[DIY] Yuk Cobain Facial Sendiri Di Rumah!

by - December 15, 2014

Hi cantik ;)

Cobain facial DIY (stand for: Do It Youeself) sendiri yuk di rumah :).
Siapa yang suka perawatan? *angkat tangan sendiri*. Yupz, saya suka sekali perawatan, dari mulai perawatan rambut, muka sampai badan. Cream bath, hair mask, facial, luluran, sampai scrubing adalah perawatan yang menurut saya worth it untuk memberi penghargaan terhadap diri sendiri yang udah bekerja keras. Saya sih senang-senang aja kalau bisa melakukan perawatan di salon kecantikan dari ujung kaki sampai ujung rambut secara rutin minimal sebulan sekali. Tapi yang ada malah nanti dompet saya triak-triak karena penghuninya pada kabur semua. Muehehehe :)
Merawat diri sendiri memang penting ya cantik, tapi masih banyak hal yang lebih penting seperti pendidikan, makan makanan sehat dan bergizi, beli baju, tas, sepatu dan lain-lain atau sederet keinginan khas seorang mahasiswi yang kaya gini: ngejar target biar bisa dapet IPK 4 semester ini, belajar biar dapat score TOEFL bagus (minimal 550, paper based), Apply program PPAN (Pertukaran Pemuda Antar Negara), ikut program outgoing IIWC, apply scholarship buat S2 di Jepang atau di Jerman,  sampai saving money buat jalan-jalan ke luar kota sama mas pacar. Karena sederet obsesi super itulah saya harus berfikir realistis ya. Jadi dibanding mengalokasikan uang yang saya punya untuk hal-hal yang sifatnya tersier lebih baik saya tabung saja uang saya itu. Saving money for better future *sok bijak*.


Nah, untuk perawatan muka seperti facial yang sebaiknya rutin dilakukan minimal seminggu sekali itu saya lebih memilih untuk melakukannya sendiri di rumah, memang sih hasilnya gak semaksimal kalau kita perawatan di salon atau klinik kecantikan.  Tapi ada beberapa kelebihannya loh:

  1. Lebih aman karena kita bisa memilih dan memastikan sendiri produk yang cocok dipakai. 
  2. Lebih nyaman karena kita bisa menentukan sendiri komedo yang mau di keluarkan, sehingga kalau dirasa si komedo ini malu-malu dan gak mau dikeluarkan kita bisa sudahi saja karena kalau terlalu memaksakan kehendak nantinya si komedo ini bisa ngambek dan jadi jerawat yang meradang. Bener loh, pernah coba facial di salon kecantikan atau di klinik kecantikan? Nangis gak? Kapok gak? Atau malah ketagihan? IMHO: proses deep cleansing yang tidak lain adalah ekstrasi komedo dari pori-pori kulit kita, lebih mirip dengan proses penyiksaan. Sakitnya bo… bikin air mata saya meleleh. Apalagi kalau mbak-mbaknya terlalu vulgar a.k.a gak sabaran. Hahaha 
  3. Lebih higienis.  Kalau ini tergantung sama kitanya sih ya… 
  4. Lebih Murce. Of  course ya!
Sedangkan kekurangannya menurut saya hanya: kurang maksimal aja hasilnya.
Oke, langsung aja ke inti postingannya ya… di sini saya mau share step by step-nya.
Pertama siapkan alat dan bahan yang di perlukan. PS: seperti yang saya bilang tadi ya produknya bisa kalian pilih sendiri, di sesuaikan dengan kondisi kulit kalian.
Produk yang saya pakai antara lain:
  • Viva milk cleanser cucumber. 
  • Viva air mawar.
  • Masker jerawat brotowali dari Roro Mendut.
  • Hada labo ultimate anti-aging lotion.

Sedangkan alat yang diperlukan adalah:
  • Cermin 
  • Handuk 
  • Baskom 
  • Pinset 
  • Kuas masker
  •  Piringan kecil


Ohya, ada satu lagi nih yang diperlukan yaitu air hangat suam-suam kuku (yang kaya gimana ya? Pokoknya yang hangatnya itu pas) maaf kalo deskripsi saya kurang memuaskan :(.
Dari hasil pengamatan saya, proses facial itu bisa dibagi menjadi beberapa step yaitu:
Proses pembersihan
  1. Basuh kulit wajah dengan air bersih lalu keringkan. 
  2. Ambil viva milk cleanser cucumber secukupnya lalu aplikasikan ke seluruh wajah. 
  3. Lakukan pemijatan pada wajah dari mulai bagian hidung, terus ke atas kemudian tarik ke bawah. Lakukan gerakan memutar dari dalam ke luar di area pipi. Pijat dengan lembut area hidung dan dagu. Lakukan proses ini selama kurang lebih 15 menit. (FYI: efek dari pemijatan ini sangat menenangkan, memperlancar peredaran darah dan sekaligus membersihkan) 
  4. Bilas wajah dengan air bersih atau cukup memakai kapas. (PS: kalau saya lebih suka pakai air)
Proses penguapan
  • Kompres wajah dengan handuk yang telah direndam dalam air hangat. Proses ini bertujuan untuk membuka pori-pori kulit wajah agar komedo di kulit wajah lebih gampang dikeluarkan dan agar nutrisi dari masker dapat terserap secara optimal.
Proses ekstrasi
  1. Gunakan pinset dan sendok una (atau sendok tuna?) saya gak tau yang bener yang mana. 
  2. Caranya dengan menekan pinggiran pori-pori yang tersumbat, tekan sedikit kemudian urut ke bawah. Untuk komedo yang ga keluar secara sempurna kalian bisa pakai pinset untuk mencabutnya.
Maskeran
  1. Pakai masker sesuai kebutuhan kulit kita, tunggu 15-20 menitan. Sesuai petunjuk dalam kemasanmaskernya. 
  2. Kebetulan kulit saya sedang berjerawat (dan memang selalu ada jerawatnya :( walaupun cuma satu dua dan bekasnya itu lohh…) maka saya pakai masker jerawat brotowali dari Roro Mendut yang dicampur dengan air mawar dari viva. 
  3. Setelah itu bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit. Sebenarnya gak perlu benar-benar pakai air dingin sih, pakai air dengan suhu normal saja sudah cukup.

coba facial sendiri di rumah dengan bahan alamai

Step terakhir, aplikasikan pelembab.
  1. Yang terakhir, pakai pelembab untuk menghidrasi kulit. Pemakaian pelembab ini penting karena biasanya setelah maskeran kulit cenderung kering, makanya kita pakai pelembab supaya kulit kita gak dehidrasi. 
  2. Pelembab yang saya pakai adalah Hada labo ulitimate anti-aging lotion. Cara pakainya: tuangkan sedikit saja (satu atau dua tetes) ke telapak tangan kemudian usapkan ke seluruh permukaan kulit wajah sambil di tepuk-tepuk sampai produk meresap sempurna.
Fiuh, terimakasih sudah mau membaca postingan saya dari awal sampai akhir. Saya terharu :’) dengan usaha dan keuletan kalian yang baca postingan ini dari awal sampai akhir. *elah, lebay banget*
Semoga sedikit banyak ada manfaatnya buat kalian dan semoga kalian juga mau baca postingan-postingan saya yang lain. *ngarep banget*
Salam cantik,
Nuzha ;) 



Yuk baca juga beberapa artikel tentang skin care.. 
Artikel body care juga sayang untuk dilewatkan loh.. 

You May Also Like

5 comments

  1. proses ekstrasinya ditarik-tarik gitu sakit ga ka?masih ga mudeng caranya gimana proses ekstrasinya -- hehe


    Isthiutamid.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sakit say, makanya aku juga kadang mikir2 lagi kalau mau meng-ekstrasi komedo dari tempat persembunyiannya :D

      Delete
  2. Gimana hasil masker roro mendutnya selama ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maskernya enak pas dipakai adem banget di kulit.. mungkin karena ini organik ya jadi hasilnya ke jerawat aku ga terlalu noticed :)

      Delete
  3. wuaaa.. akhirnya dapet yang beginian :D hehe jadi ikutan lebay deh kak.. :D Itu btw kalo proses pengeluaran komedonya bisa pakai yang kayak biore pore pack gitu gak ya? abisan kalo pake sendok atau pinset aku takut malah sakit terus jadi iritasi..

    ReplyDelete