[DIY] Minuman Tradisional untuk Mengobati Jerawat

By | April 05, 2017

Sesuai janji saya kemarin di artikel [DIY] Kayu Manis Dan Madu untuk Menyembuhkan Jerawat, hari ini saya akan share resep minuman tradisional untuk mengobati jerawat yang saya dapat dari blog Randomwonderland punya mbak Lintang ya...
Sebenarnya saya sudah pernah mencoba resep ini untuk minum tapi tidak diminum secara teratur sehingga efeknya tidak terlalu kerasa pada waktu itu, nah kali ini saya akan coba buat resepnya lagi dan meminumnya secara teratur untuk kemudian saya publish review hasilnya di kulit saya. Ohya, minuman ini juga bisa dipakai sebagai toner dan face mist lho... Saya ingat dulu lebih sering pakai ramuan ini sebagai toner daripada minumnya *hahahahaa.


Ok lah, tidak usah lama-lama langsung saja ke inti permasalahannya. Check it out!
Image taken from google
Resep Minuman Tradisional untuk Mengobati Jerawat
(Psstt, bisa digunakan sebagai toner dan face mist juga lhoo)

Alat:
Panci
Gelas
Kompor
(bisa di improve sendiri, pokoknya alat dapur standar lah)

Bahan:
1 kantong teh hijau
3 batang kecil kayu manis
400 ml air
Irisan kecil jeruk nipis
1 Sdm madu murni 

Cara Membuat:
  1. Rebus 400 ml air dengan kayu manis sampai mendidih sehingga airnya berkurang dan berwarnya kecoklatan.
  2. Gunakan air rebusan tersebut untuk menyeduh teh hijau, boleh juga dimasukkan kayu manisnya.
  3. Tambahkan perasan air jeruk nipis.
  4. Tambahkan 1 sendok makan madu, jangan pakai gula ya... karena kamu udah manis *eaaaa
  5. Well done! Serve it hot or cool. Bisa banget diminum pas lagi hangat-hangatnya kaya hubungan adek kemaren sore atau juga diminum dingin (ditambah es batu atau masuk ke kulkas). 
Aturan Pakai:
Ramuan minuman tradisional untuk mengobati jerawat ini diminum sehari sekali, satu gelas sampai jerawat sembuh. Jika jerawat sudah sembuh, berhentilah mengkonsimsi ramuan ini karena kayu manis tidak boleh dikonsumsi setiap hari. 

PS: Minuman ini tahan satu minggu jika dimasukkan dalam kulkas. Saran saya sih sekalian bikin banyak agar bisa disimpan dalam kulkas, toh nanti mau diminum setiap hari. Dan minuman ini lebih enak kalau diminum dalam keadaan dingin. Rasanya nyesss adem sekali, pas banget buat ngademin hati adek yang kepanasan liat teman adek sudah pada naik pelaminan sementara adek masih sendiri saja *plak! 

Perhatian!
Rempah-rempah tidak boleh di gunakan oleh ibu hamil dan menyusui, sebagai gantinya bisa menggunakan bahan alternatif seperti:
  • Tomat
  • Cuka apel atau apple vinegar
  • Cacahan daun pegagan (hint: pegagan juga sangat baik untuk merawat kulit yang bermasalah deangan jerawat, terbukti produk Acne Care dari Sari Ayu menggunakan ekstrak daun pegagan sebagai key ingredients di produknya, tidak hanya itu brand skin care Korea yang lagi hype saat ini; COSRX juga menggunakan daun pegagan atau cantella sebagai key ingredients mereka pada salah satu line skin care mereka yaitu: Cantella Blemish Ampoule, Cream dan Tonner) 
  • Aloe vera
  • Seledri
Tentang Ingredients dari minuman tradisional untuk mengobati jerawat ini

Teh Hijau

Image taken from google
Teh hijau kaya antioksidan, yaitu polifenol dan EGCG (epigallocatechin gallate). Antioksidan diperlukan untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan kerusakan sel. Minum teh hijau secara teratur dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan penyakit liver, infeksi bakteri (termasuk pada kulit), masalah pencernaan, dan berbagai kanker.

Jeruk Nipis

Image taken from google
Jeruk nipis dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan juga, meningkatkan kadar glutathione dalam sel untuk mencegah kerusakan sel. Sebetulnya dari segi kandungan nutrien, lemon punya kandungan vitamin C lebih tinggi dari jeruk nipis tetapi jeruk nipis lebih unggul kandungan vitamin A nya.



Kayu Manis

Image taken from google
Alasan penggunaan kayu manis untuk menyeduh teh adalah karena kayu manis bermanfaat untuk mengontrol kadar glukosa (gula) darah. Kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan resiko inflamasi dan menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi bakteri, selain itu juga memicu aktivitas kelenjar minyak. Kayu manis mengandung cinnamaldehyde dan proanthocyanidin yang bersifat anti inflammatory dan antibakteri, dapat mengurangi peradangan dan meredakan infeksi jika dikonsumsi.
Cinnamaldehyde pada kayu manis juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit menjadi lebih elastis, selain itu juga efektif untuk mengurangi peradangan pada jerawat dan memudarkan bekas jerawat. Oleh karena itu kayu manis sering digunakan untuk DIY skincare. Namun cinnamaldehyde & eugenol pada kayu manis dapat menyebabkan iritasi pada sebagian orang akibat dengan gejala ruam kemerahan, perih, panas. 

Nah, itulah resep dari minuman tradisional untuk mengobati jerawat yang bisa kamu coba di rumah. Terkahir pesan saya, be healthy and happy because acne will stay away from those who have healthy and happy life! 

Thanks for stopping by,


You Might Also Like

10 comments

  1. Za, aku masih agak rancu di kalimatmu yang ini:
    "Jika jerawat sudah sembuh, kayu manis tidak boleh dikonsumsi setiap hari"

    Artinya kalo udah sembuh jerawatnya kaga perlu dikonsumsi lagi kan ini minuman? Soalnya kalimatmu yang itu agak gimanaaa gitu. Mungkin kudu diperbaiki jadi:
    Jika jerawat sudah sembuh, sebaiknya minuman ini tidak diminum lagi karena kayu manis tidak boleh dikonsumsi setiap hari"

    menurutku sih ._.

    ReplyDelete
  2. Ramuan nya berguna banget buat saya nih.. aku bookmark dulu ya mba.. biar adik aku bisa ikutan baca.. karena dia kulit nya emang type acne prone..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo silahkan dicoba bisa juga nulis reviewnya nanti *wink

      Delete
  3. jadi pengeen nyobaa dehh dirumah tgl beli teh ijony aja kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh hijau bisa diganti jasmine tea tapi efek anti-oksidannya memang g sehebat teh hija :D

      Delete
  4. Aku biasanya bikin ramuan ini kalo lagi flu, ternyata bisa juga buat hilangin jerawat :)


    Xoxo,
    Lintang
    www.mineisdreamers.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah iya kah bisa buat flu juga? Tapi emg si kayu manis ini terasa hangat sekali di badan.. maybe that's why


      thnks udah mampir :*

      Delete
  5. Waaaah informatif banget thanks for sharing ya Aku kayanya perlu nyobain ini

    ReplyDelete