Rawat Kulit dan Tubuhmu dengan CERDIK

by - December 03, 2017

Hai, sudah baca artikel ini belum? 
Kalau sudah beruntunglah kamu karena kamu bakalan ketemu benang merah antara artikel yang itu dengan artikel kali ini. Ingat ga kata Hanifa? Poin terakhir tuh yang malah pecinta skin care sering ga aware. Sebagus apapun treatment dari luar, treatment dari dalamlah yang tetap jadi penentu. (Bingung ga sama yang lagi saya omongin? Makanya klik dulu linknya! *wink...)
Kata CERDIK pada judul di atas sebenarnya memrupakan akronim dari sebuah misi yang arahnya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia agar anggaran BPJS Kesehatan tidak defisit. Loh kok bisa? Apa hubungannya? Jadi gini ceritanya, saking banyaknya pasien yang berobat di rumah sakit menggunakan kartu BPJS menyebabkan kas BPSJ beberapa tahun belakanagan ini mengalami defisit. Hal ini mengindikasikan bahwa banyak masyarakat Indonesia yang tidak sehat. Sebagai langkah promotif dan prefentif untuk mencegah orang yang masih sehat mengalami hal serupa (read: pesakitan),  maka pemerintah mulai menggemakan GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Gerakan ini ga main-main lho saudara... karena sudah ada dasar hukumnya juga yaitu Inpres nomor 1 tahun 2017.
Rawat Kulit dan Tubuhmu dengan CERDIK
Sumber gambar: Twitter Kemenkes RI
Well, I have to say that sebenarnya program pemerintah ini sangat sesuai dengan yang sudah saya lakukan setahun belakangan ini. Dari mulai cek kesehatan secara rutin yang bisa dilakukan di Puskesmas. Enyahkan asap rokok dengan cara lebih memilih berkatifitas di non-smoking area. Rajin aktifitas fisik berjalan kaki dari kos ke working space favorite. Diet seimbang mengacu pada juklak food combining. Istirahat cukup dengan cara tidur 7-8 jam per hari. Serta Kelola stress dengan cara piknikan & dolan mbolang kemana-mana.
Walaupun gerakan CERDIK ini tidak melibatkan skin care dan make up sama sekali tapi kalau dilakukan dengan konsisten dampaknya bisa dirasakan oleh kulit dan tubuh kamu lho! Terutama pada poin D yang merupakan diet seimbang. Karena apa yang kita makan ternyata sangat berpengaruh pada kondisi tubuh kita terutama kulit (termasuk kulit wajah). Jadi kalau mau tampil cantik, makanlah makanan yang sehat & bergizi. 
Makanan seperti apa yang bisa membuat kulit dan tubuh kita menjadi sehat? Tentu saja bukan sembarang makanan ya! Kombinasi makanan juga harus diperhatikan. Saya punya tips khusus nih agar makanan yang kamu konsumsi bisa berguna bagi kesehatan kulit dan tubuhmu. Simak yuk!

Perbanyak konsumsi makanan pembentuk basa

Apa yang terjadi sebenarnya ketika sakit? Tubuh bisa sakit karena kondisi pH dalam darah cenderung asam. Contoh yang paling umum adalah sakit lambung (maag). Sakit maag terjadi ketika lambung mengeluarkan asam secara berlebih. Untuk mencegahnya, perbanyaklah mengkonsumsi makanan pembentuk basa. Semua buah dan sayur segar merupakan makanan pembentuk basa.
Makanlah buah yang manis (seperti saya #ea), berair, berserat dan idealnya matang pohon. Jeruk nipis dan lemon juga merupakan pembentuk basa bagi tubuh walaupun rasanya asam. Rasa asam berbeda dengan sifat asam ya! Jeruk nipis & lemon sangat baik dikonsumsi di pagi hari setelah bangun tidur. Caranya campurkan perasan jeruk nipis atau lemon dengan segelas air putih lalu diminum ketika mulut masih kering, belum makan dan minum apapun. Fungsinya untuk mendetoksifikasi liver dan membersihkan saluran cerna. 
Makanlah sayur mentah bersih segar, sayur yang sudah dimasak dengan suhu melebihi 40 derajat celsius sudah hampir tidak berguna karena enzimnya sudah mati. Semua makanan yang dimasak bersifat asam dan hampir tidak memiliki manfaat bagi tubuh kecuali membebani tubuh, membuat sistem kerja tubuuh kelelahan dan cepat menua.

Kombinasikan makanan dengan benar

Makanan yang mengandung banyak karbo (pati) seperti nasi, kentang, jagung, ubi dan lain-lain dicerna dengan enzim amilase. Sedangkan protein hewani seperti daging, telur, ikan dan sebagainya dicerna menggunakan enzim pepsin. Enzim amilase tidak bisa bekerja jika tubuh sedang memproduksi enzim pepsin. Jadi jangan makan pati bersama protein hewani karena pati tidak tercerna dan hanya menjadi sampah. Makanlah nasi (dan pati lainnya) bersama protein nabati seperti tahu dan tempe serta sayuran segar. Jangan bersama daging (atau protein hewani lainnya). Pati rata-rata dicerna selama 2 jam. Jadi setelah makan pati kalau mau makan protein hewani tunggu 2 jam. Makanlah daging (dan protein hewani lainnya) bersama protein nabati seperti tahu dan tempe serta sayuran segar, jangan bersama nasi (atau pati lainnya). Protein hewani rata-rata dicerna selama 4 jam. Jadi setelah makan protein hewani kalau mau makan pati tunggu 4 jam. 

Kurangi konsumsi protein hewani

Protein hewani dicerna dengan enzim pepsin dan enzim itu terbentuk jika kondisi pH di lambung asam. Efeknya sama dengan mengkonsumsi makanan olahan atau prosesan. Seperti yang sudah dikatakan di atas, kalau kondisi darah dalam tubuh terlalu asam maka segala jenis penyakit akan datang. Selain itu, protein hewani susah dicerna (butuh waktu kurang lebih 4 jam) dan menguras cadangan enzim tubuh.

Hindari makanan olahan & produk prosesan

Hindari makanan sampah (junk food) yang cuma buat enak di mulut, tapi tak ada gunanya bagi tubuh dan hanya menyusahkan sistem cerna, seperti: mie, bakso, sosis, roti putih, sereal, pokoknya semua yang mengandung pengawet, pemanis, asinan dan janji-janji manismu.
Makanan itu lebih baik langsung dikonsumsi dalam bentuk yg sebenarnya. Misalnya, apel ya harus dikonsumsi dalam bentuk apel utuh atau jus apel tanpa campuran apapun. Bukan apel yang sudah berubah menjadi minuman seperti, sirop apel, atau penganan seperti, apple pie, apple strudle, apple crumble and whatever it is. Ohya, kopi, teh & susu itu bukan minuman sehat. Susu hanya ASI dan hanya untuk bayi sampai 2 tahun. Orang dewasa tidak butuh susu. Minum sebaiknya hanya air putih. Jangan khawatir untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan mineral bagi tubuh dapat diperoleh dari berbagai macam buah dan sayuran segar. 

Tidur setalah perut kosong

Jangan tidur ketika lambung masih terisi makanan. Tidurlah dengan perut kosong. Bagaimana caranya? Perhatikan waktu cerna. 
  •  Air dan jus rata - rata dicerna selama 15 menit. Setelah minum kalau mau tidur tunggu 15 menit dulu.
  • Buah rata - rata dicerna selama 30 menit. Setelah makan buah kalau mau tidur tunggu 30 menit dulu.
  • Pati rata-rata dicerna 2 jam. Setelah makan pati kalau mau tidur tunggu 2 jam dulu. Jadi sebaiknya pukul 20:00 sudah selesai makan malam, sehingga pukul 22:00 sudah boleh tidur.
  • Protein hewani rata-rata dicerna 4 jam. Setelah makan protein hewani kalau mau tidur tunggu 4 jam dulu. Oleh karena itu makan malam tidak dianjurkan mengkonsumsi protein hewani karena waktu cernanya lama.

Telan makanan setelah dikunyah

Mengunyah makanan bukan hanya melembutkan makanan supaya lambung tidak kesusahan menghancurkannya, tetapi juga agar makanan tercampur sempurna dengan air liur. Air liur mengandung enzim amilase yang berfungsi untuk mencerna karbohidrat dan zat lainnya.
Makan bubur pun harus dikunyah sempurna, kasus yang terjadi sebenarnya karena bubur lembut maka jarang yang mengunyahnya dengan sempurna sehingga bubur susah dicerna. Air minum dan jus juga harus tercampur liur dahulu, jangan langsung telan tapi biarkan beberapa saat dimulut baru ditelan.

Jangan minum ketika makan

Kalau kita sudah mengunyah makanan secara benar maka tenggorokan tidak akan seret dan tidak perlu mendorongnya dengan air minum. Minum ketika makan akan menyebabkan lambung penuh dan makanan menjadi susah untuk dicerna. Jadi kalau mau makan harus minum dulu 30-15 menit sebelumnya.

Konsumsi buah dengan benar

Buah yg dimakan hanya yang manis, berair, berserat dan idealnya matang poho. Buah rata-rata dicerna selama 30 menit. Setelah makan buah tungggu 30 menit baru boleh makan selain buah. Pati rata-rata dicerna 2 jam. Setelah makan pati kalau mau makan buah tunggu 2 jam. Protein hewani rata-rata dicerna 4 jam. Setelah makan protein hewani kalau mau makan buah tunggu 4 jam.
Buah sangat pas dikonsumsi pada waktu sarapan. Makan buah terus sampai kenyang. Idealnya 3 macam buah aneka warna. Buah tidak menyebabkan diabetes karena serat buah menghambat pelepasan gula buah secara tiba tiba. Beda dengan makanan yang memiliki glikemik index tinggi seperti nasi putih dan sejenisnya. Es buah, jus buah ditambah gula dan susu, buah kalengan, sirop buah dan lain sebagainya adalah bukan cara mengonsumsi buah yang baik.
Jangan konsumsi buah berbarengan dengan sayuran karena buah dan sayur memiliki karakter yang berbeda. Serat sayur lebih keras dibanding buah. Sedangkan fruktosa buah yg tinggi akan merusak sayur. Jadi, jangan mengkonsumsi buah & sayur secara bersamaan ya! Karena kalau buah dimakan bersama makanan lain hanya akan menjadi sampah dan racun.

Jadi bagaimana? Sudahkah merawat kulit dan tubuhmu dengan CERDIK? 

Pesan GERMAS CERDIK disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kota Seamrang pada acara temu blogger kesehatan di the Wujil Hotel and Convention 27-28 November 2017 sebagai upaya untuk mengurangi angka kematian ibu hamil dan angka kematian akibat penyakit tidak menular. 
Tips diet seimbang diulas lebih dalam sesuai dengan petunjuk komunitas food combining Indonesia agar para pembaca khususya masyarakat Indonesia tahu bagaimana mengkonsumsi makanan dengan benar sesuai juklak food combining. 

Salam GERMAS. Sehat, bugar, produktif!
germascerdas

You May Also Like

1 comments

  1. Mengurangi protein hewani tuh cukup susah buat aku, lha wes banyak yg enak og :D

    ReplyDelete