[Review] Roro Mendut Masker Jerawat Brotowali

By | December 26, 2014


Disclaimer:
This is sponsored review from CV. Magic Skin. Everything I wrote here is purely come from my own opinion and based on my own experience. No others interfere.
Each result may be different in other condition from other person.

Beberapa penampakan muka saya selama memakai masker ini:
menggunakan roro mendut masker jerawat brotowali


Salam cantik!
Kali ini saya mau me-review tentang produk masker lokal asal Yogyakarta atau Jogjakarta atau Jogyakarta? :p *bingung
Jadi ceritanya saya mendapat kesempatan untuk mencoba beberapa produk dari Roro Mendut, waktu itu saya lagi nge-lead Semoya Camp. Iseng-iseng buka email di tengah kesibukan saya sebagai camp leader selama dua minggu di Jogya itu, eh ada email yang isinya adalah ehm intinya brand lokal Roro Mendut ini memberikan kesempatan pada saya untuk mencoba beberapa produknya, antara lain:
  1. Lulur Rempah Hitam
  2. Lulur Manten Keraton
  3. Lulur Selulit Rempah Hitam
  4. Lulur Payudara Rempah Hitam
  5. Lulur Ketiak Rempah Hitam
  6. Masker Jerawat Brotowali
  7. Masker Rempah Hitam
  8. Ratus-V Celup Instant
  9. V-Scrub Rempah Hitam

Pas banget kan yah? Lagi di Jogya eh dapat kesempatan cobain produk lokal asli situ *yeay! Tapi ini udah dari September lalu dan baru bisa saya review sekarang. Sebenarnya baru ada tiga produk yang sudah saya coba, jadi belum semuanya yah. Reviewnya saya  buat satu per satu aja biar ga terlalu panjang :D.
Nah, produk yang dapat giliran pertama untuk di-review adalah Masker Jerawat Brotowali ini. Pertama lihat produk ini saya excited banget pengin buru-buru cobain, pasti udah pada tahu dong ya alasannya. Radar saya emang sangat sensitive kalau berhubungan dengan sesuatu yang bisa mengobati jerawat, secara saya sudah lama sekali desperate gara-gara masalah jerawat yang dengan anggunnya nempol di muka cantik saya ini. *ck, narsis!

Sekilas tentang Brand Roro Mendut
Roro Mendut Series merupakan produk perawatan kecantikan kulit dan SPA tradisional Yogyakarta. Produk ini diformulasi serta diadaptasi dari resep tradisional Keraton Yogyakarta yang telah terbukti berkhasiat untuk kecantikan.
Roro Mendut meng-claim pihaknya sebagai “the 1st Indonesian Traditional Organic Skin Care” merupakan perawatan kulit tradisonal pertama yang diformulasikan dari resep tradisional perawatan kulit khas Keraton.
Produk Roro Mendut memadukan khasiat dari teh hitam, rumput laut, rempah-rempah, dan ketan hitam organic yang terkenal dapat menciptakan keindahan sempurna pada kulit.
Source: roromendut[dot]co[dot]id
Tentang Roro Mendut Masker Jerawat Brotowali
Roro Mendut Masker Jerawat Brotowali merupakan perawatan tradisional khusus diciptakan untuk kulit yang berjerawat, pori-pori besar, dan berminyak. Memadukan tumbuhan brotowali, teh hijau, rumput laut, dan beras ketan putih organic yang berfungsi untuk membersihkan sebum, minyak berlebih, sel kulit mati penyumbat pori dan membunuh bakteri penyebab jewarat.
Packaging


kemasan luar dan kemasan dalam roro mendut masker jerawat brotowali
Packaging tampak Luar dan kemasan dalam
Bisa dilihat di gambar yah packaging-nya (40 gram) menggunakan kertas karton (mirip jamu) dan memang baunya juga seperti bau jamu. Pas paket ini sampai di rumah yang menerima adalah ibu saya, beliau pikir ini jamu :D *buat apa saya pesan jamu? :p
Warnanya hijau gitu, bikin mata segar pas ngeliatnya. Di dalam kemasan ada plastik untuk mengemas produknya. Masker jerawat ini berbentuk serbuk jadi kalau mau di pakai harus di-blend dulu sama air. Kalau saya biasanya pakai air mawar Viva, pakai air mineral juga bisa kok.
Menurut saya packaging-nya kurang safety yah, karena cuma pakai kertas karton yang lumayan tipis gitu, rawan penyok. Dan di dalam kemasan produk hanya di kemas dengan plastik jadi sekali buka ga bisa ditutup lagi. Ini kan bukan produk sekali pakai (satu bungkus bisa lebih dari  3-5 kali pemakaian), jadi menurut saya alangkah lebih baik kalau kemasannya tidak seperti itu. *hehe
Keadaan ini saya siasati dengan memindah semua sisa produk yang belum terpakai pada jar kosmetik agar aman dan khasiatnya tidak menguap :D *apa iya bisa menguap?
Ingredients
Organic Oryza Glutinosa, Green Tea Powder, Tinospora Crispa, Gracilaria Sp.
Doooh, saya ga terlalu familiar dengan ingredients-nya kecuali green tea powder. Tapi karena ini produk organic jadi ga perlu khawatir sama ke-amanannya yah.
Dan kerena ini adalah produk organic, expired date-nya juga ga lama-lama produk yang saya peroleh ini pun cuma sampai Desember 2015 *OMG! Buru-buru cek produk yang lain juga. Ternyata sama semua exp. Date-nya sampai Desember 2015 kecuali Ratus-V Celup Instant (Desember 2016)
exp date roro mendut masker jerawat brotowali

kemasan rangkaian produk roro mendut
Expired date
Saya shock permirsah! Sungguh baru inget buat cek tanggal kadaluarsanya pas nulis post ini. Buru-buru niat pakai semua produknya deh, mumpung bulan Desember belum habis. Kan sayang kalau ga kepaikai semua produknya *ketahuan ga mau rugi :p :D
Saya liat-liat di kemasannya kok produk ini belum ada no. BPOM nya yah? *hehe, no comment
Sebenarnya saya juga ga terlalu tahu perngaruhnya no. BPOM RI pada produk yang beredar di pasaran. Any ideas? Denger-denger sih kalau ada BPOM nya berarti produk ini aman digunakan (dan tersirat juga pesan seperti: kalau engga ada BPOM-nya berarti kurang aman atau tidak aman). Menurut saya ga juga sih, saya pakai beberapa produk dari Korea dan (pasti) ga ada BPOM-nya lah. Tapi aman-aman aja kok sejauh ini, meski ga tau juga efek jangka panjangnya.
Cara pakai
Campurkan bubuk masker jerawat brotowali secukupnya dengan sedikit air hingga mengental. Usapkan ke seluruh wajah, biarkan 15-20 menit hingga kering dan mengencang. Bilas dengan air hingga bersih.
PS: menurut pengalaman saya lebih mudah mengaplikasikan masker ini dengan bantuan kuas masker, karena tekstur masker ini agak kasar dan sulit sekali diaplikasikan pakai tangan.
cara menggunakan roro mendut masker jerawat brotowali dicampur dengan air
Tekstur setelah di blend dengan air mawar Viva
My opinion
Ini masker oke banget buat calming kulit yang berjerawat. Pas dipakai ada sensasi rasa dingin-dingin di kulit yang sejuk banget, mirip dinginnya paper mint tapi lebih mirip kaya air es yang dinginnya pas di kulit muka. Pokoknya seger banget deh. *kalau pengen tau persisnya, cobain aja sendiri! :p Efeknya dingin segernya cuma kerasa waktu maskernya belum mengering ya. Setelah mengering maskernya jadi kenceng banget, sampai mau senyum aja susah :p.
Setelah menggunakan roro mendut masker jerawat brotowali
Penampakan muka sesaat setelah pakai masker
Setelah di bilas, kulit muka jadi terasa lebih bersih, keset, lembut, dan lebih cerahan. Tapi jerawat dan redness di wajah ga bisa ilang. Mungkin karena ini produk organic ya, efeknya  agak lambat dikit dan mungkin untuk pemakaian yang teratur (dalam jangka waktu yang lama) bisa bikin kulit bebas jerawat. 
Saya pakai masker ini seminggu sekali dengan serangkaian perawatan facial ala rumahan yang rutin saya lakukan setiap seminggu sekali. (baca: YukCobain Facial Sendiri Di Rumah!)

Overall:
Saya suka sama masker ini, bikin jerawat kalem
(walaupun ga bisa secara langsung menghilangkan jerawat).
Bau-nya enak, kaya bau jamu gitu tapi seger.
Tapi saya kurang suka sama packaging-nya.

Recommended? Yes!

Rating: 8/10
(tanpa mempertimbangkan packaging) 



Yuk baca juga beberapa artikel tentang skin care.. 
Artikel body care juga sayang untuk dilewatkan loh.. 

You Might Also Like

19 comments

  1. Produk asli Indonesia nih dan juga alami, semoga bisa bersaing dengan produk-produk asing dan produk-produk pengguna bahan kimia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih.. semoga jumlah konsumennya meningkat biar bisa lebih eksis lagi nih produk lokal.
      ^^,

      Delete
  2. wah bisa berubah bentuk mbak hehe keren mbak mantap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo angkisland! :)
      Bentuk apanya ya yg berubah? Hehe
      thanks ud mampir k blog q ^^

      Delete
  3. Kemasannya mirip banget sama The Keraton Care punya ku mbak. Sama sama produk Jogja jg. Ribet banget yaa.. kalo msh sisa maskernya ga ada penutupnya gt. Kudu diplaster plaster..fiuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bnr bgt.. makanya aku buru2 pindahin isinya k wadah lain pas kemasannya ud kebuka, biar lbh safety.
      waah tnyta bnyk jg y produk2 lokal mcm ini, kamu ad reviewnya the keraton care g say? ;)

      Delete
  4. Ka penggunaan nya yg paling efektif setiap berapa hari sekali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Ilham.. :)
      Untuk masker bisas digunakan 1-2 kali seminggu ya.

      Delete
  5. Wah produk roro mendut ini udah lama ternyata ya -_- .. Aku baru coba buat jerawat :'v blm ada perubahan mungkin bner kt kk ini organik jdi lambat :D tpi nice ka 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udah lumayan lama :D
      Aku cobain ini sejak tahun 2014 lalu...
      Iya bener, lagian ini kan masker, kita gabisa berharap banyak cz doi cuma dipakai paling banter 2x seminggu :D
      Produk lulur dari Roro Mendut juga enak bgt lhoo, bikin nagih :p
      Kamu udah cobain juga blm?

      Delete
  6. Saya juga nyoba produk roro mendut yg brutowali dan rempah hitam, ini wajah dah lumayan mendingan,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah :D syukurlah klo gitu, bdw lulurnya roro mendut juga endess bgt lho ... *wink!

      Delete
  7. Mbak, ini yang jual dimana ya biasanya, selain online online gitu hehe mohon dibantu jawab ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau offline nya di Mirota Jogja ada mbak klo ga salah... sekarang juga sudah banyak yang jual online kok :)

      Delete
  8. akhirnya ada yg bahas produk ini...bikin purging dulu gak mabk
    ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kok, aku belum pernah purging kalau cuma pakai masker doang :p

      Delete
  9. aku juga pake yg buat jerawat, masker ini emang bikin jerawat kalem, meski perubahannya gak signifikan tapi aku suka soalnya gak bikin timbul jerawat baru, plus lebih berasa aman aja karena komposisinya sedikit dan bahannya alami :) soalnya aku pernah pake masker instan yg dalam bentuk krim gitu, eh malah jerawat tambah parah, mungkin karen kulitku emang rada sensi sama bahan kimia apalagi kalo komposisinya banyak. btw, reviewnya keren :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aw~ thanks anw..
      Bener nih kalau masker dari bahan alami emg gitu efeknya ga signifikan (kalau mau tau efeknya harus teratur pakai), tapi yang penting aman ya jadi ga malah bikin kondisi kulit makin parah :D

      Delete
  10. Kalau dipakai setiap hari bisa nggak kak?

    ReplyDelete