[#Magz!] Lakukan Cara Ini Agar Jerawat Tidak Mudah Muncul di Wajah

by - December 01, 2016


Welcome December!

Are you wearing make up almost every day? Have you cleaned your make up perfectly? Do you believe with just your hand, soap and water then your make up would fade away out of your skin? Or lemme just simplify my question, have you experienced skin break out right after you just try a new BB Cream/foundation? Calm down baby! Don't easily blame the product. You've got break out simply because you haven't clean your make up away properly...

Saya termasuk orang yang hampir setiap hari memakai make up, meskipun itu hanya sekedar memakai bb cream, alis, blush on dan lipstick. Make up bisa stay di wajah saya seharian dari pagi sampai sore bahkan sampai malam. Is that okay for your skin condition? Well, I guess as long as I clean it properly. Jenis kulit wajah saya memang oily dan acne prone skin tapi bukan berarti ga bisa pakai make up dong ya... :D Salah banget kalau ada orang yang bilang kalau wajah kamu berjerawat kamu cuma boleh pakai pelembab dan loose powder aja yang seketika dipakai seketika itu juga hilang entah kemana.  
Dulu, dulu nih ya waktu saya masih despaired dan merasa insecure dengan adanya jerawat saya benar-benar anti dengan yang namanya bb cream apalagi foundation karena kalau pakai itu pasti besoknya di wajah saya muncul bintang jerawat baru, gitu terus sampai bosen. Akhirnya saya give up dan hanya pakai sunblock plus loose powder saja which are really bored me!
But that's the brand old day baby... Sekarang saya merasa lebih bebas bereksperimen dengan make up karena saya tau ada banyak sekali brand make up yang memang di formulasikan khusus untuk kulit oily and it doesn't clog pore. Selain itu, cara kita membersihkan make up selepas beraktivitas seharian juga ternyata memegang peranan besar dalam menentukan apakah jerawat baru akan muncul atau tidak.
So, after years crawling and experimenting things I've been stick to the right method of cleansing as the key of getting clearer skin. Here, I'll share it to you..




Micellar Water 

what is micellar water?
Source: huffingtonpost
Pertama, yang saya lakukan adalah membersihkan make up dan kotoran yang menempel pada wajah setelah seharian beraktivitas dengan menggunakan micellar water. What the hell is the micellar water and why should we use it? Menurut beautynesia.id micellar water adalah produk yang mengandung misel (atau micel) atau molekul-molekul minyak berukuran kecil yang tersimpan di dalam air. Konsep ini sebenarnya mirip seperti sabun dan deterjen. Formula micellar water terbuat dari senyawa alami sehingga mampu membersihkan make up waterproof tanpa menyebabkan iritasi. Kandungan air didalamnya juga mampu menjaga kelembababn kulit wajah. 
Garnier Micellar Water
Source: official Garnier
Nah, dari sekian banyak produk micellar water yang ada dipasaran yang saya rekomendasikan adalah Garnier Micellar Cleansing Water karena produk ini sudah ada di Indonesia sehingga mudah didapatkan dengan harga yang relatif lebih murah. 
Cara pakai micellar water ini juga simple sekali, mirip seperti menggunakan toner. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini ya:
how to use micellar water
Image taken from google



Facial Foam 

Meskipun telah menggunakan micellar water untuk membersihkan make up, saya tetap merasa perlu menggunakan facial foam untuk mengangkat sisa-sisa minyak di wajah. Meskipun di atas telah disebutkan no need to rinse after tapi menurut saya masih perlu karena setelah menggunakan micellar water dari Garnier wajah masih terasa lengket.
Facial foam yang saya rekomendasikan adalah Hada Labo Tamagohada Mild Peeling. Ini adalah holly grail saya, saya sudah banyak icip-icip banyak facial wash tapi selalu balik lagi sama si Hada Labo ini. 
Hada Labo Face Wash
Source: rohto.id
Sesuai dengan filosofi produknya yaitu perfect and simple produk-produk Hada Labo hanya menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, penting dan baik untuk kulit serta tidak mengandung bahan tambahan lain yang seperti zat pewarna, zat pewangi, mineral oil atau zat lainnya yang tidak diperlukan oleh kulit. Selain itu produk-produk Hada Labo juga mempunyai pH yang sesuai dengan pH kulit agar tidak terjadi iritasi pada kulit (hint: bahan-bahan dengan pH yang tidak sesuai dengan pH kulit seperti terlalu basa atau terlalu asam akan merusak lapisan kulit dan menyebabkan iritasi serta kemerahan pada kulit) 

Pore Cleansing Brush 

Ada yang belum familiar dengan pore cleansing brush? Cleansing brush ini fungsinya untuk membantu membersihkan pori-pori di wajah kita. Penggunaan cleansing brush terbukti lebih efektif membersihkan foundation di kulit kita. Kulit kita memiliki tekstur berpori, jika tidak dibersihkan dengan dengan benar maka pori-pori kita akan tersumbat oleh sisa make up dan kotoran lainnya, nah sisa make up dan kotoran yang bercampur dengan minyak inilah yang biasa kita sebut komedo jika terjebak di pori-pori kulit wajah kita. Apabila sumbatan tersebut terinfeksi bakteri P.acne maka komedo akan meradang menjadi jerawat (ini adalah penyebab jerawat secara umum, meskipun faktor pemicu timbulnya jerawat tidak hanya itu).
Bagaimana cara membersihkan pori-pori kita? Facial? BIG NO! It leaves pain... by simply employing a cleansing brush you can improve your pore! Yep. Menurut pengalaman saya sendiri, menggunakan cleansing brush memang sangat efektif untuk membersihkan pori-pori dari segala macam kotoran yang tersumbat. Yuk liat hasil percobaan di bawah ini: 
(hit: kulit jeruk memiliki tekstur yang hampir sama dengan tekstur kulit yang berpori)
Orange test
Image taken from google
How was that? Amazing? Of course yes! Setelah baca sampai sini jadi sadar kan kenapa jerawat gampang banget muncul di wajah kita? Yaaaaaaaaaaa karena kita tidak membersihkan wajah dengan benar. That's the key.
Rekomendasi cleansing brush? Kalian bisa coba Secret Key Soft Pore Brush atau kalau mau yang sedikit lebih canggih kalian bisa coba Pobling Pore Sonic Cleanser.
Secret Key Soft Pore Brush
Image taken form tokopedia

Pobling Pore Sonic Cleanser
Image taken form Althea.id
PS: Dua duanya sudah pernah saya coba, sejauh ini favorit saya adalah punya Secret Key karena bulu sikatnya sangat lembut dan tidak menyebabkan kulit kering, ini bisa dipakai setiap hari biasanya saya pakai pas malam hari. Baru-baru ini saya beli Pobling Habalan di Althea tapi saya kurang suka karena ini bikin kulit kering, :( jadi tidak bisa dipakai setiap hari. Biasanya saya pakai 4-7 hari sekali.
PPS: Pore cleansing brush ini sebaiknya diganti setiap 3-4 bulan sekali seperti sikat gigi yang sebaiknya diganti setelah 6 bulan pemakaian. 

Toner 

Toner? Penting gak sih? Baca [Skin Care Talk] ini kalau mau tau sebenarnya pakai toner itu penting atau tidak. Rekomendasi tonner? Ada banyak sebenarnya tapi yang saya suka saat ini adalah Rose Hydrosol dari Amethyst.id
Rose Hydrosol
Image taken from tokopedia

Exfoliating

Sudah baca [Skin Care Talk] ini kan? Kalau sudah pasti kalian tau betapa pentingnya exfoliating bagi kelangsungan regenerasi sel kulit kita. Produk favorit saya untuk exfoliating adalah produk dari Naturecia.
Naturecia Brightening Exfoliator
Image shot by me

Essential Oil

Pernah kepikiran ga sih ternyata minyak alami yang dihasilkan kulit ternyata mempunyai fungsi untuk menjaga kelembaban kulit? Itulah sebabnya semakin kulit kita kering maka minyak yang diproduksi semakin banyak (kebanyakan kasus ini terjadi pada jenis kulit yang berminyak). Nah salah satu cara untuk mengakali keadaan tersebut adalah dengan mengaplikasikan essential oil yang komposisinya mirip dengan minyak alami yang dihasilkan kulit kita. This is what we called to trick on our skin. Karena jika kita menggunakan essential oil, maka kulit kita akan berfikir bahwa keadaan kulit sudah cukup lembab sehingga kelenjar minyak pada kulit tidak perlu memproduksi minyak lagi. So, applying essential oil right after your cleansing regimen is a bump! 
Rekomendasi? Clear Me Facial Oil dari Amethyst.id
Clear Me Facial Oil
Image taken from tokopedia

Sum Up

Salah satu faktor penyebab jerawat adalah kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori di kulit wajah kita, untuk mencegahnya kita harus membersihkan kotoran dan make up pada kulit wajah dengan menggunakan micellar water, setelah itu pakailah facial wash yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk memoptimalkan pembersihan pori-pori kulit kita bisa menggunakan pore cleansing brush. Jangan lupa mengaplikasikan tonner dan essential oil setelah membersihkan wajah. Dan minimal satu minggu sekali lakukan exfoliating untuk megangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit sehingga proses regenerasi kulit tidak terhambat. 
So, next time you experience breaking out of your skin you know who or which ever to blame! :p

You May Also Like

4 comments

  1. Duh, seperti biasa mah ya. Post nya si nuzha bermanfaat banget. Aku jadi kepengen coba cleansing brush nya secret key jaaaa.... T.T


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut kamu bermanfaat jangan lupa di share ya syg ;)
      Hahahaha.. yuk dicoba, dicoba :D #tebarracun

      Delete
  2. Pakai kojac sponge juga oke :3

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasar ga sih pakai itu? aku blm pernah coba nih jd gatau XD

      Delete