[Skin Care Talk] Jerawat | #AboutAcne

By | May 08, 2016

Disclaimer:
This post is one of the series post #AboutAcne. Everything I wrote here is not my own opinion, but I take it from various resources. I'm not dermatologist or acne expert. I'm suffering from acne for years, since that I try to dig lots of information #AboutAcne and I always related the information with my own experience. Let's discuss #AboutAcne with me, but do not try to use our discussion as the-only-one consideration for you. 
Have a nice discussion, gals!
#AboutAcne

Selamat malam semua, saya baru saja pulang dari liburan panjang selama 4 hari lhooo :p. Selama empat hari itu saya pergi mengunjungi beberapa tempat di Salatiga - Ungaran dan Semarang. Penasaran? Lihat photo album saya yuk di facebook [klik di sini
Kalau kalian bagaimana? Liburan lalu kemana aja? Boleh banget loh kalau mau share di kolom komentar! XD


Well, let's talk about this post. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat menulis (membuat janji) di FP Dhe Ujha's Blog. Intinya waktu itu saya akan membuat post yang berkualitas baik (lebih tepatnya terus berusaha agar kualitas tulisan saya lebih baik lagi) soon after I've got 2,000 page view per day. Honestly, sudah dua hari ini page view blog ini mencapai lebih dari dua ribu per hari. Yeay~ 
Page View

So, ini adalah satu dari rangkaian post yang akan saya persembahkan bagi para pembaca saya yang setia. Post kali ini akan saya beri tema #AboutAcne. Sesuai temanya, rangkaian post yang akan saya buat nanti membahas tentang JERAWAT, seperti:
  1. [Skin Care Talk] Jerawat | #AboutAcne
  2. [Skin Care Talk] Jenis-jenis Jerawat | #AboutAcne
  3. [Skin Care Talk] Tingkat Keseriusan Masalah Jerawat | #AboutAcne
  4. [Skin Care Talk] Penyebab Jerawat | #AboutAcne
  5. [Skin Care Talk] Cara Merawat Kulit Berjerawat | #AboutAcne
  6. [Skin Care Talk] Mitos dan Fakta Mengenai Jerawat | #AboutAcne
  7. [Skin Care Talk] Do's and Don'ts | #AboutAcne
Dan ini adalah post saya yang pertama di #AboutAcne. Post ini akan membahas tentang pengertian jerawat secara umum ditambah dengan fakta-fakta lain berkaitan dengan jerawat yang mendukung. Semua yang saya tulis di rangkaian post #AboutAcne saya ambil dari berbagai sumber. Saya berusaha mengambil sumber terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan. 
Okay, langsung saja kita bahas apa itu JERAWAT?
Mulai dari terminologi dulu ya, kita cek apa pengertian jerawat atau acne dari Camridge Advance Learner's Dictionary:
acne: a skin disease common in young people, in which small red spots appear on the face and neck.
Kalau kita lihat dari pengertian di atas, jerawat memang merupakan penyakit ya, yang umumnya diderita oleh remaja. Nah, jerawat ini berupa bintil merah kecil yang biasanya muncul di permukaan kulit wajah dan leher. Nah lhoo, ternyata jerawat gak cuma muncul di kulit wajah! :p
Sekarang, mari kita lihat lebih jauh pengertian jerawat secara medis. Ada beberapa hal yang bisa kita highlight, diantaranya adalah:
 Acne vulgaris is the is the medical name for common acne -- the presence of blackheads, whiteheads and other types of pimples on the skin. (source
Acne is a disease that affect the skin oil glands. The small holes in your skin (pores) connect to oil glands under the skin. These glands make an oily substance called sebum. The pores connect to the glands by a canal called follicle. Inside the follicles, oil carries dead skin cells to the surface of the skin. A thin hair also grows through the follicle and out the skin. When the follicle of the skin gland clog up, a pimple grows. (source)
Acne is common and is usually treatable. You may need treatment for several months to clear spot. Inflamed acne need to be treat early to prevent scarring. Once the spots are gone, you may need maintenance treatment for several years to keep the spot away. (source)
Dari beberapa pengertian di atas, dapat kita simpulkan:

  1. Acne atau acne vulgaris adalah nama yang lazim digunakan untuk merujuk istilah jerawat.
  2. Jerawat dinyatakan sebagi penyakit atau disease.
  3. Jerawat adalah hal umum yang hampir diderita oleh semua orang dan dapat disembuhkan.
  4. Umumnya jerawat berbentuk bintil kecil berwarna merah yang muncul di permukaan wajah.
  5. Blackheads dan whiteheads atau komedo seringkali dikategorikan sebagai jerawat. 
  6. Orang dengan kulit berminyak dan pori-pori lebar lebih beresiko terkena jerawat.
  7. Jerawat terbentuk karena pori-pori kita tersumbat dan jika sumbatan ini terkontaminasi oleh bakteri yang disebut "P. acne" maka area sekitar pori yang tersumbat akan mengalami inflamasi atau membengkak.
Untuk lebih jelasnya, kita bisa lihat gambar di bawah ini:
Acne affected skin
Source
Jerawat umumnya diderita oleh mereka baik laki-laki maupun perempuan yang berumur 12-25 atau bisa juga pada orang yang berumur lebih muda atau lebih tua dari rentang umur tersebut. Jerawat mulai timbul pada usia puber antara umur 10-13 tahun. Jerawat biasanya timbul pada kulit wajah, tapi bisa juga timbul di area punggung, leher dan dada. Orang dengan jenis kulit berminyak memiliki resiko lebih besar untuk berjerawat. Jerawat kebanyakan diderita oleh remaja laki-laki dari pada remaja perempuan, namun sumber lain menyebutkan bahwa wanita lebih cenderung mendirita jerawat tingkat ringan sampai dengan sedang diusia 30 tahunan atau lebih dari pada laki-laki. 80% orang berusia 11-30 tahun di dunia menderita jerawat, 8 dari 10 remaja menderita jerawat dan 3 dari 10 remaja menderita jerawat yang cukup parah. (source1, source2, source3)

Nah, sekarang kalian tau kan kalau jerawat adalah hal yang umum, bisa disembuhkan dan diderita oleh 80% orang. Jadi jangan galau ya, bukan cuma kamu aja kok yang bermasalah dengan jerawat. Asal kamu bisa merawat kulit kamu dengan baik dan benar, jerawat bukan masalah besar! ^^

    You Might Also Like

    0 comments