[#Magz!] SociaBuzz Penghubung Advertisers dan Reviewers

by - February 16, 2017

The word review seems so interesting, eh? For me myself review is like a magic spell. If you guys read a positive review about a product, your desire to try reviewed product will be even stronger than before. Agree? 

The word review become more interesting since it gives benefits to both; consumer and producer. It helps consumer to find the right product based on their needs and it gives producer an opportunity to promote their product.

When a review become more and more interesting for all parties, why don't we talk about it in which way it is so interesting and makes lots benefits? Sit down, relax, enjoy this article and let's get started! 





Guys, kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan yang namanya review product? Selain karena kalau kalian adalah reader setia dari blog ini yang kebanyakan konten atau postingannya berupa review product kalian juga pasti sering mendengar kata-kata review bahkan di luar dunia kecantikan dan wanita sekalipun. Di dunia elektronik dan gadget misalnya? 
Nah, kali ini saya akan membahas hal yang sedikit berbeda dari biasanya (karena bosen dong kalau bahasannya itu lagi itu lagi? Semoga sih enggak ya :p). Namun saya rasa tetap ada kaitannya sih dengan tema utama blog ini. Garis besarnya sih saya akan membahas tentang "review" murni kata itu saja ya tanpa embel-embel apa-apa seperti review produk kecantikan, review skin care apalagi review gadget. Edisi #Magz! kali ini akan membahas tentang sebuah marketplace yang menjadi penghubung antara advertisers dan reviewers yaitu SociaBuzz.
tagline
SociaBuzz, Connecting Advertisers with Influencers (Reviewers)
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, review menurut saya adalah kata-kata ajaib yang bisa membuat keinginan kita untuk mencoba produk yang direview menjadi semakin liar (liar? Apaan sih? Hahaha. Abaikan!). Namun setelah saya sadari, review ini ternyata lebih dari sekedar itu. Review produk dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak; pihak konsumen dan pihak produsen. Lho kok bisa?
So, begini, Prelo, sebuah marketplace khusus barang-barang preloved dalam artikel di blognya "hal yang harus diperhatikan sebelum membeli produk kecantikan" menempatkan untuk membaca review produk sebelum membeli pada urutan nomor satu dan ditegaskan lagi dalam bagian penutup artikel. Kemudian blog Tokopedia dalam artikelnya yang berjudul "perhatikan dulu hal ini sebelum membeli produk kecantikan" menempatkan membaca review pada urutan pertama dalam hal yang harus diperhatikan pada artikel tersebut. You know what does it mean? It means review has an important role in decision making whether you have to buy that product or not, whether the product is worth your attention money or not.
Furthermore, review is one of the best tool to promote certain product that can be used by producer as a promotion tool instead of advertising. Bagi saya pribadi review dan iklan adalah dua hal yang berbeda namun keduanya sama-sama berpotensi menjaring pembeli secara efektif. Tapi pada akhirnya menurut saya, review berpotensi lebih besar untuk menjaring perhatian orang yang sekarang mulai bosan dengan metode iklan. Disaat orang semakin buta dan sebal dengan yang namanya iklan (terbukti saat ada iklan orang akan langsung skip atau close) review memberikan oase segar di tengah padang pasir *cieleh bahasanya. Apalagi dengan semakin meningkatnya pengguna ad blocker di Indonesia khususnya, sehingga orang sudah tidak perlu lagi melihat iklan. Kehadiran review ini menjadi terobosan baru dalam mempromosikan sebuah product, bahasa kerennya soft selling. 
Sementara itu, hampir 100% orang di Indonesia menghabiskan waktunya di dunia maya; social media (Facebook, Instagram, YouTube, Twitter Blog dan lain sebagainya) dangan tujuan mencari dan mendapatkan informasi tentang sebuah produk/bisnis dari orang-orang di social media. Mereka sudah tidak lagi percaya iklan karena yang ditampilkan di iklan yang yang baik-baik saja (ngaku deh!), mereka lebih percaya dengan rekomendasi dari orang-orang sekitar mereka yang telah mencoba produk tertentu dan membuat reviewnya. 
Oleh sebab itu, saya berani mengatakan bahwa promosi yang bagus adalah promosi melalui para reviewer yang sekarang semakin banyak bertebaran di mana-mana. It's like win win solution, you know?
SociaBuzz
SociaBuzz, Connecting Advertisers with Influencers (Reviewers)

Alasan lain kenapa review ini lebih unggul dari iklan adalah:

  1. Selain digunakan sebagai media soft selling, review juga biasanya memuat informasi yang lebih detail dari suatu produk; termasuk informasi umum tentang brand, packaging, komposisi produk, cara pemakaian dan opini pribadi dari reviewer. Tidak jarang pada akhir review, reviewer akan menuliskan pros (kelebihan) dan cons (kekurangan) ataupun recommendations atau saran untuk sebuah produk dari sudut pandang umum agar kualitas produk dapat diperbaiki.
  2. Meningkatkan rating produk. Semakin banyak review positif tentang sebuah produk tentu saja hal ini akan semakin menambah nilai positif produk di mata para konsumen.
  3. Trend promosi yang sedang marak saat ini adalah menggunakan social media (Facebook, Instagram, YouTube, Twitter Blog dan lain sebagainya) yaitu menggunakan jasa selebgram, blogger atau influencer lainnya yang memiliki banyak follower untuk memberikan review dan rekomendasi atas sebuah produk atau jasa tertentu.
  4. Fakta bahwa brand-brand ternama layaknya Asus (atau SNSV *wkwkwkw), sudah mengurangi anggaran untuk iklan dan brand ambassador untuk menjalin komunikasi lebih intens lagi dengan para penggunanya melalui para reviewer yang selalu siap untuk memberikan penilaian objektif mengenai produk mereka. 



Namun sayangnya menemukan reviewers yang sesuai sama susahnya dengan menemukan oase di tengah padang pasir. Masalah yang sering terjadi adalah untuk mencari reviewer yang sesuai itu tidak mudah dan cukup membuang banyak waktu. Butuh beberapa hari bahkan berminggu-minggu untuk mencari dan menemukan reviewer yang sesuai target. Not to mention how hard it is to do the following action like payment process, monitoring process and view the statistic of it. SociaBuzz is here for your solution! Watch this video below!


Dari video di atas, dapat disimpulkan bahwa keunggulan menggunakan SociaBuzz antara lain:
  • Mudah, cepat, aman dan nyaman.
  • Konten selamanya ada di internet dan social media, sehingga bisa ditemukan oleh calon konsumen sampai kapanpun.
  • Promosi lebih dipercaya konsumen karena disampaikan oleh orang-orang yang terpercaya.
  • Mudah mendapatkan reviewers yang sesuai budget promosi.
  • Terdapat lebih dari 10.000 reviewers terpercaya yang tergabung dalam SociaBuzz, mereka siap memberikan solusi untuk kebutuhan promosi brand tertentu (beauty product, fashion, coffee shop, food, smartphone, laptop etc).
Nah, sekarang kelihatan kan bedanya iklan dengan review? So, still thinking to waste your money for advertising? NOPE! 
How to get started with SociaBuzz?
 http://www.sociabuzz.com/r/8070
Click here to boceme an influencer


You May Also Like

20 comments

  1. Jadi pengen ikutan gabung juga di SocioBuzz, nanti mampir ke webnya juga ah :)

    ReplyDelete
  2. aku sering dapet job dari Sociabuzz, emang bagus sih, bener2 mengakomodir kebutuhan advertisers dan reviewers...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh senengnya udah sering dapet job nih ye .. :D

      Delete
  3. kok aku pengen ikutan sociabuzz... coba baca2 website dulu deh...
    makasih lho sharenya...

    www.kananta.com

    ReplyDelete
  4. Mau gabung juga ah. Makasii infonyaaa. Ceki2 dulu deh. Emang review itu bak sihir. Kemarin abis review priceza.co.id dan saya sendiri emang suka pakai jasa di sini. Jadi review saya gak sekadar omong kosong deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cusss gabung juga :D eh barusan aku ceki2 priceza e waaah kece bgt ya fitur2nya.. next time kalau mau belanja cek harga dulu deh di sono :D

      Delete
  5. Aku udah gabung sociobuzz lumayan lamaa. Selama ini baru jd influencer mudah2an someday bisa jadi brand yg bekerjasama dgn influencer 😚😚

    ReplyDelete
  6. Beberapa kali dapat job dari sociabuzz, lancar sih fee nya, keren..

    ReplyDelete
  7. Bener pake banget, mau beli apapun selalu yg diliat reviewnya dulu. Sampe nentuin tempat jalan2 & nonton film pun gt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups.. sekarang semuanya liat review dulu biar ga zonk :D

      Delete
  8. sering dapat email aku dari sosiabuzz 😄

    ReplyDelete