[#Magz!] Makin Produktif dan Kreatif Bersama ASUS E202

By | June 21, 2017

Lomba Blog Makin Kreatif di Mana Saja dengan ASUS E202
Lomba Blog Makin Kreatif di Mana Saja dengan ASUS E202
Malam teman-teman pembaca setia dhe-ujha’s blog… Hayoo siapa aja yang setia selalu ngikutin update post di blog ini? Kalo ada yang kurang-kurang sampein aja di kolom komentar, biar bisa jadi bahan perbaikan dan pengembangan dhe-ujha's blog.

Malam ini saya mau cuap-cuap soal dunia persilatan *perbloggingan yang saya jalani selama ini yah. Tapi bukan soal cerita perjalanan cinta, eh perjalanan bloging. Malam ini saya mau berbagi cerita susah senangnya blogging.

Menulis itu gak mudah loh, kita harus bisa bertanggung jawab atas apa yang kita tulis. Selain itu sebagai penulis pemula saya juga masih banyak belajar membuat tulisan yang menarik buat pembaca. Jadi penginnya sih supaya bisa bikin tulisan yang bikin candu gitu... Biar para pembaca enjoy berlama-lama di sini dan baca semua tulisan saya. Hehehee… So pasti menjadi seorang penulis itu harus kreatif banget. Kreatifitas dalam menulis biasanya sih muncul dari hasil baca-baca tulisan blogger lain. Jadi kalo baca tulisan blogger yang sudah Expert, biasanya muncul suatu ide baru *twiink... Kalo udah dapet inspirasi, selanjutnya itu nyari bahan tulisan. Petama dimulai dari bikin catetan pribadi soal produk yang udah dicoba dan mau direview. Supaya informasi lebih lengkap, saya harus googling dulu untuk melengkapi catatan saya. Lanjut lagi cekrek-cekrek produk yang bagus. Gak lupa juga edit gambar biar makin bagus dan menarik perhatian pembaca.

Saya punya satu impian, pengin banget saya punya studio blog di rumah sendiri. Yaelah studio di rumah? Rumahnya aja belum punya. Hikzz 😭. Tapi tak ada rotan akar pun jadi (sok-sokan pake peribahasa), biasanya saya ngeblog di berbagai tempat. Udah kaya mobile blogger sayangnya bukan travel blogger, hehehee... Jadi maksud dari mobile blogger ini saya ngeblog bisa dimana aja. Kadang ngeblog di kost, di kantor (tentunya pas load kerjaan lagi santai yaah..), kadang juga di cafe, dan yang baru-baru ini ada tempat asik buat ngeblog yaitu di Semarang Digital Kreatif (SDK). Gimana? Bener-bener mobile banget kan?

Netbook imut yang mobile banget untuk diajak kreatif di mana aja
Netbook imut yang mobile banget untuk diajak kreatif di mana aja
Untuk mengcover mobilitas dalam ngeblog saya selalu menggunakan netbook kesayangan, yang udah menemani dari jaman pengunjung blog masih kehitung jari sampe sekarang udah ribuan page view tiap harinya [*nyombong dikit boleh lah]. Netbook ini mungil jadi mudah dibawa kemana-mana buat ngeblog, sangat mendukung mobilitas saya deh. Sayang seribu sayang karena sudah cukup tua performanya jadi menurun. Apalagi kalo dipake buat edit foto, kan susah kalo mau ngeblog tapi buka aplikasi aja serba lola. Memang sih dasarnya juga spesifikasi netbook emang rendah. Jadi pengin upgrade deh.
Okayy.. Netbook kesayangan, Saatnya kamu pensiun.

Adakah notebook travel friendly? Bisa dibawa kemana-mana? Dipake Kapanpun? Bisa penuhi kebutuhan mobilitas saat blogging?

Saya mulai gentayangan di dunia maya buat nyari notebook baru yang cocok buat aktifitas blogging saya. Pokoknya kebutuhannya itu adalah :
  • Ukuran kecil, kurang lebih 10 - 12 inch.
  • Processor generasi terbaru yang cepet, paling gak cukup buat jalanin tools edit foto.
  • Baterai awet, tahan lama.
Ya minimal itu deh yang jadi point utama saat saya nyari-nyari notebook baru buat kebutuhan blogging. Biar bisa produktif dan kreatif kapanpun dan dimanapun.

Ternyataa!!! Gak pake lama bergentayangan di dunia maya, hati saya langsung kepincut sama salah satu produk baru dari brand ternama ASUSSesuai dengan tema yang diusungnya yaitu Mobile Performance, saya yakin ini pasti jawaban atas pencarian saya. Saya bisa makin produktif dan kreatif bersama ASUS E202, notebook berukuran 12 inci dengan baterai yang tahan lama.

ASUS EeeBook E202

 Pertama kita lihat dulu penampaknnya di bawah ini

Mengapa Harus ASUS E202??

Menariknya produk baru ASUS yang satu ini adalah tentunya memenuhi semua kebutuhan saya dalam menjalani aktifitas blogging. Supaya lebih jelas, saya ulas preview dari ASUS E202. Preview ini saya buat berdasarkan informasi yang tertera pada halaman resmi ASUS Indonesia. Berikut kita bahas point-pointnya :

Desain Elegan dengan Ukuran Kecil Mudah Dibawa

Sebagai blogger dengan mobilitas tinggi, ukuran notebook sangat penting karena menyangkut kemudahan membawa notebook kemanapun. ASUS E202 memiliki ukuran 29,7 x 19,4 x 2,14 cm, lebih kecil dari ukuran kertas HVS sehingga mudah dimasukan ke dalam tas. Pokoknya Travel Friendly banget deh.
ASUS E202 mudah dibawa kemana saja
ASUS E202 mudah dibawa kemana saja

Dengan ukuran kecil ini saya bisa lebih mudah bawa notebook kemanapun saat blogging. Berangkat kerja, ke cafe, ke SDK atau kemanapun saya pergi bisa bawa notebook dengan mudah. Selain ukurannya yang kecil beratnya juga hanya 1,25 KG saja sehingga gak bikin bahu pegel-pegel kalo bawa notebook. Variasi warna juga cukup banyak, Notebook yang hadir dalam versi Windows 10 ini tersedia dalam pilihan warna Black, Silk White, Dark Blue, Thunder Blue dan Red Rouge. Kalo saya sih milih yang Silk White aja deh. ☺☺☺
Varian warna ASUS E202Varian warna ASUS E202
ASUS EeeBook E202Varian warna ASUS E202

Baterai Tahan Lama Sepanjang Hari

Ketahanan Baterai Sampai 8 JamDimanapun dan kapanpun
Salah satu syarat notebook travel friendly dan mobilitas tinggi adalah baterai tahan lama. ASUS E202 mampu menjawabnya. Notebook ini bisa hidup selama 8 jam non stop tanpa charger. Jadi gak peduli dimanapun kita tetap bisa makin  produktif dan kreatif bersama ASUS E202, notebook berukuran 12 inci dengan baterai yang tahan lama.

Performa Berani Diadu

Ini dia yang paling bikin saya jadi mupeng banget. Masalah spesifikasi netbook kesayangan dulu yang mau pensiun ini performanya yang kurang mantep. Dulu juga dilema waktu mau beli sempet banding-bandingin, mau pilih performa bagus tapi ukuran gede atau mau yang kecil tapi biasa-biasa aja. Tapi sekarang udah gak bingung-bingung lagi. Karena Spesifikasi yang ditawarkan sama ASUS E202 ini udah cukup banget buat semua aktifitas blogging. Notebook berukuran A4 ini menggunakan prosesor Intel hemat daya yang menawarkan masa aktif baterai hingga 8 jam dan dapat diisi ulang dengan cepat lewat port USB 3.1 Type-C. Yuk kita liat spesifikasi lebih lengkapnya.
  • Processor : Intel Celeron N3060 Dual-Core up to 2.16GHz
  • RAM : 2 GB DDR3L
  • HDD : 500 GB
Nah liat kan? Gak kalah sama notebook ukuran gede. Ini udah cukup banget buat saya berselancar di dunia maya. Gunain tools photo editor juga lancar. Ukuran Hardisk juga gede, cukup banget buat nyimpen bahan-bahan blog post.

Multimedia full HD

Siapa yang gak suka dengan nonton video atau dengerin musik? Pasti boong kalo ngaku-ngaku gak suka. Udah jadi kebiasaan saya kalau lagi blogging pasti sambi dengerin musik. Terus juga saat otak ini udah overload ya hiburannya nonton film atau drama korea. *Toss dulu yang samaan...
ASUS E202 ini dibekali dengan Intel HD Graphics mampu memutar video kualitas full HD dengan lancar. Selain itu suara yang dihasilkan juga terbaik, dengan 2 buah speaker menghadap ke depan. Jadi hiburan musik dan video pasti memuaskan.

Touchpad Sensitif

Bener gak touchpad notebook gak senyaman touchscreen smartphone? Yang bilang Ya, harus berubah pikiran setelah baca yang satu ini deh. Touchpad yang disematkan di sini udah sensitif sama seperti touchscreen smartphone. Selain itu ukuran touchpad yang lebar juga bikin kursor lebih mudah diarahin ke sudut-sudut layar. Jadi kalian pasti bisa merasakan mudahnya berselancar kesana-kemari. Ditambah lagi nih, ada fitur dual finger yang memudahkan kalo kamu mau scroll atas scroll bawah atau zoom in zoom out. Jadi makin mudah dan gak perlu bawa-bawa mouse segala kan?

Port Lengkap dengan HDMI, USB 3.1, MicroSD reader

  • Port HDMI. Nah ini gak boleh ketinggalan juga. kalo dulu notebook sering dilengkapi port VGA, sekarang gak jaman lagi. Port HDMI mampu mengirimkan kualitas gambar sekaligus suara yang lebih baik. Selain itu bentuknya juga lebih good looking.
  • USB 3.1. Kecepatan transfer hingga 10 Gb per second. Bagi kalian yang biasa menyimpan file-file besar di HDD external pasti sangat terbantu dengan keberadaan USB 3.1.
  • MicroSD reader. Sangat bermanfaat buat blogger seperti saya. Biasanya saya take photo produk dari smartphone atau kamera mirrorless. Buat mindahin file paling cepet ya ambil microSD dan baca langsung dari notebook.

Wi-Fi Kenceng dan Built-in Bluetooth


Perbandingan 802.11ac dan 802.11n 
Koneksi notebook ke internet pake apa? Saya yakin pasti kebanyakan orang jawab pake wifi. Pake paket data GSM boros dan kalo pake kabel jadi gak bisa mobile. Ya pake wi-fi lah, kan sekarang juga banyak hotspot area. Di kantor ada, di cafe ada, di taman ada, wi-fi corner juga bertebaran. Apa jadinya kalo wi-fi kita gak bisa kenceng? Ya pasti kalah sama pengguna hotspot yang lain.
ASUS E202 menggunakan Wi-Fi generasi terbaru yaitu standard 802.11ac dengan kecepatan lebih kenceng hingga 433 Mbps. Berselancar jadi lebih cepet, otomatis jadi lebih banyak kepo-kepoin produk. Masih ada satu lagi konektifitas ASUS E202 yaitu built-in bluetooth. Dengan adanya bluetoot kita bisa mudah hubungin notebook dengan perangkat lain seperti smartphone atau speaker. Dari sekedar transfer file sampai share perangkat, saya biasanya kalo lagi di cafe atau taman pake wireless earphone yang pake bluetooth biar bisa fokus gak keganggu kegaduhan di sekitar.

Over All Preview

Dari keseluruhan preview, saya bisa menyimpulkan bahwa Notebook ASUS E202 mampu memenuhi kebutuhan aktifitas saya sebagai seorang blogger. Semua spesifkasi dan perangkat yang disematkan merupakan generasi terbaru yang menghasilkan kualitas lebih baik daripada generasi pendahulunya.


Nah itu dia preview ASUS E202 hasil selancaran di dunia maya. Sumber info dan gambar saya dapatkan dari website resmi ASUS Indonesia dan uniekkaswarganti.com. Semoga netbook kesayangan yang udah minta pensiun segera bisa dipensiunkan. Jadi saya bisa makin produktif dan kreatif bersama ASUS E202, notebook berukuran 12 inci dengan baterai yang tahan lama.

Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com

You Might Also Like

15 comments

  1. wuihhh.. cocok nh aku sering kmana2 bawa laptop.

    ReplyDelete
  2. Asus E202 memang patut menjadi pertimbangan ketika akan membeli laptop. SElain karena ukurannya yang mungil, spesifikasinya juga mantap loh. Nice posting, good luck ya, eh saya juga ikutan nih, mampir yuk ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kapan lagi budget 2jt'n bisa dapat spec mumpuni dan design yang dinamis bgt :D

      Delete
  3. Terima kasih sudah ikutan #E202BlogCompetition. Good luck yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali kaka.. wish me luck ;)

      Delete
  4. Notebook Asus E202 emang keren deh. Desain minimalis, kualitas maximalis, apalagi harganya cukup ekonomis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. YES! Exactly, cant agree more... design, kualitas sampai harganya bikin jatuh cinta ^eh!

      Delete
  5. artikelnya "read-able" banget Mbak, suka bacanya :-)

    salam kenal

    ReplyDelete