[Review] Mudahnya Jual Beli Barang Bekas Berkualitas di Prelo

by - May 04, 2017

Hallo, saya Nuzha dan saya adalah user baru di Prelo. Karena pengalaman jual beli barang bekas saya melalui Prelo sangat asyik, seru dan menyenangkan saya jadi ingin membagi pengalaman tersebut pada pembaca blog ini. *wink

Sebagai orang yang cukup sering membuat dan membaca review produk kecantikan seperti skin care dan make up terutama gincu, saya sering sekali tergiur untuk mencoba barang baru apalagi jika barang tersebut memiliki rate review yang tinggi dan seems like everyone being crazy about it! Atau misalnya barang-barang yang mendadak jadi hits di kalangan beauty blogger dan bikin penasaran pengen cobain. :p
Ketika memutuskan untuk membeli suatu produk untuk kemudian di tulis review nya mau tidak mau saya harus mengambil resiko. Resiko makin demen sama si produk atau resiko tidak cocok dengan produk tersebut. Namanya juga skin care dan make up yes! Cocok-cocokan banget. Kalau saya bilang sih mencari skin care dan make up yang bener-bener cocok dengan kondisi kulit kita sama halnya dengan mencari jodoh yang syusyahnya minta ampuuuuun! T.T
Kadang juga saya suka khilaf kalau belanja in case I have enough money to spend on those goods. Pernah sekali saya kalap belanja produk-produk make over dan emina karena niat awalnya mau belajar make up hanya karena saya baca review-review yang bagus dari dua produk make over. Pernah juga saya kalap belanja di Althea gegara meleng sama diskonnya yang segede gaban plus promo gratis ongkir yang sangat menggiurkan. Pernah lagi nih kalap beli beauty tools di Althea gegara terus-terusan baca deskripsi produk yang like a magic spell deh kalau saya bilang, walhasil saya tergoda untuk beli juga tapi tidak terpakai. Belum lagi hasrat-hasrat pribadi yang tidak pernah puas dengan apa yang sudah dimiliki. Sudah punya bedak padat eh pengen beli yang tabur, sudah punya bedak merk A eh pengen cobain merk B, sudah punya banyak lipstick eh masih pengin beli yang lain juga, sudah punya satu bb cream masih gatel beli yang merk lain juga, gilairan sudah ketemu bb cream yang “pas” masih gatel juga pengen cobain shade lain. Ga kelar-kelaaaaar kalau nurutin hasrat belanja mah! T.T   
Jadilah lemari saya penuh dengan koleksi skin care dan make up yang hanya sekali dua kali pakai saja bahkan ada yang sama sekali tidak terjamah sebelumya. Saya sempat bingung mau diapakan koleksi tersebut, kalau terus dibiarkan sebagai koleksi sayang dong nanti lama-lama jadi expired. Mau dipakai, eh ada beberapa yang memang tidak cocok untuk saya, mau di pakai eh ga suka! Sementara saya terus lirik-lirik produk lain yang terus-terusan saya masukin ke wish-list.  
Prelo – tampaknya paham betul masalah yang saya dan bahkan semua wanita alami (in this case, bukan hanya make up dan skin care saja ya, tapi juga baju, tas, sepatu dll). Yups! Prelo adalah mobile aplikasi yang digunakan untuk jual beli barang bakas, second hand atau yang dikenal dengan istilah preloved. Sebagai user baru dari Prelo saya cukup amazed dengan market place yang satu ini. Bagaimana tidak selain user interfacenya yang sangat friendly, panduan bagi pembeli dan penjual juga sangat lengkap dan mudah dipahami bahkan bagi seseorang yang baru pertama mengunduh aplikasinya sekalipun. Terbukti dengan bekal nekat asal unduh, jepret, upload saya sudah bisa menjual 3 barang bekas berkualitas saya hanya dalam waktu satu hari! Yaitu:
  1. Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation no. 6 Biege Blast bekas
  2. Make Over Hydration Serum bekas
  3. Make Over Face Contour Kit second hand (karena kondisi hampir 100%, cuma pernah di tul-tul beberapa kali doang)
Dan hari berikutnya saya sukses bertransaksi membeli barang bekas dari user lain Prelo dengan kualitas yang terjamin dan tidak mengecewakan! FYI pihak Prelo menjamin semua barang yang di jual di Prelo adalah barang asli, no KW! Jadi kalian bisa tenang berbelanja di marketplace satu ini. 

Yuk simak lebih lanjut pengalaman saya jual beli barang bekas berkualitas di Prelo! 

Untuk dapat melakukan transaksi jual beli barang bekas berkualitas di Prelo kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ini di Play Store. 
Prelo. Jual Beli Barang Bekas. Aman. Berkualitas.
Install | Prelo
Kemudian daftarkan diri kamu untuk memiliki akun pada Prelo, kalau tidak mau ribet cukup registrasi dengan Facebook atau Twitter saja. Simple with only one click!
Prelo. Jual Beli Barang Bekas. Aman. Berkualitas.
Register | Prelo
Setelah registrasi kamu langsung bisa bertransaksi menjual ataupun membeli barang bekas berkualitas di Prelo. 

1# Menjual barang bekas berkulitas mu di Prelo

Cara untuk berjualan barang bekas berkualitas di Prelo sangat mudah lhoo, dengan kekuatan henpong jaduuuuul cekrek-cekrek upload! *apaansih? Pihak Prelo sendiri telah memberikan semacam guideline mengenai foto apa saja yang seharusnya diambil (ga harus diisi semuanya kok, ada yang sifatnya obligatory dan ada juga yang optional). Kemudian tinggal isi data-data lain seperti detail barang, ongkos kirim dan tentukan harga jual. 
Prelo. Jual Beli Barang Bekas. Aman. Berkualitas.
Langkah-langkah menjual barang bekas berkualitas | Prelo
Prelo. Jual Beli Barang Bekas. Aman. Berkualitas.
Langkah-langkah menjual barang bekas berkualitas | Prelo
Foto yang sudah di upload akan menunggu review dari pihak Prelo, review ini dimaksudkan untuk mengecek apakah gambar yang kamu upload layak diiklankan atau tidak di Prelo. Kamu bisa melihat daftar barang jualan dengan mengakses menu side bar kiri lalu klik “Jualan Saya”.
Prelo. Jual Beli Barang Bekas. Aman. Berkualitas.
Jualan Saya | Prelo
If you’re lucky enough just after you upload your preloved there will be a bargain process... Kurang lebih seperti ini contohnya:
Prelo. Jual Beli Barang Bekas. Aman. Berkualitas.
Bargain | Prelo
Kalau sudah deal semua, tinggal tunggu pembayaran dan konfirmasi pengiriman barang. Untuk melakukan konfirmasi pengiriman barang kamu bisa buka menu di side bar kanan, Jualan Saya, Transaksi, buka salah satu transaksi lalu klik konfirmasi pengiriman barang. Nah karena barang yang saya jual sudah di kirim jadi ga bisa kasih screen shoot-nya. Sebagai gantinya bisa dilihat video ini ya… Video panduan singkat untuk penjual yang menjual barang bekas berkualitasnya di Prelo.

Saran untuk para penjual di Prelo: (versi saya, silahkan tambahkan di kolom komentar kalau kamu punya versi kamu sendiri ya! :*)

  1. Ada potongan 10% dari hasil jualan kamu di Prelo tapi pihak Prelo sendiri menawarkan opsi apabila kamu share barang bekas berkualitas kamu di social media maka potongannya bisa menjadi 0%! Jadi jangan lupa share ya… :*
  2. Tawarkan free ongkir untuk pembeli. Ini sebenarnya lebih ke strategi sih biar barang jualan kamu lebih banyak dilirik orang.
  3. Usahakan foto yang diunggah bisa mewakili keadaan barang misalnya sudah berapa % isi barang yang kamu jual, apakah ada cacat atu tidak dsb.
  4. Berilah keterangan yang memadai tentang kondisi barang, sertakan juga expired date dan kode referral kamu agar pembeli bisa mendapatkan potongan idr 25k.
  5. Usahakan fast response membalas chat dari calon pembeli :).

2# Membeli barang bekas berkualitas di Prelo 

FYI saya sudah dua kali membeli barang bekas berkualitas di Prelo. Untuk barang yang pertama saya beli kondisinya hampir seperti baru, hanya pernah di pakai dua kali saja oleh pemilik yang dulu dan harga yang saya dapat tentunya jauh lebih murah dong ya… Waktu itu saya beli COSRX One Step Pimple Clear Pad bekas dengan harga idr 160k saja sedangkan apabila saya beli yang baru harganya bisa sampai idr 210k atau lebih. Sedangkan barang yang kedua adalah Cathy Doll PIKACHU AA Matte Powder Cushion second hand yang baru saja saya bayar tadi. Dari deskripsinya barang ini masih 100% baru, dijual karena tidak terpakai oleh si empunya. Saya beli dengan harga idr 80k (menggunakan saldo referral yang saya dapat di Prelo) sedangkan harga barunya sendiri sekitar idr 188k *yeyeyeye!
Prelo. Jual Beli Barang Bekas. Aman. Berkualitas.
Belanjaan Saya | Prelo
Untuk membeli barang bekas berkualitas di Prelo caranya gampang sekali kamu tinggal cari barang yang kamu inginkan. Minimalkan hasil pencarian dengan memilih kategori yang tepat atau bisa juga menggunakan fitur find. Setelah ketemu barang yang kamu inginkan, kamu bisa tawar menawar dulu lho langsung dengan penjualnya. Contoh nih:
Prelo. Jual Beli Barang Bekas. Aman. Berkualitas.
How to bargain before you buy | Prelo
Hahahahaaaa lagi-lagi kalau kamu beruntung, tawaran harga kamu bisa langsung diterima oleh seller. Setelah deal dengan harganya, masukkan barang ke keranjang belanjaan dan lakukan proses pembayaran. Untuk pembelian kedua ini saya memilih metode pembayaran melalui Indomaret, ternyata ada admin fee nya sebesar idr 5k. Untuk pembayarannya tinggal datang ke Indomart terdekat dengan membawa kode pembayaran setelah berhasil pembayaran langsung dikonfirmasi secara otomatis.
Prelo. Jual Beli Barang Bekas. Aman. Berkualitas.
Payment Process | Prelo
Apabila proses pembayaran sudah sukses kamu tinggal duduk manis dan menunggu barang yang kamu beli sampai di tujuan. Kamu bisa memantau prosesnya melalui menu jualan saya. Semua proses pembelian dapat dipantau dari situ bahkan proses pengirimanpun bisa terpantau jadi enak tidak perlu mengecek resi secara terpisah semuanya sudah terintegrasi dalam satu aplikasi – Prelo!
Prelo. Jual Beli Barang Bekas. Aman. Berkualitas.
Tracking | Prelo
Nah, kalau sudah terima barangnya nih jangan lupa kasih review ke penjual ya :*
Prelo. Jual Beli Barang Bekas. Aman. Berkualitas.
Review | Prelo
Untuk lebih jelasnya bisa lihat video di bawah ini ya guys...

Ohya, hasil dari jualan kamu di Prelo nantinya akan masuk menjadi Prelo Balance. Prelo Balance ini seperti uang virtual yang bisa kamu gunakan untuk membeli barang di Prelo atau bisa dipindah ke rekening bank dengan nilai tukar yang sama seperti mata uang rupiah, TANPA MINIMAL PENARIKAN!
Saran untuk pembeli: (versi saya lagi nih, feel free to add yours in the comment bellow!)
  1. Ada banyak penjual di Prelo yang menawarkan barang bekas berkualitasnya, carilah penjual yang menawarkan free ongkir. Kalau bisa lebih hemat kenapa tidak?
  2. Gunakan fitur chat untuk menawar harga dan menanyakan detail produk seperti tanggal expired produk dan informasi lain yang berkenaan dengan produk yang akan kamu beli. Be smart buyer, telitilah dalam membeli!
  3. Jangan lupa minta kode referral dari penjual agar kamu bisa mendapat potongan harga idr 25k. Again, kalau bisa lebih hemat kenapa tidak? :p
  4. Berilah review yang sesuai kepada penjual. 

Overall:
(Pros)

  • Dengan Prelo jual beli barang bekas jadi aman dan berkualitas. No tipu-tipu, no KW! 
  • Aplikasi yang cukup ringan (hanya sekitar 9 MB), user friendly dan jarang terjadi crash.
  • Proses registrasi yang gampang hanya dengan sekali klik.
  • Panduan penggunaan yang lengkap.
  • Fitur chat langsung dengan penjual yang bisa memfasilitasi proses tawar-menawar.
  • Tersedia opsi pembayaran yang cukup banyak.
  • Pembayaran dikonfirmasi secara otomatis.
  • Prelo memiliki sistem yang terintegrasi; email, notifikasi, share social media sampai dengan fitur pemantauan proses pengiriman barang.
  • Nilai tukar Prelo Balance yang sama dengan nilai rupiah.
  • Tidak ada jumlah minimal penarikan uang dari Prelo Balance ke rekening bank kita.
  • Proses pemindahan Prelo Balance ke no rekening bank sangat cepat (pengalaman saya kurang dari 24 jam, dan pihak Prelo juga telah memberi keterangan bahwa prosesnya tidak akan melebihi 2x24 jam).

(Cons)

  • Penjelasan mengenai program referral kurang memadai. Tentang ini akan saya tanyakan lebih lanjut ke pihak Prelo.
  • Terdapat potongan 10% apabila tidak share ke social media. Saya sempat kaget pas tau ada potongan 10% karena harga barang yang saya tawarkan sudah relative murah, kalau hasil penjualan masih harus dipotong 10% tekor dong saya! :p tapi belakangan saya baru tau kalau potongan ini bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan apabila kita share jualan kita ke social media.
  • Tombol share Twitter saya tidak berfungsi :(. Saya tidak tahu ini yang salah smartphone saya atau ada bug dari aplikasi Prelo, sehingga saya tidak bisa menautkan akun Twitter untuk share jadi masih ada potongan yang dikenakan dari hasil penjualan saya T.T
  • Tidak ada penjelasan bagaimana cara menggunakan Prelo Balance untuk berbelanja. Saya ga ngeh bagaimana cara menggunakan Prelo Balance untuk berbelanja di Prelo, sudah saya cari panduannya juga tetap tidak ketemu. Pada saat memproses payment juga tidak ada pilihan untuk membayar dengan menggunakan Prelo Balance. Saya tidak tahu kenapa apa karena saldo saya 0 (baca: nol rupiah saja) atau memang ada yang miss dari pihak Prelo untuk lebih pastinya ini akan saya tanyakan juga ke pihak Prelo.
Sekian review dari saya tentang mudahnya jual beli barang bekas berkualitas di Prelo. Tunggu apalagi yuk download Prelo sekarang!
Prelo. Jual Beli Barang Bekas. Aman. Berkualitas.
Download Prelo Sekarag!

You May Also Like

18 comments

  1. makasih sharingnya, bakal aku coba

    ReplyDelete
  2. Baru tahu ada Prelo, aku sebenarnya suka sih, Mbak, beli barang preloved. Terpenting masih bagus dipakai. Harganya pun pasti lebih miring ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pas banget klo gitu, lgsg install Prelo aja mbak! :)
      Kemaren aku liat iklan iPhone 5s 64GB cuma 2,5jtan lagi mikir2 mau beli pas mau nego eh udah sold :D hahahahaaaaa

      Delete
  3. lebih aman yah klo njual brg preloved kita lewat aplikasi trusted kayak gini. drpd jual digrup bnyk kena php hihi ^^~

    torichux3.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, betul banget.. jual beli aman hati jadi tenang :D

      Delete
  4. Ohhh ini toh apps yang sering tak denger2 Za ._. Gw seneng sih ama barang preloved. Soalnya bisa dapet barang mahal dengan harga miring. huahahahhahh


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Sher, ih kalau suka beli beli preloved gitu mah lgsg install aj ni apps nya recommended bgt! :*

      Delete
  5. Asyik nih klo bisa jualin barang2 preloved kita dengan cara semudah ini ya. Aku juga hobi banget nih beli2 produk body care, abis tuh ga abis2 sementara yg lain masih bejejer rapi di rak :) Mau cobain Prelo aaahh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain mbak! :D daripada numpuk keburu expired mending dijual di Prelo aja.. *wink

      Delete
  6. aku jd penasaran sama Prelo ini :) TFS yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain yuk ah! Jangan cuma penasaran aja :D

      Delete
  7. Mbaknya kok pinter nawar sih? Hehee

    ReplyDelete