Ngopi Cantik #3-Beautiesquad101 | Yuk Kenalan Lebih Dekat dengan Beautiesquad

by - November 24, 2017

beautiesquad
Coffee or tea? Tea please!
Would you like a coffee? No, thanks. Because if I have coffee
I'd stay awake all day and all night!
Segitunya sama kopi? Iya. Saya punya insomnia akut. Kalau minum kopi bisa kebayang ga jadinya gimana? Gak tau kok tiba-tiba gelisah, pikiran serba salah, jantung berdebar-debar, kaki selalu gemetar. (ada yang ingat lagu ini?) Ya pokoknya gitulah kalau saya minum kopi, efeknya gak banget dan bikin susah saya sendiri. Jadi sebisa mungkin saya menghindari ngopi. Tapi buat ngopi yang satu ini? Beda dong ceritanya. 
Acara Ngopi Cantik yang diprakarsai oleh salah satu komunitas beauty blogger di Indonesia sebut saja Beautiesquad (ya emang namanya Beautiesquad kalik! -_-) selalu menjadi event yang saya tunggu-tunggu. Anw, saya mau jujur nih. Saya notice ada komunitas beauty blogger se-aktif Beautiesquad karena mereka sering banget ngadain make up collaboration dan program Ngopi Cantik. Untuk make up collaboration walaupun sudah sering banget diadain tapi saya belum pernah berani ikutan. Salahkan skill make up saya yang pas-pasan! Huh! Tapi kalau Ngopi Cantik? Selalu daftar dong... Eee tapi pernah kelewat lupa ding ga masuk group pas bahas SEO di Ngopi Cantik #2. :'(
Ngopi Cantik sendiri adalah semacam mini workshop yang diadakan secara online di WAG (baca: WhatsApp Group). Manakisme untuk mengikuti program ini adalah daftar memalui link pendaftaran yang telah disediakan. Lalu dari pihak Beautiesquad akan mengirim email konfirmasi beserta link untuk masuk WAG. Nah, terus nih kita harus masuk ke WAG sebelum link-nya expired alias tidak bisa digunakan untuk masuk WAG lagi. Sebelum acara dimulai kita bisa ngobrol-ngobrol cantik dulu sama peserta lainnya. Ya sekedar kenalan atau sepik-sepik basa-basi yang diusahakan agar tidak terlalu basilah. Ribet ya bahasanya?
Well, back to Ngopi Cantik Beautiesquad. Ini bukan kali pertama saya ikutan Ngopi Cantik. Ngopi Cantik #1 yang bahas foto gaya flat-lay itu pun saya ikutan. Tapi kok ga bikin postingannya? Biasalah. Kan sibuk. Cih! Bukan sibuk sih sebenarnya, tapi waktu itu ada kesalahan teknis. Saya kaget karena groupnya rame banget. Berabe kan ya? Gimana mau bikin postingan kalau chat banyak banget kek gini? Mana banyakan chat ga penting lagi. Jadi kan materinya ketimbun sama chit-chat ga penting tersebut. Dan karena waktu itu WAG untuk Ngopi Cantik #1 bakal dihapus sama admin dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, jadi saya inisiatif untuk meng-email chat-nya. 
Udah seneng banget kan dapat back up chat jadi walaupun groupnya dihapus saya tetep bisa punya source untuk bahan bikin post di blog. Foto-foto sebagai materi pendukungnya juga sudah saya simpan di galery. Jadi aman nih kalau mau bikin post nanti-nantian juga gapapa. Tapi ternyata back up yang saya dapat itu seperti ini bentuknya.
chat wa sent by email :'(
Ya maleslah! Asudahlah... Jadi deh postingan tentang Ngopi Cantik #1 belum saya buat sampai sekarang.
Udah ah! Daripada nyesek mending kita langsung bahas aja materi Ngopi Cantik #3-Beautiesquad101. Yuk mari disimak... kita mulai dari apa itu Beautiesquad ya...

Apa itu Beautiesquad?

Beautiesquad merupakan komunitas beauty blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki tujuan menyatukan para beauty blogger Indonesia pada wadah yang sama untuk belajar dan berkembang bersama. Didirikan pada November tahun lalu. 
Bagaimana ceritanya kok bisa terbentuk? Jadi November tahun lalu, founder utama Beautiesquad, Virly beserta 2 founder lainnya, yaitu Nisa dan Liana ingin membuat sebuah group chat untuk beauty blogger. Sempat kok di post di group IBB (baca: Indonesia Beauty Blogger) waktu itu. Awalnya didirikan dengan nama Beauties saja, namun berganti menjadi Beautiesquad.
Pemilihan nama ini juga bukan ikut tren squad nya Jedar loh. Karena ini kan komunitas beauty blogger pastikan bloggernya lebih dari 1 orang, jadi dikasih nama “Beauties” dan sebagai penguat ini adalah komunitas, ditambahkan “Squad”. Lalu 2 kata itu digabungkan menjadi “Beautiesquad”. BEAUTIESQUAD. Jangan sampai salah spelling ya! :D
Kapan tepatnya Beautiesquad berdiri? Sebagai penetapan adanya komunitas Beautiesquad, tanggal 23 November 2016 merupakan hari dimana kolaborasi makeup pertama Beautiesquad dengan tema Smoky Eyes. Di hari itu juga, ditetapkan sebagai hari dimana komunitas ini didirikan.
Pada masa awal terbentuknya, BS (singkatan Beautiesquad) menerima semua orang. Yang gak punya blog, yang cuma mau chat aja, yang maunya mencari teman sejawat, dan lainnya. Di awal 2017, komunitas ini membentuk kepengurusan dan memutuskan bahwa semua member harus memiliki blog agar sesuai dengan visi dan misi BS.
Fast forward, BS pertama kalinya bekerjasama dengan brand Inez yang cukup menggemparkan dunia blogger saat itu. Banyak yang ingin bergabung dengan BS. Karena suatu dan lain hal, para pengurus mengambil keputusan untuk memiliki group FB sebagai wadah Beauty Blogger lainnya agar bisa sama-sama berkembang.
Selama itu pula, BS mulai gencar bekerjasama dengan brand-brand lain. Gak hanya memberikan kesempatan kepada member inti Whatsapp, tapi juga beberapa kali memberikan kesempatan kepada member Facebook untuk mendapatkan sponsor. Kepengurusan BS juga melakukan reshuffle di pertengahan tahun yang kamu tau strukturnya sampai saat ini. Membuat beberapa program seperti Ngopi Cantik, Collab secara kontinyu, dan mengarahkan member Facebook Group agar sesuai standar blogger dan BS sendiri sehingga bisa masuk sebagai member WA inti.
Tentu BS gak akan berhenti sampai situ saja, banyak proker yang akan dilaksanakan kedepannya. Semua yang dilakukan oleh BS demi perkembangan para member kearah lebih baik.

Visi & Misi Beautiesquad

Visi:
  1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia.
  2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer.
 Misi:
  1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan.
  2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand.
  3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan.
  4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (Beautisquad Official Website is coming soon).

Founder Beautiesquad

main founder Beautiesquad
Founder: Virly KA, Annisa Pertiwi, dan Liana Eka. Main Founder of Beautiesquad: Virly KA. Tugas founder disini adalah mengambil keputusan cepat dan tegas demi kelancaran visi dan misi BS.  Selain itu memantau officers melakukan tugas sesuai ketentuan.
Untuk membantu Founder dalam mengemban tugas sesuai musyarawah yang telah dilakukan, Beautiesquad memiliki Chief Officer baru yang jabatannya diisi oleh... Vina Eska.
Tugas utama Chief Officer adalah melaksanakan visi dan misi yang sudah dibentuk oleh founder dan melaksanakan keputusan yang dibuat. Juga turut membantu founder dalam memantau progress kerja Officers. Selain itu juga turut memantau, membantu, dan memberikan para member semangat dalam menjalani dunia blogger.

Officers Beautiesquad

officer Beautisquad
Jajaran Officers Beautiesquad antara lain:
  1. Community Relations (CR) yang dulu bernama Public Relations. Ada Lia Melqha (Lia), sebagai supervisor. Fuji Astyani (Fuji) sebagai sekretaris dan SEO Analysis. Officers yang bertanggungjawab dalam divisi CR ada 3 orang: Liana Eka (Liana), Ariani Rosidi (Aya), dan Rahma Brilianita (Rahma). Tugas mereka selain menjembatani BS dengan brand, juga menjembatani para member dengan BS dan brand. Melakukan proker bulanan seperti collab, ngopi cantik, dan proker lainnya yang akan berjalan nantinya. Dan CR lah yang membantu Founder dan Cheif Officer memutuskan anak-anak Facebook group yang sudah lolos kriteria member BS inti Whatsapp.
  2. Lalu ada Social Media Squad (SM) yang dulu bernama Admin. Supervisor masih sama, yaitu Rani Lukman (Rani) dengan officers yang bertugas ada Devi Purwati (Devi), Khrairunnisa (Ica), dan Savitri Hutapea (Savitri). Tugas mereka memberikan informasi pada member melalui media sosial BS dan menjaga image BS di dunia maya. Walau kesannya gampang, menjadi SM Squad itu ternyata susah loh. Mereka harus memikirkan feed, caption, dan memantau insight.
  3. Dan terakhir, Photo Editor Squad (PE) yang selalu main dibelakang layar. Supervisor nya adalah Raydita (Ray) dengan officers yang bertugas adalah Annisa Pertiwi (Nisa) dan Laudita Cahyanti (Lauchie). Tugas mereka adalah membuat design dari design collab sampai design feed. Tugas mereka juga sama beratnya dengan divisi lain, terutama saat collab.

Program Beautiesquad

Program Beautiesquad yang berjalan secara kontinyu sampai saat ini adalah make up collab, sponsored review, dan Ngopi Cantik. Kedepannya, sesuai dengan misi BS, komunitas ini akan mengoptimalkan media sosial untuk dijadikan wadah berkembang bersama. Yang paling utama Beautiesquad akan memaksimalkan stories di Intagram. Jadi komunitas ini memiliki plan membuat Ngopi Cantik versi mini setiap minggunya. Yang dibahas seputar dunia beauty dan blog. You can call it Instagram Take Over.
Karena Beautiesquad adalah group blogger, untuk menjadi blogger yang baik, kami memutuskan untuk memiliki SEO Analysis. Fungsi adanya SEO Analysis adalah membantu kita mengetahui apakah blog member sudah sesuai kriteria SEO, baik dari template, penulisan, dan widget pendukunganya.
Proker kedepannya merupakan pengembangan dari yang pernah dilakukan sebelumnya. Gak semua blogger memahami tampilan blog yang baik atau cara menulis yang SEO friendly. Jadi, untuk kedepannya Beautisquad berencana untuk membantu para member keluar dari kebingungan dan menjadi blogger yang lebih baik.
Group inti di Whatsapp merupakan blogger yang sudah masuk sebelum BS hits seperti saat ini. Semenjak Beautiesquad menjadi closed group, baru 2 orang dari Facebook group yang lolos masuk group inti. Mereka sudah terbiasa menulis sesuai SEO, template mereka nyaman dilihat, dan disiplin waktu. 3 hal itu merupakan hal utama di BS. Officers sudah mengetahui kinerja para blogger group inti sehingga saat brand meminta nama-nama blogger, Beautiesquad dengan berani memberanikan jaminan bahwa blogger mereka menyanggupi keinginan sponsor.

WA group Beautiesquad

Jadi, apa saja syarat untuk masuk group WA Beautiesquad?
  1. Pertama, punya blog buakan sembarang blog. Blog yang kamu punya harus memiliki template yang SEO friendly dan menarik. Tata cara menulis pun sesuai SEO dan enak dibaca, mulai jumlah kata, keyword, pemilihan kata dan tanda baca. Kalau kamu mau belajar lebih jauh masalah SEO, kamu bisa googling kok. Masalah ambil foto juga dinilai, apakah penataannya berantakan atau tertata. 
  2. Kedua, Top Level Domain. Ini peraturan yang baru saja disahkan. Karena kedepannya Beautiesquad berencana untuk bekerjasama dalam bentuk paid sponsored, jadi TLD sangat diutamakan. Apa itu TLD? Yang belakangnya gak ada embel-embel blogspot.com, atau wordpress.com, atau wix.com (?). Hanya .com, .net, .id, atau yang lainnya. Kenapa itu penting? Dalam dunia blogging ada istilah DA PA , kamu bisa google masalah itu, dan kalau kamu sudah TLD, DA PA yang muncul adalah  milik blog kamu sendiri. Kalau masih free blog seperti blogspot atau wordpress, DA PA itu milik mereka, bukan blog kamu sendiri. Tingginya DA PA itu berpengaruh pada ketenaran blog kamu yang berimbas ke pendapatan kamu.
  3. Ketiga, minimal menulis tentang beauty 2x dalam sebulan di blog.
  4. Keempat, disiplin dan memiliki attitude. Ini penting dalam komunitas ini. Disiplin terhadap waktu pengumpulan foto collab atau link sponsor lah contohnya. Memberi kabar kalau ada hal yang gak terduga terjadi pas collab atau sponsor, paling gak 1x24 jam. Kecuali ada masalah mendadak, misalkan kecelakaan (mudah-mudahan gak ya). Kalau masalah attitude, paling gak kalau kamu ada salah, harus berani minta maaf. Kalau bertanya, harus sopan, bukan nyolot. Gak melakukan plagiarisme.
  5. Kelima, memiliki Fanpage dan Twitter selain Instagram. Untuk Instagram, BS menentukan standar yaitu 500 follower. Twitter paling gak 100 follower. Kenapa harus punya 3 sosmed itu? Ya balik lagi alasan syarat nomor 2. Selain itu 3 medsos tersebut bisa menjadi ladang trafik untuk para blogger kalau digunakan secara wise.
  6. Keenam, Aktif. Aktif bukan berarti menjilat ya. Aktif terlihat di group, aktif dalam sesi sharing atau sesi tanya jawab. 
  7. Ketujuh, Rajin Ikut Collab. Gimana officers notice kalau gak ikut makeup kolaborasi. Kan dari sana cara kamu blogging, mempresentasikan sesuatu, dan lainnya bakalan dinotice.
  8. Kedelapan, lolos dari pandangan Community Relations, Chief Officers, dan Founder.
Kalau menurutmu kamu sudah mengikuti semua hal diatas, tapi kenapa gak dipilih? Bisa jadi ada satu spec yang kamu lewati. Mungkin kamu kurang ber attitude, atau kamu suka telat, atau kamu nulisnya masih 4LaY, atau followernya beli. Everything is possible. Terutama follower beli sih.

Hmmm... dengan track record dan trial & error yang saya ceritakan di awal postingan ini, pada heran ga kenapa saya bisa bikin post Ngopi Cantik secepat, serapi dan sebagus ini. Cih! Hahahaha... Jawabannya adalah karena saya belajar dari pengalaman. Saya ga mau dong kesalahan-kesalahan di masa lalu terjadi lagi, dan terjadi lagi... kisah lama yang terulang kembali... (Ini ngetiknya sambil nyanyi)
Buat closing postingan ini, saya ada tips yang semoga saja bisa berguna buat kamu yang mau atau sudah pernah ikutan program Ngopi Cantik Beautiesquad. Lansung aja yuk dibaca!

Tips mengikuti Ngopi Cantik Beautiesquad: (agar tragedi email chat tidak terualng kembali)

  1. Baca dengan teliti postingan pengumuman acara Ngopi Cantik. Pastikan semua informasi sudah kamu baca sebelum bertanya. Kalau sudah dibaca dan masih ada hal yang bikin bingung atau ada informasi yang kira-kira kurang jelas, baru deh kamu tanyakan sama adminnya.
  2. Daftar saat itu juga! Jangan pakai ditunda-tunda kalau emang niat mau ikutan acara Ngopi Cantik ya daftar saat kamu baca pengumumannya, dari pada kelewat deadline dan nyesel kan ya?
  3. Setelah daftar, cek email secara berkala. Pihak Beautiesquad akan mengirimkan email untuk mengkonfirmasi pendaftaran kamu. Terus yang paling penting dari email konfirmasi adalah link buat join ke WAG. Link ini akan expired pada masanya, jadi seteah kamu terima email konfirmasi dan membacanya secara teliti langsung aja klik linknya!
  4. Setelah join ke WAG Ngopi Cantik, ber-attitude-lah karena anak yang berattitude baik bakal disayang sama Officers Beautiesquad. (Hahaha, tips macam apa ini?)
  5. INI YANG PALING PENTING! Pantengin WAG 1 menit sebelum acara Ngopi Cantik dimulai. Dan simak terus chat-nya. Jangan lupa kasih bintang ke chat-chat yang penting seperti materi dari narasumber, link-link penting, foto yang mendukung materi, pertanyaan dari para peserta dan jawabannya serta pengumuman lain yang kamu anggap penting. 
  6. Terus kalau sudah selesai dan kamu siap untuk membuat postingan tentang Ngopi Cantik, klik titik tiga di sebelah kanan atas >> more >> clear chat, jangan lupa centang "keep starred messages" dan hilangkan centang "delete media from my phone".
Kalau ke enam tips di atas sudah kamu lakukan, dijamin perkara membuat postingan bakal lebih mudah deh! :* Dan pastinya kamu bakal lebih semangat buat nulis postingan tentang materi asik di Ngopi Cantik. 
Well, that's all for me. share juga yuk pengalaman aneh bin ajaib kamu saat ikut Ngopi Cantik ataupun saat mau bikin postingan tentang Ngopi Cantik di komentar! 
Punya tips versi kamu sendiri? Share juga di kolom komentar yuk!

PS postingan ini saya publish ulang
sebagai syarat mengikuti Giveaway Beautiesquad & Nihonmart

You May Also Like

2 comments

  1. makasi loh udah bikin tips and trick ikut ngopcan~ XD

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  2. Aku malah ga ikut ngopcan yang pertama. Huhuhuuuhuu...

    ReplyDelete