Kesalahan Menggunakan Skin Care yang Pernah Saya Lakukan | Cek Apakah Kamu juga Melakukannya?

By | September 28, 2017

Kesalahan Menggunakan Skin Care

Kesalahan menggunakan skin care - Perjalanan saya di dunia per-skin care-an emang belum se-waw mbak embak yang ada di jajaran editorial female daily forum tapi saya ga buta-buta amat lah soal skin care. Saya jadi kecanduan sama skin care terutama essence, pelembab dan masker karena tipe kulit saya yang oily dan acne prone. Sejak jerawat makin parah pasca berhenti dari krim dokter mau ga mau saya harus putar otak cari-cari solusi buat menangani efek bounding di kulit wajah saya.
Dari situ perjalanan mengenal cem-macem skin care dimulai. Dari yang awalnya cuma tahu produk lokal sampai tahu produk-produk inter-lokal (?) yang banyak dibicarain orang di suatu forum, blog pribadi mereka, instagram story dan di channel youtube. Dari mereka semua saya mulai belajar sedikit demi sedikit dan juga terinspirasi untuk membuat blog sendiri. Tujuannya? Ada banyak sih tujuan saya ngeblog tapi utamanya adalah berbagi cerita dan sebagai rekam jejak pribadi aja sih. Dari ngeblog saya bisa dengan mudah mengingat-ingat produk apa saja yang pernah saya coba, mana yang kira-kira cocok dan yang tidak, belajar bareng-bareng dan membantu teman-teman lain di luar sana yang mungkin mempunyai masalah sama dengan saya.
Sebelum ngeblog (sampai sekarang juga masih sih) saya suka sekali membaca tulisan orang lain juga di blog mereka. Rasanya saya sangat terbantu dengan adanya review dari para blogger mengenai produk yang mereka gunakan. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli produk baru, saya bisa tau kira-kira produk yang akan saya beli bakalan worth it atau enggak, bakalan cocok di tipe kulit saya apa enggak, produk A beneran bagus apa enggak, bagusan mana produk A kalau dibanding produk B yang harganya relatif lebih murah, endebra endebre.
Ga sedikit dari mereka juga share tentang pengalaman mereka dalam segala hal termasuk pengalaman yang ga enak seperti kesalahan menggunakan skin care. Awalnya saya pikir buat apa sih share cerita kek gitu? bikin malu aja! Tapi setelah saya pikir-pikir lagi ternyata ada benernya juga share cerita pahit (?) seperti kesalahan menggunakan skin care agar orang lain tidak melakukan kesalahan yang sama.
Langsung aja lah yuk kita bahas tu-atu apa saja kesalahan menggunakan skin care yang pernah saya lakukan. Apakah kamu pernah melakukannya juga? Boleh banget lho share cerita kamu di kolom komentar. *wink!

Terlalu sering gonta-ganti produk skin care 

Yap! Saya ngaku khilap deh... dulu saya sering banget gonta-ganti produk skin care karena sering keracunan review orang. Dulu sering tergiur sama produk yang claimnya bisa mengurangi jerawat padahal daku belum ngerti-ngerti amat cemana caranya menangani kulit yang mudah berjerawat. Jadi dulu itu ceritanya kalau pakai produk baru dan ga (atau belum?)  kelihatan efeknya tanpa mau sabar nunggu, saya udah ganti pakai produk lain lagi. Giliran kelihatan dikit efeknya pas produknya abis gatel cobain produk lain juga. Pokoknya saya dulu sering banget gonta-ganti produk skin care dengan berbagai macam alasan.
Padahal untuk mengetahui apakah suatu produk cocok di kulit kita apa tidak butuh waktu setidaknya 28 hari atau satu bulan lah ya. Dan emang skin care itu efeknya ga langsung kelihatan waw gitu (justru kita harus curiga kalau ada produk yang efeknya instan, jan jangan ada apanya). Jadi selagi cobain produk skin care baru selama tidak terjadi reaksi yang buruk sebaiknya tetap gunakan produk tersebut untuk mengetahui lebih jauh bagaimana efeknya di kulit kita.

Tidak membersihkan make up dengan baik

This is the worst thing I've ever did! Bahkan kalau kamu sehari-hari cuma pakai pelembab plus bedak tabur atau two way cake pun, pakai make up remover itu wajib hukumnya menurut saya. Make up yang masih tersisa di kulit wajah sangat berpotensi menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersumbat minyak dan kotoran adalah salah satu penyebab jerawat yang paling umum tapi kebanyakan orang tidak memperhatikannya dengan baik. Sebenarnya ga cuma make up sih, skin care seperti pelembab dan sunscreen yang bercampur keringat dan debu seharian juga sebenarnya cukup berpotensi menimbulkan jerawat.
Jadi jangan lupa selalu bersihkan wajah dari make up, minyak, keringat dan kotoran setelah seharian beraktifitas dengan benar ya! Selalu lakukan double cleansing minimal sehari dua kali. Coba baca post tentang step-step membersihkan wajah versi saya di sini!

Menggunakan scrub dengan cara yang salah

Ini kesalahan menggunakan skin care selanjutnya yang saya lakukan. Saya paling anti menggunakan facial wash yang mengandung scrub karena setiap pakai scrub pasti wajah saya jadi kering dan timbul jerawat. Tapi begonya saya pernah memakai facial wash dengan kandungan scrub setiap hari selama satu minggu. Padahal sebenarnya scrubing itu tidak boleh lebih dari tiga kali seminggu :( OMG! bisa kebayang ga gimana kering dan over-exfoliated nya kulit saya saat itu.
Ditambah lagi cara saya menggunakan scrub itu salah. Saya memakai scrub sama seperti memakai facial wash. Setelah melihat bagaimana teman kost saya memakai scrub saya jadi ikut-ikutan cara dia dan hasilnya bagus lho... kulit jadi bersih, lembut, tidak kering dan tidak menimbulkan jerawat baru. Jadi cara teman saya pakai scrub itu begini, sebelum mandi setelah wajah dibersihkan dari make up ambil scrub secukupnya lalu apliaksikan ke seluruh wajah dengan gerakan memutar sambil dipijat-pijat lembut. Yang perlu diingat scrub digunakan dalam kondisi wajah kering, setelah dirasa cukup ritual pijat-memijatnya baru kemudian dibilas dengan air sampai bersih.

Menggunakan sheet mask sampai kering

Penggemar sheet mask pasti tahu lah ya gimana nikmatnya pakai masker satu ini. Adem ayem bikin rileks gitu. Apalagi kalau pakainya setelah capek seharian. Pakai sheet mask setelah mandi dengan posisi tiduran kan sungguh kenikmatan yang haqiqi. Saking nikmatnya saya sampai ketiduran beneran dan sheet mask nya masih nempel di muka sampai kering kerontang. T_T
Jangan salah sangka, sheet mask tidak untuk digunakan sampai essence yang ada di dalamnya kering. Sheet mask sebaiknya digunakan tidak lebih lama dari waktu yang disarankan dalam kemasan. Rata-rata waktunya tidak lebih dari 20 menit. Lebih dari itu tidak disarankan apalagi sampai benar-benar kering karena sheet mask yang kering justru akan menyerap kembali kelembaban pada wajah kita.
Yah kan sayang itu essesncenya masih tumpe-tumpe masa setelah 20 menit buang? Nah, agar penggunaan sheet mask lebih efektif kamu bisa oleskan sisa essence ke bagian tubuh yang lain seperti leher dan lengan. Jadi pastikan tubuh kamu dalam keadaan bersih ya sebelum menggunakan sheet mask!

Tidak menggunakan pelembab

Kesalahan absurd lainnya yang saya lakukan adalah tidak menggunakan pelembab. Kenapa? Karena tipe kulit saya berminyak dan kebanyakan pelembab yang saya coba waktu itu teksturnya sangat berat untuk kulit saya dan malah membuat wajah saya jadi super lengket. Jadilah saya pikir ga perlu kali ya pakai-pakai pelembab segala. Tapi ternyata saya salah.
Minyak alami yang dihasilkan wajah itu ternyata memiliki fungsi untuk menyeimbangkan kelembaban wajah. Kulit berminyak bisa jadi karena kulit kekurangan kelembaban. Jadi walaupun tipe kulit kita oily-combination kita tetap butuh pelembab ya. Pelembab yang paling cocok untuk kulit berminyak adalah pelembab dalam bentuk gel bukan cream atau lotion.

Jarang exfoliating 

Pada dasarnya saya ini orangnya malas, roboro mikir buat exfoliating lha wong pelembab saja di skip. Sebenarnya sih dulu saya gatau apa-apa masalah regenerasi kulit. Taunya cuma cuci muka dua hari sekali pagi dan malam hari saja. Pantesan kulit wajah saya kering setelah mencuci wajah, berminyak setelah beraktivitas dan mudah timbul jerawat. Karena dulu saya ga tau gimana cara yang bener buat merawat kulit wajah.
Proses regenerasi pada kulit secara alami terjadi setiap 28 hari sekali. Kulit baru pada lapisan dermis seraca berangsur-angsur akan naik ke permukaan kulit untuk mnggantikan sel-sel kulit yang telah mati. Jika sel-sel kulit mati yang ada di permukaan wajah tidak dibersihkan maka proses regenerasi sel kulit akan terganggu. Selain membuat wajah terlihat kusam, sel-sel kulit mati yang menumpuk juga berpotensi menimbulkan jerawat. Jadi jangan lupa ya melakukan deep cleansing atau exfoliating minimal satu minggu sekali.

Menggunakan sunscreen (?)

Everyone tells that sunscreen is a must. Tapi nyatanya wajah saya mudah sekali berjerawat kalau menggunkan sunscreen. Gimana ga dilemma sih? Setiap kali pakai sunscreen jerawat yang ada di wajah saya jadi meradang bahkan yang dulunya baik-baik saja malah jadi timbul jerawat. Jadi rasanya percuma pakai skin care yang ngobatin jerawat pas malam hari tapi pas paginya pakai sun cream dan jerawatnya malah meradang lagi atau bahkan timbul jerawat baru. 
Hampir genap 4 bulan saya skip sunscreen dan hasilnya waw! Jerawat jarang datang ya walaupun bekasnya susah ilang. Tapi paling ga kondisi wajah saya jauh lebih baik. Itulah kenapa menggunakan sunscreen (khusus untuk saya) termasuk kesalahan. Ada yang kek gini juga? Share dong! Atau ada yang punya rekomendasi sunscreen khusus buat kulit yang acne prone? Share juga ya!

Kesalahan lainnya

Kesalahan lain yang saya lakukan adalah kurang tidur, kurang makan buah dan sayur, jarang (atau tudak pernah?) olah raga, tidak mengkonsumsi supplement, kurang minum air putih dan stress berkepanjangan. Pernah ga ngerasain hal yang sama? Kondisi kulit kamu tidak mengalami peningkatan yang berarti padahal kamu sudah rajin memakai produk skin care yang menurut standar adalah produk yang bagus. Kalau iya mungkin kamu melupakan enam hal yang tadi saya sebutin. 
Merawat kulit tidak cukup dari luar saja, perawatan dari dalam juga ga kalah penting. Gaya hidup dan pola makan ternyata mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap segala aspek di kehidupan kita termasuk kondisi kulit kita. Jadi sebisa mungkin coba perbaiki gaya hidup dan pola makan kamu ya! Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca di sini.

Nah, udah sih kira-kira itu saja kesalahan menggunakan skin care yang pernah saya lakukan sejauh ini. Jadi gimana apakah kamu juga pernah mengalami hal yang sama seperti saya? Share yuk!

You Might Also Like

11 comments

  1. apalagi kalau kulitnya sensitive ya, harus jgn sampai salah dlm menggunakan skin care

    ReplyDelete
  2. Aku sekarang cuma pakai sabun susu kambing, masker kefir ama tonernya, dulu pernah dapet hampers clinique, itu enak di kulit, tapi mau beli lagi mahal 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh jadi kefir ya mba :) beli dimana kefirnya boleh share dong.. aku juga sempet cobain masker kefir, krim dan tonernya. Bagus juga hasilnya, walaupun breakout dulu :(

      Delete
  3. Naaaaah poin terakhir tuh yang malah pecinta skin care sering nggak aware. Sebagus apapun treatment dari luar, treatment dari dalamlah yang tetep jadi penentu utamanya. Makasih banget udah sharing ini ya Nuzhaaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Take a not ya! jangan sampai kaya aku.., heheheee

      Delete
  4. Nah iya sama. Aku juga ga pernah pakai sunscreen sampai skrg. Cuma andalin yang ada di foundie aja. Sblmnya coba pake sunscreen terpisah tapi jadi gatel semuka :')

    www.apaceritatami.com

    ReplyDelete
  5. Thank you udah sharee pengalamannya. kamu biasanya exfoliatingnya stepnya gimana?

    www.eandana.com

    ReplyDelete
  6. Kulit wajah aku pernah jadinya jerawatan banget, gara-garanya setelah 3 bulan kulit kering (krna udara di tmpt aku tinggal skg kering), terus pergi ke Bali yang lembab, produk kosmetik nggak ganti-ganti. begitu balik ke rumah, langsung makeran tanpa exfoliating... hasilnya dua bulan jerawat kecil timbul:(

    ReplyDelete
  7. Halo Nuzha :)
    Postingan kamu menarik banget nih. Tapi menurutku sunscreen itu perlu banget loh. Memang sih gak keliatan sekarang, tapi dampaknya baru keliatan nanti saat kita sudah berumur. Flek hitam dan keriput bakal keliatan lebih cepat, sudah ada penelitiannya juga kok. Kalau yang bikin jerawatan itu, mungkin kamu belum menemukan sunscreen yang cocok untuk kamu. Menurutku, lebih baik mulai lagi mencari sunscreen yang sekiranya bakal cocok buat kamu. Physical sunscreen biasanya lebih disarankan untuk kulit yang acne prone. Aku cuma menyarankan aja ya hehe :)

    www.ranioktavia.com

    ReplyDelete
  8. sering gonta ganti skincare ini yang agak susah disetop... beauty blogger kan kudu nyoba huhu


    http://jfoodsteps.blogspot.com

    ReplyDelete