaman bila dipakai pagi hari.
  • Apabila dipakai malam hari, harus menunggu krim terserap sempurna terlebih dahulu jika tidak sisa krim pada wajah yang belum terserap akan menempel ke bantal dan menimbulkan rasa yang lebih tidak nyaman.
  • Tidak terlalu efektif sebagai spot treatment. 

Rating

7/10

Recommended?

Ehmmm gimana ya? Saya pribadi sih ga terlalu merekomendasikan. Tapi kalau kalian mau coba ya silahkan. :)

Repurchase?

Sepertinya tidak. Pengen coba acne spot treatment lain, mungkin dari The Body Shop atau Sebamed.

Where to buy it?

Syakura210 
(tersedia di market place Tokopedia, Shopee serta Instagram)

You May Also Like

3 comments

  1. Aku suka banget sama centella blemish cream nya COSRX ini, salah satu favorit aku tahun kemaren :)

    Satu jar nya bisa kamu pakai sambai 7 bulan yah? keren banget!! Padahal kalau aku dua bulan juga udah abis :(

    https://mykittybeauty.com/

    ReplyDelete
  2. Wah aku baru denger nih produk Cosrx iniii, dan kuliat aku tuh berminyak banget. Kayanya nggak terlalu cocok pake ini yaaaa.. eheheheee. Makasi reviewnya yaaaaa

    ReplyDelete
  3. Oh ini buat perawatan kulit berjerawat yah hihihi Kirain moisturizer biasa gitu baru ngeh setelah baca review-mu :) Aku paling suka sama A-Sol buat ngempesin jerawat, enak banget adem pula hehe

    ReplyDelete