[#Magz!] Cari Tau Kandungan Kosmetik dan Skin Care Kamu Dengan COSDNA (2)

By | October 14, 2016

Go to #Magz! Cari Tau Kandungan Kosmetik dan Skin Care Kamu Dengan COSDNA (1) if you haven't read that preceding part of this post. Here we will talk about how to analyze cosmetics ingredients which the data haven't be in cosdna data base yet.

This image is taken form cosdna web-page
Sudah baca yang part 1 tapi kok porduk yang kamu cari tidak ada? Tenang, kamu bisa coba cara ini. Cosdna itu sepertinya adalah website dari China, tapi telah dikembangkan ke dalam bahasa Inggris jadi wajar kalau produk-produk lokal dari Indoensia banyak yang belum terdaftar. Gimana dong?

DAFTARIN! Iya, selain mencari data yang telah ada kamu bisa memasukkan data baru untuk dianalisis kandungannya. Dan untuk melakukan ini sebaiknya kamu register dulu di cosdna agar kamu bisa mempunyai catatan aktifitas kamu di akun tersebut. Cara daftarnya gampang kok! Tinggal klik "Not Registered?" yang ada di pojok kanan atas ikuti step-step berikutnya.
screen capture taken form cosdna homepage




Sebelumnya kalian harus tau dulu nih ingredients dari suatu produk, kalau produk drug store biasanya ada keterangan ingredients pada label kemasan produk atau di official website-nya, kemudian klik Analyze Cosmetics lalu ketik atau paste-kan ingredients tadi ke kolom yang tersedia dan setelah itu klik Analysis.
screen capture taken form cosdna homepage
screen capture taken form cosdna homepage
Saya menganalisis kandungan dari Secret Key Starting Treatment Essence dan hasilnya bisa dilihat seperti gambar di bawah ini:
screen capture taken form cosdna homepage
Kalian bisa scroll ke bawah untuk melihat hasil lengkapnya. Karena asumsi kita adalah produk tersebut belum ada pada data base cosdna, jadi langkah selanjutnya adalah menyimpan data tersebut ke dalam data base cos dna. Caranya?



Ketika kalian scroll ke bawah, kalian akan menemukan pilihan Save this product, sebelum itu isikan dulu nama produk yang akan disimpan pilih pada menu Brand, kalau tidak ada bisa langsung tuliskan di Product name kemudian pilih salah satu dari Data Source (ini maksudnya adalah dari mana kalian mendapatkan list ingredients yang akan kalian simpan). Nah, tanda oval merah itu fungsinya untuk mengecek apakah produk yang akan kita simpan sudah ada di data base atau belum (dari awal kita berasumsi bahwa produk ini belum ada pada data base cosdna tapi ternyata sudah ada :D if you know what I mean...)
Nah setelah selesai semuanya, klik Save this product. Untuk lebih jelasnya, silahkan pantengin gambar ini:
screen capture taken form cosdna homepage
PS: kalian bisa skip langkah [check duplicate] karena kalau memang produknya belum ada pasti tidak akan ada duplikatnya toh ya? 
PPS: post ini masih ada kelanjutanya yang akan membahas bagaimana cara memberikan/menulis review product pada cosdna. 
Thanks for reading and see you on the next post! ;)

You Might Also Like

2 comments