[DIY] 3 in 1 DIY Product from Avocado

by - January 17, 2015

3 in 1 DIY Product from Avocado
3 in 1 DIY Product from Avocado
Hai besties...
Kali ini saya mau share produk DIY yang bisa dibikin dari salah satu buah kesukaan saya –Alpukat atau Avocado–. Yup, saya mulai menggilai buah ini pertama kali sejak merasakan enak dan segarnya jus Alpukat yang saya pesan di tengah perjalanan pulang dari Taman Safari. Udah lama  banget sih, waktu itu saya masih kelas 6 SD kalau ga salah, tapi masih suka ingat aja sampai sekarang. Haha :p
Nah, jadi ceritanya saya suka sebel kalau beli jus alpukat di warung makan atau warung penjual jus gitu. Karena? Karena apa ya? Sebenarnya karena harganya mahal. MAHAL. :p beneran lho, di Tegal satu gelas jus alpukat harganya kisaran 8 ribu sampai 15 ribu. Padahal uang 17 ribu udah bisa buat beli buah alpukat 1 kg. Udah gitu orang yang bikin suka ga bisa bikinnya, ga tau ya kalau jus alpukat itu enaknya yang agak kental daaaaan yang paling saya ga suka adalah rasa manisnya yang keterlaluan! Mending kalau pemanisnya pakai gula pasir, kalau bukan gimana? Nah lho...


Pesan sponsor penulis:
Kalau kalian juga suka jus alpukat, mending bikin jus alpukat sendiri di rumah.
Lebih murah, lebih aman dan bisa dibikin sesuai selera.  :p
Selain dibikin jus, alpukat juga bisa dibikin masker wajah dan masker rambut lho...
Ga percaya? Baca terus ya, saya bakal share cara bikin masker wajah dan rambut dari buah alpukat.

What you need:
2 buah alpukat ukuran sedang
1 kuning telur
Madu, sesuai selera
Air, sesuai selera
Tepung beras (optional)
Blender
Sendok, gelas, mangkung kecil, piring kecil

What will you made from those things:
  1. Avocado juice
  2. Avocado hair mask
  3. Avocado face mask

 How to make it?
Pertama, siapkan blender dan potong 2 buah alpukat. Ambil daging buah alpukat menggunakan sendok, lalu blender dengan sedikit air. Ingat ya! Sedikit saja airnya.
Kedua, ambil satu sendok jus alpukat, tempatkan pada piring kecil. Tambahkan madu dan tepung beras lalu aduk hingga semua bahan tercampur sempurna. Jadilah Avocado face mask. Simpan di kulkas.
Avocado Face Mask
Avocado Face Mask ^^,
Ketiga, ambil gelas, masukkan madu secukupnya ke dalam gelas. Apabila hasil blending pertama terlalu kental, bisa tambahkan air lalu blender lagi. Bagi yang suka jus alpukat kental *seperti saya step ini bisa di skip. Langsung saja masukkan sebagian alpukat ke dalam gelas yang sudah berisi madu. Jadilah Avocado Juice. Simpan di kulkas.
Avocado Juice
Avocado Juice ;)


Keempat, pisahkan kunig telur dan putih telur. Masukkan kuning telur kedalam blender, aduk. Jadilah Avocado Hair Mask. Tuang adonan ke mangkuk kecil.
Avocado Hair Mask
Avocado Hair Mask :D
What should you do next?
Mandi, pakai sabun, cuci muka dan sikat gigi sampai bersih.
Basahi rambut, lalu aplikasikan Avocado Hair Mask dari pangkal hingga ujung rambut. Pijat-pijat kulit kepala selama 5 menit (atau lebih, kalau masih kurang :p). Proses pemijatan ini gunanya untuk relaksasi. Enak loh. Kalau saya sih ga ngitung berapa menitnya, malah keenakan mijit-mijit terus. Haha :D
Setelah selesai, bilas dengan air (jangan bilas pakai air hangat, nanti kuning telurnya malah mateng di kepala :p) lalu gunakan shampo untuk membersihkan sisa-sisa maskernya.
Keringkan badan, dan kulit kepala. Tapuk-tepuk rambut dengan halus menggunakan handuk. Setelah itu, biarkan rambut mengering secara alami. 
Aplikasikan Avocado Face Mask secara merata pada permukaan wajah. Diamkan 15-25 menit. Sambil menunggu, nikmatilah Avocado Juice. Sambil duduk-duduk cantik tenangkan pikiran dan bayangkan betapa nikmatnya hidup ini. Wkwkw
Maskeran pakai Avocado enak lho, bisa sambil diicip :p
Setelah 15-25 menit, bilas maskernya. Yang sabar ya, soalnya agak susah dibilas.

Manfaat buah Alpukat
Alpukat sangat banyak manfaatnya untuk kulit kita, buah ini mengandung monounsaturated fats dan Vitamin C yang bisa meningkatkan skin tone.  Buah ini juga punya efek melembabkan sampai ke lapisan epidermis kulit. Buah alpukat mengndung Omega-9 yang bisa mengurangi redness pada kulit kita. (wah, cucok nih buat ngilangin redness bekas jerawat)
Selain itu, alpukat juga mengndung banyak antioxidant caroteniod seperti alpha carotene, beta carotene, beta cryptoxanthin, zeaxanthin dan lutein. Senyawa antioksidan tersebut berguna untuk melindungi kulit kita dari radikal bebas yang dapat menimbulkan garis halus, kerutan, dan tanda-tanda penuaan lannya. Jadi, kalau saya boleh menyimpulkan masker buah alpukat ini sangat baik sebagai anti-oxidant sekaligus anti-anging.
Alpukat juga mempunyai segudang manfaat bagi rambut kita, diantaranya:
  • Sangat baik untuk conditioner.
  • Melindungi rambut dari bahaya luar.
  • Mengurangi rambut bercabang.
  • Menjadikan rambut lebih berkilau.
  • Menambah volume rambut.
  • Menutrisi kulit kepala.
  • Mengurangi rambut rontok.
  • Mengurangi ketombe.

Manfaat buah Alpukat yang saya tulis
diambil dari berbagai sumber.
Kyaaa~ pasti udah pada mupeng pengen cobain juga. Cobain yuk! Enak dan ga repot lho...

You May Also Like

2 comments

  1. bayangin avocado jadi masker wajah masih kebayang, tapi conditioner ... (aw lengketnya hahaha)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga lengket kok say.. enelan deh ciyuuus :D

      Delete