#Magz! 10 Alasan Kenapa Harus Jual Beli di Carousell

By | July 09, 2017

Belakangan ini jual beli barang bekas menjadi favorite banyak orang termasuk saya sendiri. Menjual barang bekas tentu banyak sekali manfaatnya seperti: membersihkan isi lemari, menyelamatkan barang-barang yang masih berfungsi namun tidak terpakai lagi dan tentunya menghasilkan pundi-pundi rupiah ke dompet kita. Membeli barang bekas juga tidak jauh berbeda, keuntungan yang kita dapat apabila membeli barang bekas antara lain: mendapatkan harga lebih murah dan jika kita beruntung kita bisa mendapatkan barang dengan kondisi “like a brand new”. 
Pertanyaannya adalah di mana kita bisa melakukan aktifitas jual beli barang bekas yang terpercaya? Gampang! Ada banyak cara yang bisa kita lakukan mulai dari menawarkannya pada temean dan sahabat terdekat kita, berjualan di blog-sale, berjualan di group preloved, membuat akun social media khusus untuk jual beli barang secondhand dan menggunakan platform yang memang dirancang khusus untuk jual beli barang bekas. Menurut saya sendiri, cara yang terakhir adalah cara yang paling mudah dan efisien. 
Nah, belakangan ini banyak e-commerce yang memfasilitasi jual beli barang bekas lho… ini artinya jual beli barang bekas sudah menjadi trend tersendiri dikalangan masyarakat Indonesia. Salah satu e-commerce yang memfasilitasi aktifitas jual beli barang bekas adalah Carousell. Dalam artikel kali ini saya akan membahas 10 alasan kenapa harus jual beli di Carousell. Simak terus ya!

1# Design yang lebih menarik dan interaktif

#Magz! 10 Alasan Kenapa Harus Jual Beli di Carousell
Salah satu nilai plus dari aplikasi ini adalah designnya yang sangat menarik dan interaktif. Carousell di design mirip seperti social media namun diperuntukkan untuk aktifitas jual beli. User interfacenya sangat dinamis walaupun terkesan agak rumit pada awalnya. Kerumitan terseut justru menjadi salah satu pemicu user untuk menjelajahi lebih dalam lagi kejutan-kejutan apa saja yang ditawarkan Carousell dalam aplikasinya.

2# Panduan dan tips untuk penjual & pembeli yang sangat lengkap

#Magz! 10 Alasan Kenapa Harus Jual Beli di Carousell
Kamu user baru di Carousell? Jangan khawatir, di sini tersedia panduan jual beli yang sangat lengkap. Selain itu tersedia banyak tips dan tricks untuk menggunakan aplikasi ini seperti bagaimana bertransaksi aman dan bagaimana caranya meningkatkan kualitas jualan kita. Untuk mengakses panduan serta tips dari pihak Carousell silahkan masuk ke profil kemudian pilih menu setting selanjutnya pilih Help & FAQ. Cara lain untuk mendapatkan tips dan update terbaru adalah dengan memfollow akun admin Carousell Indonesia (@carousell_id).

3# Follower

#Magz! 10 Alasan Kenapa Harus Jual Beli di Carousell
Seperti yang saya bilang pada poin pertama tadi bahwa Carousell ini konsepnya seperti social media, mereka juga memberlakukan program follower dan following. Kalian bisa memfollow atau mengikuti akun jualan favorite kalian dan teman-teman kalian juga bisa memfollow akun kalian. Everything is set perfectly!

4# Akun Admin Carousell Indonesia (@carousell_id)

Untuk mendapatkan tips seru seputar Carousell dan update lainnya kalian bisa follow akun administrator Carousell (semacam official account) yaitu Carousell Indonesia (@carousell_id). Yang menarik dari akun administrator Carousell adalah program kompetisi, promo, update event dan giveaway yang sering sekali diadakan oleh pihak Carousell sendiri.  Jadi jangan sampai ketinggalan ya… langsung cuss follow akunnya!

5# Group

#Magz! 10 Alasan Kenapa Harus Jual Beli di Carousell
Carousell juga mempunyai group, group yang dimaksud di sini adalah group untuk berjaulan. Keuntungan berjualan dalam group adalah barang jualan yang sesuai dengan tema group bisa lebih mudah di temukan dan lebih mudah juga mencari ketegori barang tertentu di sebuah group. Misalnya group ZARA Fashionistas; dalam group ini kalian bisa menjual fashion items dari ZARA dengan harga terjangkau dan di sisi lain para pembeli juga lebih mudah untuk menemukan produk ZARA favorite mereka jika mencari dalam group ini.

6# Tersedia lebih banyak kategori

#Magz! 10 Alasan Kenapa Harus Jual Beli di Carousell
Carousell Categories
Kategori barang yang di tersedia pada Carousell ini terbilang cukup lengkap, yaitu: electronics & gadgets, photography, preloved men’s fashion, preloved women fashion, parents, babies & kids, health & beauty, olshop fashion, luxury, books & stationary, video gaming, food & beverages, design & craft, sporting gear, toys & board game, vintage & antiques, music & other media, motorbikes, cars, auto accessories & others, property, furniture & home, gardening & plants, kitchen & appliance, for pet, j-pop & j-culture, k-wave, tickets & vouchers, community dan jika barang yang kalian cari tidak termasuk dalam katergori dia atas kalian bisa mencarinya di looking for atau everything else. Lenkap banget kan? Mantjap!

7# Tidak hanya barang bekas

#Magz! 10 Alasan Kenapa Harus Jual Beli di Carousell
Dari sekian banyak kaetgori barang yang ditawarkan oleh Carousell, tidak semuanya merupakan barang bekas lho… ada juga barang baru. Pada saat akan menjual barang akan ada opsi “condition of the item” yang menawarkan pilihan “new” dan “used”.

8# Filter: Location, Category, Short/Filter

#Magz! 10 Alasan Kenapa Harus Jual Beli di Carousell
Ini adalah fitur yang sangat menarik menurut saya. Pada saat melakukan pencarian barang, ada 3 filter yang bisa kita aplikasikan pertama filter lokasi yang dapat mencari penjual barang berdasarkan lokasi (in case pengen cod-an), filter category yang mensortir barang sesuai kategori yang saya sebutkan di poin 5 tadi. Sedangkan filter short adalah filter yang bisa mengurutkan barang berdasarkan kategori tertentu misalnya terpopuler, terupdate, lokasi terdekat, harga terendah dan harga tertinggi.

9# Listing Insight

#Magz! 10 Alasan Kenapa Harus Jual Beli di Carousell
Listing adalah istilah daftar barang yang kita jual di aplikasi Carousell. Tool listing insight yang ditawarkan Carousell sangat berguna untuk memantau barang jualan kita. Tool ini menampilkan jumlah views, likes dan chat tentang masing-masing listing yang kita punya. Selain itu ada juga laporan selama 7 hari terakhir yang ditampilkan dalam bentuk diagram. Wah keren yah!

10# Tersedia item dengan harga Rp. 0,- alias item gratis

#Magz! 10 Alasan Kenapa Harus Jual Beli di Carousell
Coba kalian cari di kotak pencarian menggunakan keyword #tisgratis. Tagar ini semacam penanda khusus untuk item yang diberikan secara cuma-cuma oleh para user Carousell. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu untuk mendapatkan barang di #tisgratis, ini semacam giveaway jadi syaratnya juga tidak terlalu ribet seperti harus memfollow akun, memberkan like dan komentar atau syarat-syarat lain yang relative gampang banget. Menarik sekali bukan? 

Itu dia 10 alasan kenapa harus jual beli di Carousell, seru kan? Nah, buat kalian yang penasaran langsung saja download aplikasinya di https://id.carousell.com/app, iOS App Store dan Google Play Store. Gratis! Setelah install jangan lupa follow akun Carousell saya ya “carousell.com/dhe_ujha” ada preloved saya yang bisa kalian dapat dengan harga murah meriah :).



You Might Also Like

18 comments

  1. Belom pernah cobak aplikasi ini. Wkwkwk. Tampilannya bagus ya, simpel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tampilannya bagus, dominasi warna merah putih kek warna bendera kita :)

      Delete
  2. Belum pernah nyoba aplikasi ini meski sudah pernah dengar. Tapi setidaknya dengan aplikasi ini kita bisa menjual barang-barang layak pakai, sehingga isi rumah menjadi lebih bersih dan kita pun dapat uang. Nice posting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! betul banget nih, aplikasi macam gini sangat membantu kita.. lumayan bisa jual barang bekas biar ga menuhin kamar kost yang makin hari makin sempit aja :D

      Delete
  3. Di Carousel,kamu jualan apa aja? Kapan2 tak intip akunnya yaa. Selama ini klo nyari barang preloved cuma di Ig n pake tagar aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada mbak Nia :D aku kebanyakan jual make up n skincare yang ga cucok di kulit q mbak ... cobain intip2 blh lah

      Delete
  4. Hmmm jadi ini ya Carousel itu. Aku jarang banget beli barang preloved
    tapi menarik ya, aduh jadi pengen kepoin aplikasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si blogger Kendal ini Nyi bukan sih? :D maapkeun klo sok tau... boleh banget ceki2 app nya sekalian coba jual-beli juga asik lho ternyata :)))

      Delete
  5. Besok besok nyobain ah aplikasi corouseellnya ah😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana mbak Vita app mudah digunakan kan? :)

      Delete
  6. Boleh juga nih, aku termasuk yang jarang beli barang, tapi kadang kalo dapat hadiah atau apa yang nggak cocok seringnya nggak enak mau ngasihkan ke yang lain. lumayan kalau bisa dijual. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiiih boleh juga nih idenya :) tapi aku jarang dapet hadiah T.T hikz (kode keras) LOL

      Delete
  7. Ishhh bisa juga sharing baju ya, berbagi bakal berkah. Trus ada grup juga, seruuu ya Carousel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih seru bgt.. ada-ada aja programnya n kreatif hihihihi :)

      Delete
  8. Udah nyoba jualan di Carousell mayan ada yang tanya2 meski blm closing 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muehehehe samaan kaya aku, banyak yang tanya2 n ada yang semepet mau deal tapi batal. Belum rejeki mungkin.. tunggu bentar lagi sapa tau ada yang mau :))) *teteup optimis!

      Delete
  9. Halo.. salam kenal Mbak Uzha. Yang di grup GR kan? Infonya menarik sekali loh, belum pernah kjual di carousel gini.

    Eh aku follow, folbek ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak Wahyu iya nih :) salam kenal yaaa. cobain mbak app nya seru lho!

      MEluncurrr folbeck :)))

      Delete