[DIY] Kayu Manis dan Madu untuk Menyembuhkan Jerawat

by - April 04, 2017

ACNE - can you guys think of any scarier words? Probably not especially when you are suffering from it. The bad news is most people suffer from this skin problem and the good news is you can always find ways to cure it. One of the most well-known remedies over the century are cinnamon and honey, those two natural ingredients have the best acne-fighting properties. Cinnamon and honey they are natural, easy to find, easy to make and most importantly you can do it by yourself! 



Banyak faktor yang mempengaruhi timbunya jerawat namun ada dua faktor yang paling potensial, dua faktor tersebut adalah faktor hormonal dan bakteri penyebab jerawat. Mari tinggalkan saja faktor yang pertama karena memang saya tidak tahu banyak mengenai hormon. Pada dasarnya ada dua bakteri penyebab jerawat yaitu: Propionibacterium acne atau sebut saja P. acne dan teman setianya bernama Staphylococcus epidermis aka S. epidermis. Dari yang saya baca, kedua bakteri tersebut berkembang biak di permukaan kulit yang tersumbat oleh kotoran dan minyak, kehadiran kedua bakteri itu bisa menginfeksi folikel kulit dan menyebabkan pembengkakan inilah yang pada akhirnya sering kita sebut sebagai JERAWAT. Tapi tenang saja kalian bisa menggunakan kayu manis dan madu untuk menyembuhkan jerawat.
Image taken from Visihow(dot)com
Well, actually the idea of using cinnamon and honey to fight your acne is because... bla bla bla saya lanjut pakai bahasa saja ya jadi intinya si kayu manis dan madu ini memang tidak bisa membantu apabila jerawat yang kamu derita adalah karena hormonal imbalance, tapi si kayu manis dan madu ini bisa sangat-sangat membantu when they come to fight the acne causing bacteria. Apabila diaplikasikan ke permukaan kulit, kedua ingredients itu akan membawa oksigen dari aliran darah ke atas permukaan kulit. Selain itu si kayu manis sangat kaya akan anti inflammatory dan anti bacterial property yang sering disebut dengan cinnamaldehyde. Sedangkan si madu juga dikenal sebagai anti bacterial property yang kuat serta dapat menenangkan kulit (shooting effect) dan memberi nutrisi pada kulit (moisturizing). 
Penggunaan kayu manis dan madu untuk menyembuhkan jerawat bisa dilakukan dari luar dan dari dalam, istilah filmnya adalah inside out *sudah pernah nonton filmnya belum? :p OK BACK TO THE TOPIC! penggunaan kayu manis dan madu untuk menyembuhkan jerawat dari luar adalah dengan menggunakannya sebagai masker dan toner atau bisa juga digunakan sebagai face mist. Sedangkan untuk penyembuhan dari dalam adalah mengkonsumsi teh kayu manis, smoothie pisang susu kayu manis dan madu serta minuman tradisional atau jamu jerawat yang resepnya pernah saya temukan di random wonderland blog punya mbak Lintang. *mbak, blognya bagus banget tapi sekarang kok jarang update, hiks syedih T_T.
Baiklah mari kita bahas satu per satu

Masker Kayu Manis dan Madu

Image taken from Visihow(dot)com
Resep masker kayu manis dan madu ini sebenarnya sangat simple, sangat-sangat simple. Baru semalam saya buat setelah baca-baca blognya Alo. Gampang lho cara buatnya. Here we go...

Alat:
Set masker 
(Sedok takar, tempat masker dan spatula)
or you can simply use spoon and plate 

Bahan:
Madu murni
Kayu manis bubuk
PS kalian juga bisa menambahkan ingredients lain seperti bubuk pala atau air lemon.

Cara Membuat:
Campurkan 1 sendok makan kayu manis dan satu setengah sendok makan madu. Aduk hingga berbentuk pasta. Aplikasikan ke seluruh wajah setelah wajah dibersihkan. Diamkan 15-20 menit lalu bilas dengan air. 

Masker ini bisa dipakai beberapa kali dalam satu minggu atau bahkan setiap hari jika kulit kamu tidak bermasalah dengan kedua bahan tersebut.

Perhatian! 
Sebelum mengaplikasikan masker ada baiknya lakukan tes alergi terlebih dahulu dengan cara mengoleskan adonan masker ke tengkuk atau bagian belakang telinga, jika terjadi reaksi alergi jangan gunakan masker ini (reaksi alegri biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kemerahan).

Teh Kayu Manis 

Image taken from google
Resep kayu manis ini saya modifikasi sendiri, saya sarankan untuk menggunakan kayu manis batang saja karena air rebusan kayu manis batang ini rasanya hangat di badan sedangkan kalau memakai kayu manis bubuk nanti bubuknya malah mengendap dan harus disaring lagi, rempong ah! Kayu manis bubuk sendiri lebih enak dicampurkan ke resep smoothie pisang, lebih bertekstur dan berasa.

Alat:
Panci
Kompor
Tea set (pot & cups)

Bahan:
Air
Teh (jenis apa saja, bisa teh melati atau green tea)
Kayu manis (bisa bubuk atau batang)
Madu

Cara Membuat:
Rebus 100 ml air dengan kayu manis batang atau bubuk. Setelah mendidih gunakan air rebusan kayu manis tersebut untuk menyeduh teh. Tambahkan madu sesuai selera. Minum selagi hagat, sambil mikir-mikir kapan nikah? :D *pesan sponsor.



Banana Smoothie

Image taken from google
Resep smoothie ini juga modifikasi saya sendiri dan merupakan smoothie favorite selama ini, bikin kenyang dan endess banget!

Alat:
Blender
Gelas smoothie

Image taken from google
Bahan:
Pisang
Oatmeal
Susu coklat atau putih
Madu
Bubuk kayu manis untuk topping

Cara Membuat:
Campur semua bahan kedalam blender. Blend it, blend it. Regular speed and then serve it with cinnamon powder on top of it! Enjoy it!

Isn't it yummy? Hmmm.. kalau gini caranya mah menggunakan kayu manis dan madu untuk menyembuhkan jerawat fighting acne is not that hurt anymore ya *wink

Nah, berhubung ini sudah sore saya share ramuan jamu jerawatnya di post lain saja ya? Psstt, ramuan tradisioanal yang saya dapat dari blog Randomwondewrlandnya mbak Lintang rasanya enak lhoo apalagi kalau di minum dalam keadaan dingin, nyess banget di tenggorokan, Selain diminum resep ini bisa digunakan untuk tonner dan face mist juga lho.. wanna know? I'll post it sooooooon! :*

Post yang saya maksud sudah di publish lhooo:

See ya!

You May Also Like

6 comments

  1. wah mau nyobain ah maskernya terus sambil nunggu kering minum smoothies nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah <3 ide bagus tuuuuhh .. endes bgt pasti (y)

      Delete
  2. aku suka banget dulu pake masker kayu manis + madu + pala bubuk buat ngilangin jerawat. ngaruh banget loh, sampe bekas2nya juga lumayan ngilang. kalo sekarang lagi telaten pake masker madu aja soalnya mukaku lg ada bagian2 yang kering
    btw aku udah follow blog kamu, mind to follow me back? thank youu ^^

    lumierelight.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bubuk pala beli dimana ya? Sebelum nulis ini juga aku sempet baca-baca diy yang resepnya kayu manis + madu + bubuk pala... so far di aku kayu manis + madu aja udah did a great job! Bikin lembab dan mengurangi peradangan juga and yups! lumayan buat ngilangin bekas jerawat juga :D

      Meluncuuur TKP yaa...

      Delete
  3. hi nuzha, bagus tips ni.. thanks sharing.. :)
    btw saya sudah follow kamu.. salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal Intan, terimakasih sudah follow :)

      Delete