[#Magz!] 3 Cara Kreatif yang Saya Lakukan untuk Menghasilkan Uang

By | May 02, 2017

cara kreatif menghasilkan uang
Kali ini bahasan saya agak sedikit advance ya… seperti yang sudah kalian baca dari judul postingan ini, saya akan berbagi tentang bagaimana cara yang biasa saya lakukan untuk menghasilkan uang. UANG. Siapa yang tak mau menghasilkan uang tambahan? Meskipun jumlahnya tidak seberapa, namun saya yakin ada rasa kebanggaan tersendiri jika bisa menghasilkan uang di luar gaji pokok sebagai pekerja apalagi jika uang tambahan itu diperoleh dari hobby yang memang sudah sekian lama dijalani. Wah mantap ya, sambil bersenang-senang bisa menghasilkan uang. 
Tidak jauh-jauh dari dunia blogger dan hobby menulis sebenarnya, saya belakangan berusaha terus menerapkan 3 cara kreatif yang saya lakukan untuk menghasilkan uang tambahan. Di sini akan saya bahas satu per satu 3 cara kreatif tersebut.




1# Menulis Review Produk

product review
source from google images
Bagi kalian yang sudah lama menjadi reader saya, pasti sudah bisa menebak review produk apa yang saya maksud. YES! Dari awal blog ini dibuat tulisan tentang review dan pengalaman saya lah yang paling sering menjadi topik di setiap postingan. Saya dulunya juga tidak menyangka bakal banyak orang yang membaca review dan pengalaman yang saya tulis, but then it happened! Tulisan yang paling ramai dikunjungi adalah tulisan tentang review produk dan pengalaman lepas dari krim dokter. 
Ohya, sebagian besar review yang saya tulis di blog ini adalah non sponsored review, artinya saya membeli produk dengan 100% uang saya sendiri, saya mencobanya sendiri dan menuliskan review berdasarkan pengalaman saya sendiri selama memakai produk tersebut. Ada beberapa review yang saya tulis merupakan sponsored review, kalau review yang saya tulis merupakan sponsored review pasti saya kasih keterangan dan disclaimer pada postingan tersebut.
Bagaimana bisa menulis review menghasilkan uang? 

Google Adsense 
google adsense
source from google images
Ya, saya adalah salah satu publisher dari iklan-iklan Google Adsense Indonesia. Untuk dapat mempublikais iklan dari Google Adsense sendiri ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi. Seperti jumlah pengunjung dan kualitas konten yang ditulis di blog. Saya bisa menghasilkan uang dari Google Adsense ini dari jumlah penayangan iklan dan apabila ada yang meng-klik iklan di blog ini. Jumlah yang saya dapatkan tidak banyak, tapi lumayan lah… I’m doing my hobby for pleasure and I’ve got paid, sounds great huh?

Job Review
network image edited by me
Selain melalui Adsense, saya juga bisa menghasilkan uang dari job review. Meskipun tidak secara langsung berbentuk uang. Kebanyakan job review yang saya terima saat ini bukan merupakan paid review tapi para pemberi job biasanya memberikan produk mereka kepada saya secara cuma-cuma aliasn gratis untuk saya coba dan saya tulis reviewnya. Biasanya produk yang di review adalah produk baru atau produk yang baru banget masuk pangsa pasar Indonesia. Kebayang ga senangnya jadi orang pertama yang mencoba produk baru? Berasa hype banget gak sih? *hahahaaa. Nah, bagaimana cara saya mendapatkan job review? Saya bergabung dengan komunitas blogger seperti yang saya pasang bannernya di side bar blog ini.
CLICK FOR MORE JOB REVIEW

2# Mengikuti Blog Competition

blog competition
blog competition | image by me
Nah, untuk yang ini kalian juga pasti sudah tau kan ya bagaimana cara saya menghasilkan uang dengan mengikuti blog competition. Untuk menghasilkan uang dari kompetisi-kompetisi menulis di blog tentunya kalian harus menjadi salah satu pemenang dari kompetisi tersebut. Hadiah yang ditawarkan untuk para pemenang bermacam-macam ada yang berupa uang tunai, voucher belanja serta barang elektronik seperti laptop dan smartphone. Hadiah yang ditawarkan tak jarang sangat menggiurkan lho… tidak hanya untuk pemenang utama saja, biasanya beberapa kompetisi blog juga membagikan hadiah untuk beberapa pendaftar pertama yang memenuhi syarat dan ketentuan. 
Beberapa Blog Competition yang sedang/pernah saya ikuti, contohnya:
  1. Blogging Vs Phonecellgraphy 
  2. [Review] Derma Angel Acne Patch Day & Night Plus My Acne Story
  3. [Review] Redwin Sorbolene Moisturiser
  4. [#Magz!] 4 Rekomendasi Produk Kosmetik 100% Asli Indonesia
  5. [Review] Mudahnya Jual Beli Barang Bekas Berkualitas di Prelo
  6. [#Magz!] Makin Produktif dan Kreatif Bersama ASUS E202
Ohya, FYI smartphone yang saya pakai saat ini adalah hadiah dari blog competition yang pernah saya ikuti, link nya ada di nomor satu itu yah... Bisa banget di baca sebagai referensi dan ide penulisan artikel untuk mengikuti blog competition yang serupa. *wink

3# Menjual Barang Bekas Berkualitas

prelo
source from google images
Yes! Diantara 3 cara kreatif yang saya lakukan untuk menghasilkan uang cara nomor 3 ini sepertinya paling menguntungkan dan menjanjikan. Berkaitan dengan job review atau personal review yang saya buat, dari sekian banyak review yang saya tulis tidak semua produk yang saya review akan cocok dengan kondisi kulit saya. Kalau cocok ya pasti akan saya pakai dan habisakan sendiri. Kalau tidak? Ya saya jual saja atau saya kasih ke orang lain. Tapi kalau tujuannya menghasilkan uang ya jual sajalah, kan lumayan uangnya bisa buat beli produk baru untuk saya review lagi.
Dimana saya berjualan barang bekas berkualitas saya? Prelo! Prelo adalah mobile apps yang digunakan untuk jual-beli barang bekas berkualitas. Prelo digunakan oleh banyak orang untuk menjual barang bekas berkualitas yang dimilikinya dengan mudah, aman dan nyaman. Di sisi lain para pembeli juga bisa mendapatkan barang bekas berkualitas dengan harga yang relative lebih murah.
Kenapa saya menggunakan Prelo? Karena menurut saya baik penjaul dan pembeli sama-sama mendapat keuntungan. Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan oleh si penjual di Prelo?

  • Sebagai salah satu second-hand market place di Indonesia Prelo mempunyai banyak pengguna sehingga kemungkinan barang kita terjual semakin besar.
  • Sistem pembayaran di Prelo dijamin aman karena menggunakan rekening bersama.
  • Interface Prelo yang mudah dan user friendly dilengkapi dengan panduan penggunaan yang mumpuni. Cara kerjanya bisa langsung dipahami bahkan oleh orang yang baru pertama memakai apllikasi ini sekali pun! 
  • Cara pasang iklan di Prelo pun sangat mudah, dalam hitungan detik produk yang ingin kamu jual bisa langsung di iklankan. 
  • No hit and run.
  • Terintegrasi dengan seluruh social media yang ramai digunakan orang.
  • Terdapat fitur chatting yang bisa memfasilitasi proses tawar-menawar antara pembeli dan penjual.
Sedangkan keuntungan yang diperoleh oleh pembeli diantaranya adalah:

  • Para pembeli tidak perlu khawatir dengan keaslian barang yang di jual di Prelo karena pihak Prelo menjamin barang yang di jual pada aplikasi mereka 100% orisinil, asli no KW.
  • Ada jaminan uang kembali 100% jika barang yang telah dibeli dan diterima tidak sesuai dengan deskripsi produk.
  • Proses pembayaran yang aman dengan fasilitas rekening bersama.
  • Banyak barang bekas berkualitas di jual di Prelo, semakin banyak pilihan semakain asik kan belanjanya? :p asal gak kalap aja!
  • Ada fasilitas chat yang memungkinkan terjadi transaksi tawar-menawar antara penjual dan pembeli. 
  • Kentungan lainnya yang menurut saya jadi worth it adalah dengan menggunakan Prelo kita bisa membeli barang bekas berkualitas yang ingin kita coba sebelum mebeli full size dan brand new nya. 
Nah, itu dia 3 cara kreatif yang saya lakukan untuk menghasilkan uang dari hobby saya ini. Kalau cara versi kalian apa? Share di kolom komentar yuk! Ohya, soon akan saya publish juga review saya menggunakan aplikasi Prelo untuk membeli sekaligus menjual barang bekas berkualitas.



You Might Also Like

17 comments

  1. Wah aku belum pernah menang lomba blog nih hehehe. Blognya kufollow ya mbakk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep semangat mbak! :D makasih udah follow.. mana blog nya biar aku folback :*

      Delete
  2. menulis review kalau blog sepi sama saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah nulis banyak review blog q jadi rame lhoo... bertahap sih :D

      Delete
    2. aku malah kebalik rame dulu baru nulis review, kamu nulis reviewnya dulunya cuma2 gitu atau gimana

      Delete
    3. Cuma-cuma karena niatnya emg buat sharing eh malah rame, akhirnya coba-coba apply adsense karena trafficnya cukup stabil :)

      Delete
    4. oh adsense, dikira kamu dari produknya di endorse atau dibayar hehe

      Delete
    5. solnya aku juga bikin blog baru , yang lama udah ga kaya dulu lagi dan sekrang komunitas blogger di fb ga serame dulu

      Delete
    6. Yes! Adsense dan ada juga beberapa job review.. makanya dibaca dong artikelnya :p
      Masih rame kok komunitas blogger yang aku ikuti, rame bgt malah...

      Delete
  3. Hai, Mbak! Salam kenal ya. Ini kayaknya kali pertama aku berkunjung. Blognya bagus, nih! Berarti Mbak ini bisa dikategorikan sbg beauty blogger ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga mbak :) bisa dibilang tapi aku lebih obanyak review ttg skin care daripada make up ... terimakasih kunjungannya
      Salam kenal juga! Cheers!

      Delete
  4. Sejauh ini baru ngikutin yang nomor 1 dan 2. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba juga yang nomor 3 kak! *wink...

      Delete
  5. Asyik ya sembari melakukan hobi nulis di blog dapet pendapatan juga :) Pluuuuss dapet teman banyaaakkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul! Plus dapet temen banyak plus dapet ilmu dan pengalaman baru dan plus plus lainnya :D

      Delete