HIJUPXArisanResik | Brush & Lettering Workshop

by - November 14, 2017

Gak kerasa sudah lumayan lama sejak saya nulis event report HIJUP Blogger Gathering di Semarang sekitar dua minggu yang lalu. I've been busy since then jadi banyak tulisan di draft yang akhirnya tak terjamah termasuk tulisan ini. 
Jadi di post ini saya akan cerita sedikit tentang Brush & Lettering Workshop yang diadakan pada sesi kedua di event kemarin. Brush & Lettering Workshop ini dipandu oleh Kak Rizqy Kamila dari komunitas @duduknyeni. @duduknyeni adalah komunitas penggiat seni yang digawangi oleh 3 mahasiswa alumni Teknik Arsitektur UNDIP. Kamila dan kedua temannya Nindya Vedayanti dan Ria Oktora, sejak masa kelulusan di tahun 2016 mereka mencari kesibukan yang sekaligus bisa menjadi wadah untuk berekspresi, berkarya dan berbagi kebahagiaan. Dari situ terbentuklah komunitas @duduknyeni yang kebanyakan anggotanya adalah perempuan. Komunitas penggiat seni ini fokus pada janis seni lukis dengan media water color. Mereka mengadakan kegiatan kumpul-kumpul bareng setiap akhir pekan. Untuk mengikuti kegiatan ini peserta dipungut biaya 20-30 ribu dan sudah disediakan media untuk melukis seperti kertas khusus lukis, cat air, tempat cat dan kuas. Tempat kegiatannya bisa di mana saja seperti coffee shop, halaman kampus ataupun di co-working space. Sengaja tempatnya selalu berubah-ubah biar ga bosen sama tempat itu-itu aja dan bisa dapat kecengan inspirasi baru dong tentunya! :p
Okay, sekarang bahas workshopnya yuk! Brush & Lettering Workshop, kalian mungkin tanya apasih brush lettering itu? Lettering sendiri pengertiannya adalah seni menggambar huruf sedangkan brush berarti kuas. Jadi brush lettering itu adalah seni menggambar huruf menggunakan kuas. :p Ya gitulah pokoknya. Di workshop kemaren intinya kita belajar cara menulis dengan kuas. Tapi nulisnya bukan sembarang nulis, ada pakem yang harus kita ikuti seperti cara membuat garis dan cara memegang kuasnya.
Anw, bagaimana sih cara memegang kuas yang benar dalam brush lettering? Jawaban yang tepat adalah "SENYAMANNYA" ya senyamannya mau pegang pakai tangan kiri atau tangan kanan terserah lu yang penting lu nyaman. Udah gitu aja. Yang perlu diperhatikan adalah dalam memegang brush pen atau brush beneran pahamilah karakter brush dan sebaiknya posisi tangan berbeda dengan posisi ketika kita menulis biasa, biar hasilnya lebih oke.
Well, sebelum mulai belajar kita perlu peralatan tempur dulu dong tentunya. Nah peratalan ini sudah disediakan khusus buat kita nih. Peralatannya antara lain:
  1. Pensil
  2. Setip
  3. Kuas
  4. Tatakan (apasih nama kerennya?)
  5. Water Color
  6. Air
  7. Kertas ber-guide-line 
  8. Ohya, kita juga dikasih semcam media kit
peralatan tempur
Sebelum belajar menulis kata, kita para peserta workshop diajarkan tentang basic stroke. Basic stroke ini semacam cara untuk membuat garis saat menulis huruf. Ingat pakem yang saya bilang tadi? Yups! Saya sendiri pernah belajar ini dulu pas belajar nulis huruf Hiragana dan Katakana tapi bedanya dulu cuma belajar berimajinasi pakai gerakan tangan saja nah kali ini beneran pakai kuas dan syusah banget ternyata! -_- 
Pola-pola yang kita pelajari antara lain: 
  • Entrance stroke
  • Full pressure
  • Underturn stroke
  • Overturn stroke
  • Compound curve
  • Oval
  • Descending loop
  • Ascending loop
basic strokes
PS gambar di atas saya ambil dari Pinterest karena punya saya bentuknya ga karuan :D
Setelah belajar tentang basic strokes di atas kita langsung disuruh nulis kata dong. Men... baru belajar banget lho ini masa langsung disuruh nulis? Maklum lah ya karena waktu yang sangat amat terbatas jadi ya gitu deh. Yaudah saya nurut aja, nulis apa ya? Hmm... sebagai ucapan terimakasih saya nulis satu kata ini:
hasil karya saya (?)
.
.
.
.
.
.
Gimana? Bagus gak? Hahahaha... terus kalian percaya gitu kalau itu hasil brush lettering saya? Gak lah! Gak mungkin! Itu punya Mas siapa gitu (Mas-nya salah satu mentor kita juga), lupa namanya. Terus punya saya mana? Umpetin ah... malu. Hasil karya saya tidak syedap dipandang mata. LOL!

Special thanks to:

Just click it, saya kasih link ke Instagram mereka 
in case kalian penasaran

You May Also Like

0 comments