[#Magz!] Cari Tau Kandungan Kosmetik dan Skin Care Kamu Dengan COSDNA (1)

by - October 13, 2016

Guys, what are your concern before you decided to buy/use cosmetics or skin care products? The price? Its claims? Reviews or even its ingredients? None of them? Seriuosly you ought to read this!

Sebenarnya banyak yang menjadi pertimbangan seseoarang ketika sebelum mereka membeli atau memakai produk kecantikan seperti make up dan skin care, apa saja yang paling sering menjadi bahan pertimbangan kalian?
Harga?
Iklan?
Review?
atau komposisi produk?
Kalau saya sendiri, banyak sekali yang akan saya pertimbangkan. Diantaranya adalah (hal yang paling utama): review, harga dan komposisi. Sebenarnya review dari sebuah produk memiliki peranan sangat penting karena you know lah? review yang positif itu bagaikan mantra ajaib. Setuju ga? Apalagi kalau yang memberikan review notabene adalah orang yang kita kenal, yang dekat dengan kita, yang kita anggap lebih berpengalaman, yang kita anggap lebih mumpuni dll. Itulah sebanya pedagang online sering melampirkan screen capture yang berupa testimoni atau review positif dari pelanggannya. See what I mean?

Tapi yang ga kalah penting adalah sejauh mana kita mengetahui produk itu sendiri. Ingat kasus Om Mario Teguh dan Mas Ariya baru-baru ini? :D Sebelum ada pengakuan resmi dari si Om bahwa si Mas adalah anaknya, orang boleh berasumsi ini itu, memberi keterangan ini dan itu, gak peduli jujur atau pencitraan ya masih sah-sah aja toh mereka bebas berpendaapat. Sampai akhirnya munculah gagasan untuk tes DNA biar jelas toh? Jadi ketahuan mana yang benar dan mana yang salah.
Produk kecantikan juga gitu guys, orang bisa aja nulis review bagus ga peduli honest review atau sponsored review dan orang dari lain pihak bisa aja memberi komentar yang tidak senada dengan review tersebut. Well, it's totally normal! Karena pada dasarnya kondisi setiap orang itu berbeda-beda. Terus gima dong solusinya? tes DNA juga! Nah lho... emang bisa? 
GAMPANG!
Just click the address bar in your browser and type cosdna.com! or simply click the image bellow! What the henk is cosdna? Lemme tell you..
pertama-tama, cosdna adalah (mungkin) singkatan dari cosmetic DNA. Gunanya? Ya seperti namanya, cosdna ini bisa kita gunakan untuk menganalisis DNA a.k.a Ingredient atau komposisi dari sebuah produk.


Let's have a look to this cooltastic website!

http://www.cosdna.com/
This image is taken form cosdna web-page
Once you enter the homepage, you will see this:
screen capture taken form cosdna homepage
Selanjutnya? Banyak yang bisa kita lakukan di halaman tersebut diantaranya adalah:
  1. Mencari produk yang ingin kita analisis.
  2. Memasukkan data yang ingin kita analisis.
  3. Menulis review produk.
  4. Bergabung ke forum diskusi.
  5. Membeli komposisi produk dan sabun homemade.
Saya hanya akan menjelaskan dua point teratas saja, selanjutnya bisa kalian explore sendiri ya... Happy reading and exploring! Welcome to the jungle!


MENCARI PRODUK YANG INGIN KITA ANALISIS

Caranya: tinggal ketikkan nama produk yang ingin kita analisis pada kotak yang tersedia kemudian klik Find Cosmetic!
screen capture taken form cosdna homepage
 Akan ada beberapa pilihan, klik salah satu untuk melihat:
screen capture taken form cosdna homepage
 Setelah itu akan muncul hasil analisis seperti di bawah ini:
screen capture taken form cosdna homepage
Scroll kebawah untuk melihat isi selengkapnya. Gampang kan?
PS: Untuk kolom Acne, Irritant dan Safety kalian bisa lihat penjelasannya di page FAQ. Akan coba saya jelaskan intinya, untuk level comedogenic atau penyebab jerawat (indikasi kolom Acne dan Irritant) ada nilai dari 0-5 makin rendah nilainya berarti semakin aman. Sedangkan untuk kolom Safety ada nilai index dari 1~9 semakin rendah nilainya berarti bahan komposisi tersebut semakin rendah resiko (dengan kata lain semakin aman). Untuk kalian yang kulitnya mudah berjerawat sebaiknya hindari produk dengan nilai Acne dan Irritant lebih dari 3, unless you don't mind to take the risk.

Thanks for reading and to be continued! :D

You May Also Like

6 comments

  1. Thanks kak, patut di coba ini.

    ricafairikha.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Yasss!!!! Aku tipe yang paling rewel soal ingredients (meskipun gak hafal semua) apalagi skincare. Kalau makeup mungkin masih aku maklumi, dan belum ada reaksi negatif juga kalau pake makeup.

    Aku biasanya juga buka paula choice buat ngelihat ingredients.

    Aku dulu terhindar dari cream gajebo gara-gara ini, gak jelas juga ingredients-nya.

    Nice post!! Aku tungguin lanjutannya. ^^

    limlimzi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyessss. Tosh! Samaan aku juga termasuk rewel sama ingredients... dan emang kudu telaten cek satu-satu biar aman :D

      Delete
  3. beidewei, aku udah lama gak ngikutin kasus si om sama si mas *oot bentar, wkwk*

    eh ini hashtag #magz tuh baru ya? aku baru nyadar. kepanjangannya apa sih? aku malah salfok ke magz ini za. kupikir ini kepanjangan dari magazine.. errr, bener gak? hahahaha, sotoy bener.


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ya udahlah ga usah terlalu urusin hidup si om :D

      Iya Sher bener, tag itu buat nulis dengan tema random tapi tetep ada kaitannya dengan beauty atau skin care jadi ga melulu review aja :D

      Delete