Skin Care Talk II: Tips Berhenti Menggunakan Krim Dokter

by - November 13, 2014

produk-produk yang saya coba hentikan pemakaiannya
Try to through it away?
Disclaimer: I just wanna share my opinion and my experiences when I attempted not to use some skin care products which are – in my opinion – dangerous.
This is my own experience and your experience might not the same as mine. Since everyone has their own story so, let’s be wise and do not make a stereotype ya! 



Hi ladies, how are you? Fine, huh? I do expect you are all fine as fine as my condition here.
Kalau kalian adalah pembaca setia blog saya pasti tau dong kalau Juli 2014 lalu saya pernah nulis tentang Skin Care Talk I: Natasha Skin Care. Iya, di post itu saya cerita kenapa (dulu) saya perawatan di Natasha (otomatis juga menggunakan krim dokter yang diresepkan oleh dokter natasha)? Kenapa saya memutuskan untuk tidak lagi perawatan di Natasha? Dan kenapa pula akhirnya saya memutuskan untuk tidak lagi menggunakan produk skin care dari Natasha?
Kalau kalian penasaran langsung aja capcus ke post itu, tapi saran saya sih mendingan baca dulu tips berhenti menggunakan krim dokter ini sampai selesai. Abis itu baca deh post-post saya yang lain. *ngarep banget*
Well, ladies untuk sebagian orang yang memliki masalah kulit seperti kulit berminyak dan gampang berjerawat, banyak yang akhirnya memilih untuk melakukan perawatan kulit wajah secara intensif untuk menghilangkan masalah itu ya. Tapi tunggu dulu... perawatan kulit wajah intensif yang seperti apa? Apakah menggunakan produk skin care yang di jual bebas di drug strore? Apakah menggunakan bahan-bahan alami? Pergi ke dokter kulit dan menggunakan krim dokter?  Atau perawatan di klinik kecantikan?
FYI: saya sudah pernah melakukan itu semua ya daaan hasilnya? Ya gitu deh. Mesti saya jelasin ya? Okay.., here we go:

Bermula dari –ketidak hati-hatian– saya memilih produk perawatan wajah yang dijual bebas di drug store akhirnya kulit menjadi berminyak, dehidrasi dan gampang berjerawat. Sebenarnya sih sah-sah saja kalau mau pakai produk yang dijaul bebas di drug store. Yet, you have to be careful to choose the suitable product you will use based on you skin type and condition. Intinya kalau kamu punya kulit yang berminyak ya kamu harus pakai produk yang khusus untuk kulit berminyak, atau kalau kulitmu lagi jerawatan parah kamu harus beli produk yang bisa mengobati jerawat –produk khusus untuk perawatan kulit yang berjerawat–.
Nah, singkat cerita karena dulu saya salah pilih produk akhirnya kulit wajah jadi break out parah… *sumpah parah banget* nah kondisi itu lah yang akhirnya membuat saya memutuskan untuk pergi ke dokter kulit dan berakhir dengan pengalaman saya perawatan di klinik kecantikan.
Ternyata eh ternyata pemirsa, itu bukan akhir dari pengalaman saya. Hasil yang didapatkan dari perawatan di klinik kecantikan memang sangat memuaskan. Marvelous!  Gak kalah marvelous-nya sama efek yang ditimbulkan. You have to remember that segala sesuatu pasti ada afek sampingnya ya! Baik buruknya efek samping tergantung pada hal yang kita lakukan. Dan biasanya segala sesuatu yang instant pasti punya efek samping yang gak enak.


To make it simple, I have to say that: setelah perawatan kulit wajah saya memang membaik, hampir ga ada jerawat lagi dan kalaupun timbul jerawat baru, tinggal oles krim jerawat aja 2-3 hari kemuadian jerawat lenyap tanpa bekas. Yes! Canggih kan? Tapi efek sampingnya kulit wajah saya jadi lebih sensitive sama sinar matahari. Warna kulit jadi kemerahan dan timbul spider vine di pipi kiri saya. Dan yang saya rasakan juga kulit saya jadi semakin berminyak. Belakangan saya baru tahu kalau itu adalah efek dari penggunaan steroid –sejenis bahan kimia yang saya sendiri juga kurang tau itu apa– yang jelas steroid itu efek jangka panjangnya sangat berbahaya. (Kalau kalian ingin tau lebih banyak tentang steroid dan bahan berbahaya lainnya yang biasanya ditambahkan pada skin care racikan pihak tertentu, langsung aja cek postingan tentang Skin Care Talk III: Skin Care Abal-abal dan Gajebo).
Setelah tau seperti itu kan saya jadi dilemma, mau lanjut pakai produk itu takut mau berhenti juga takut kulit jadi break out lagi. Tapi kalau di lanjutkan bagaimana dengan efek jangka panjangnya?
Finally, I made a decision to dismiss it. Iya, saya akhirnya memutuskan untuk berhenti. Tentunya gak serta merta berhenti ya, ada step-stepnya dan itu perjuangan banget :’).

Berhenti pelan-pelan

Untuk berhenti dari krim dokter memang ga bisa tiba-tiba berhenti gitu aja. Harus pelan-pelan. Kalau gak, bisa jadi kulit kita kaget dan malah kondisinya lebih parah. Dilepasin pelan-pelan aja ada waktu dimana kondisi kulit jadi parah banget apalagi kalau berhenti langsung dan tiba-tiba ganti pakai produk lain.
Ini yang saya lakukan: kalian pengguna krim dokter atau krim dari klinik kecantikan pasti tau dong kalau krim-krim yang harus kalian pakai untuk merawat kulit kalian jumlahnya pasti lebih dari satu kan? Nah, pertama-tama saya pilih dulu yang efeknya paling hebat, maksudnya dari krim-krim tersebut pasti ada satu krim yang kalau efeknya langsung kelihatan dan ada juga yang dirasa kurang berefek. *njlimet juga ya bahasanya*
Untuk krim yang kurang ngefek ini kalian bisa lepasin langsung. *kurang ngefek juga kan yah? Ngapain dipertahankan? :p*
Untuk krim yang efeknya ampuh, yang kalian lakukan adalah mengurangi intensitas penggunaannya. Misalnya: kalau kalian biasa pakai krim itu setiap hari, sekarang coba pakai dua kali sehari *eh maksudnya dua hari sekali setelah 1-2 minggu coba intensitas pemakaiannya dikurangi lagi jadi tiga hari sekali atau empat hari sekali. Setelah krim itu habis? Yaudah ga usah repurchase lagi.

Ganti facial wash dengan susu pembersih

Dalam masa berhenti pelan-pelan itu pasti bakal ada  masa dimana kulit jadi kusam, semakin berminyak dan timbul jerawat. Uhh pokoknya gak banget deh. Nah dalam masa-masa itu, kalau kalian belum nemu facial wash yang benar-benar cocok untuk kulit kalian, disarankan pakai susu pembersih dan toner ya… karena susu pembersih formulanya lebih ringan dari facial wash. Dan biasanya emang agak susah nemu facial wash yang cocok untuk kulit berjerawat, kebanyakan malah bikin muka kering. Karena muka kering, produksi minyak jadi nambah deh, padahalkan kulit berminyak itu salah satu penyebab timbulnya jerawat. Nah loh? 
Ini yang saya lakukan: rutin membersihkan wajah dengan viva milk cleanser bengkuang, terutama sebelum tidur dan setelah beraktifitas seharian di luar.
Update tanggal 3 Januari 2016:
Setelah sekian lama menjajal berbagai produk facial wash, akhirnya dengan bangga saya bisa merekomendasikan beberapa produk facial wash yang aman digunakan untuk merawat kulit berjarawat, antara lain: Himalaya Purifying Neem Foaming Face Wash, Acnes Foaming Wash, Acnes Creamy Wash dan Sari Ayu Busa Pembersih Jerawat. Pssstt semua itu adalah produk favorit saya, jangan tanya mana yang lebih baik di antara semua itu ya! Karena itu pertnyaan yang bikin dilema sekali dan saya bingung mau jawab apa kalau ditanya seperti itu. Lebih baik dicoba aja sendiri kalau merasa penasaran, dan tentukan sendiri mana yang lebih baik. :D 

Pakai gel lidah buaya

Gel lidah buaya berfungsi untuk menenangkan kulit kemerahan dan menenangkan jerawat yang meradang. Beberapa bulan setelah lepas dari krim dokter pasti akan ada efek yang iuwhh… gimana gitu. Intinya wajah bakal break out parah karena efek dari penyesuaian kulit dengan kondisi baru yang tidak lagi menggunakan bahan kimia konsentrasi tinggi. Dan efek purging juga, anggap aja kulit wajah kita lagi mengeluarkan racun dari zat kimia yang terkandung dalam krim yang dulu kita pakai.
Tapi untuk kulit sensitive dan alergi sama lidah buaya pemakaain gel lidah buaya ini gak dianjurkan ya… cara mengetahui ada alergi atau tidak? Tinggal oleskan lidah buaya ke punggung tangan, tunggu beberapa saat kalau gak ada reaksi alergi berarti aman.
Yang saya lakukan: petik lidah buaya dari kebun, bersihkan, kupas dan oleskan gel ke seluruh wajah hingga merata. Tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air sampai bersih.
FYI, saya hanya melakukan itu sekali. Karena meskipun kulit saya tidak alergi sama lidah buaya tapi kulit saya sensitive dan saya gak tahan sama efek gatal yang ditimbulkan. Ohya, dari awal saya lupa kasih warning kalau gel lidah buaya itu punya efek gatal kalau dipakai.
Update tanggal 3 Januari 2016:
Saya masih ingat ketika pertama kali saya memakai gel lidah buaya alami, pada saat itu kulit wajah saya terasa gatal sekali. Gataaaaaaal sekali.  Sampai-sampai saya ingin menggaruk kulit wajah dengan sikat lantai kamar mandi *okay, saya mulai lebay. Nah, pada kesempatan yang sangat mulia ini saya ingin menyarankan pada kalian semua pembaca yang budiman, *ini lebay ga sih? ;) hahaha. Well, saya menyarankan sebaiknya kalian pakai gel lidah buaya yang sudah jelas aman dan tidak menyebabkan rasa gatal yang berlebihan. Saya sarankan kalian googling tentang Aloe Moisture Gel dari Nature Republic atau dari Holika Holika. FYI saya pribadi belum pernah mencoba tapi beberapa review dari beauty blogger lain sangat bagus tentang kedua produk tersebut.

Sabar

Ini yang paling penting kalau kalian mau bebas dari krim dokter. SABAR dan tahan godaan untuk tidak kembali lagi ke jalan yang sesat. Maksudnya gak balik lagi pakai krim dokter.
Yang saya lakukan: saya selalu ingat kalau gak ada sesuatu yang instant di dunia ini kecuali mie instant! :p

Pilih produk drug store yang aman dan sesuai dengan jenis kulit

Kalau ini saya gak bisa banyak komentar ya… yang tau produk itu sesuai atau enggak sama kulit wajah kalian ya kalian sendiri.
Yang saya lakukan: saya pilih rangkaian perawatan dari Acnes Treatment Series
Update tenggal 3 Januari 2016:
Rangkaian produk untuk merawat kulit berjerawat pertama yang saya pakai memang Acnes, tapi seiring berjalannya waktu saya juga mulai melirik produk-produk lain yang berpotensi sama. Ada yang cocok ada yang tidak tapi so far semua cocok deh, mungkin bedanya cuma diefektivitasnya. 
Beberapa produk berikut mungkin bisa menjadi alternatif kalian: Mineral Botanica Acne Care Series, Sari Ayu Acne Care Series, beberapa produk dari Wardah Acne Care Series, Secret Key Snail Line, dan beberapa produk dari Himalaya Herbal. 
Sekian, semoga tips di post ini sedikit banyak bisa membantu kalian. Cheers! 


Yuk baca juga beberapa artikel tentang skin care.. 
Artikel body care juga sayang untuk dilewatkan loh.. 


You May Also Like

121 comments

  1. mbaknya brp lama pake natasha sebelum memutuskan utk off?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aki dulu pakai Ntsh krg lbh 3th nan, baru bs bnr2 lepas sm dia stlh 1th :( *hikz T^T

      Delete
  2. Tp itu konsul ke dokter dulu gak mbak pas mau berhenti...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga, aku ga konsul k dokter dulu. cuma modal baca-baca di forum female daily dan baca-baca review dan tips-tips dari internet gitu :)

      Delete
  3. Hai aku vee.. aku mau share pngalaman ak pakai cream dr natasha skin care.. aku pakai natasha kurang lebih 6 bulan, awal pakai langsung bagus dn wajah jadi cerah juga halus tapi jd banyak komedo.. dlu ak rajin pkai cream stiap hari, tp lama kelamaan aku tdk pakai stiap hari, dua hr sekali atau 3 hr sekali tapi wajah jadi gatal2 dan ada bintik2 merah seperti calon jerawat stiap kali gapakai cream.. akhirny aku sadar kalau cream itu bkin ketergantungan, ak jg konsultasi dngn dokter kulit yg merupakan ex dokter natasha skin care dan dia blg cream dr natasha itu bahaya bs buat ketergantungan karena dosis yg dimasukan k dlm cream natasha itu berlebihan drpd yg sharusnya shingga pakai cream itu 1mg sajah suda bagus..
    Akhirny ak putusin brenti pake natasha, tp trnyata muka aku jadi gatal2 merah2 perih dan timbul calon2 jerawat , muka ku jg jadi kusam tidak secerah biasanya.. sedih bngt pdhal muka ku sblm pakai natasha ga jrawatan dn uda 2mg belom sembuh.. kta kbnykan org ini adalah konsekuensi berenti dr produk natasha.. huhuuu aku nyesel bngt pake produk natasha, aku sih sarankan berhenti, tapi kalau sudha merasa cocok sm natasha yah gpp dipakai juga tapi jgn pakai cream ny tiap hari , harus ada jarak nya biar muka jg istirahat :):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, aku juga gitu. tapi sekarang aku udah lepas dari nat*sha :)

      Delete
    2. saya sdh seminggu off pakai produk natasha..efeknya jerawatan..kulit muka jd tdk beraturan. hadeuuuh...tp akhirnya kini saya rajin menggunakan masker tradisional tomat setiap pagi dan malam. alhasil kulit muka tdk terlalu parah jadinya.

      Delete
    3. Hallo there, tq ud mampir.
      Thanks jg ud sharing ttg masker tomat. Bs jd rekomendasi buat yg lain jg neh :D

      Delete
  4. Wah terimakasih banyak mba, sy jd dpt pencerahan nih. Btw mau tanya, mbaknya lepas dr cream dr. Udh brp lama ya? Trs skrg kondisi wajahnya sdh spt semula kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Farah, masama :)
      Aku udah 1,5 th lepas, alhmdll udah balik normal lagi kulit q :D

      Delete
    2. Kak mau tanya dong, pas ke klinik kecantikan nya itu udah facial juga? Please bales

      Delete
  5. haii mbg... aku jg prwatan di natasha.. dan skg lagi galau pngen brentii...rasanya sii gak cocok.. bkas jerawat di dahi gak ilang2 trus jrwat jg masih sring mncul.. dtmbah mncul bulu2 halus di area pipi...emank sihhh jrwatku gak sparah dulu.. nah skg akuu bingung takut kyag dlu lagi dan galaux lagii mukaku dikasih apaa ne..mhon pencerahanx yaa kakak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anggi..
      saran ku sih kalau emang bener2 mau berhenti, ya berhenti aja. segala sesuatu pasti ada resikonya, kaya aku dulu waktu berhenti perawatan n pakai produk ya muka purging sampe satu tahun lebih.
      Sekarang muka udah balik normal, walaupun masih ada jerawat 1 2 3 4 atau 5 biji atau lebih :D
      Yang penting kamu cari produk skin care dan make up yang sesuai sama jenis kulit kamu (apa dong?) jangan tanya orang lain, karena kamu sendiri yang tau apakah produk itu cocok untuk kamu apa enggaK :)
      rajin-rajin baca review produk n artikel ttg kesehatan/kecantikan kulit (terutama yang berhubungan dengan jerawat).
      kalau sempet, coba juga buat DIY produk, seru loh! :D
      PS: jangan mudah tergiur sama obat jerawat yang instan. karena di dunia ini gak ada yang instan, mie instan aj musti direbus dulu *apaan sih? ^^ (abaikan yang ini)
      hehehe, ok deh segitu aja saran dari aku, semoga bermanfaat dear :*

      Delete
  6. Saya mau berbagi pengalaman setelah 2 tahunan pakai natasha, akhirnya saya memutuskan untuk berhenti. Sebelumnya memang sudah ada niat berhenti tahun ini karena, akhir" ini jika saya ga rutin pake krim malem muka saya muncul brintik merah kecil kecil disekitar mata hidung dan area T,tapi setiap di oles anti iritasi besok nya udh hilang, tpi hal itu kembali berulang hingga akhirnya saya memutuskan untuk berhenti semua, setiap ada brintil merah saya beri minyak zaitun malah hasilnya tambah parah. Jadi saya rasa krim natasha itu membuat ketergantungan dan akhirnya saya datang ke dokter SPKK untuk mengkonsultasikan masalah kulit saya. Dan oleh dokter dia bilang mungkin dr kream yg sblmnya saya gunakan terdapat zat entah sreroid atau apa yg terlalu berlebihan dan tidak bisa di terima oleh kulit saya, sehingga mninmbulkan jerawat bercampur iritasi. Jdi saya menyimpulkan krim natasha membuat keergantungan untuk kulit saya. Mungkin setiap kulit memang tidak sama. Doakan ya semoga cepat sembuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Hilya ^^
      Iya gejalanya persis sama kya aku dulu. Aku pernah baca bhw steroid itu sifatnya memendam jrwt, jd kalau pas ga pakai jrwtnya keluar & bakal trs kluar smpe sisa jerawat yg dipendam habis.
      Steroid itu sbnrnya digunakan utk pengobatan jrwt jenis cystic acne (jrwt batu) dg cara disuntikkan. Jd steroid tdk boleh dipakai dlm jangka panjang. *cmiiw
      Iyaaa, smg cpt syembuh ya :*

      Delete
  7. Thanks bgt yaa info nya, aku dah hampir 6 bulan ganti2 obat dokter hasil Nya gak ada yg bagus,,, setelah baca artikel ini bener2 mau lepas dari obat dokter, muka aku makin hancur parah pake obat dokter. Gimana menurut kalian? Apa nanti kalo aku berhenti Makin parah atau gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. You are welcome dear,
      Wah ikut prihatin ya aku dg keadaan mukanya. Menurut q sih emg bener km hrs berhenti aj. Mending pakai produk drug store yg ud pasti aman. Ya, walaupun hasilnya g se'bagus' n se'instan' kalau kita pakai cream dokter atau klinik kecantikan.

      Delete
  8. Kak aq berhenti klinik kecantikan udah 9bln dan skrng masi jrwatan dimna2 padahal kulitq kering T.T aq pke klinik kecantikan slma 7bln dan efeknya lebih dari itu. Emng efek rebound kyk gini bisa hilang dan kulit menjadi normal lagi ya kak? Aq masi berharap bisa normal lagi kulitq kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Rima ^^
      Aku turut prihatin ya sm kondisi kulit km. Sorry to say yes for your question. Efek berhenti dr krim dokter emg gt.
      Kabar baiknya wajah km bs balik normal lg kok, asal km sabar n telaten ngerawatnya. Udah ada buktinya. FYI aku berhenti dr krim dokter ud hmpir 2th dan sekarang kondisi kulit q jd semakin baik :D

      Delete
    2. I feel better kak mkasi atas jawabanya untuk kalian sesama berjuang lepas krim dokter sabar ya aq jg dulunya gak jrwatan dan kulitq gak rewel tapi skrng jrawatq ada dimana mana tapi Akhirnya aq tau ada orang2 yg qt sayangi selalu ada buat kita semangat ya

      Delete
    3. Yokatta :)
      Smngt ya Rima! Dan yg hrs disadari jg adl bukan cm kita yg punya masalah, tnyta bnyk jg org di luar sana yg pny mslh serupa dg kita (bahkan lbh berat) itulah knp kita hrs sllu bersyukur *Eaaa :DD
      Rima bisa share ga, apa aja yg km lakuin smpe kondisi km membaik? :)

      Delete
    4. Kondisiq 3bln berhenti banyak jrwat kecil kecil dijidat aq cm make pelembab yg ringan dan rajin pake masker alami trs tiap mlem oles obt jrawat keadaan ini trs aja silih berganti kadang jrwatnya ilang tapi balik lagi trs aja gt 9bln tepatnya bln ini jrawatq kluar semua dipipi di dagu aq udah beberapa kali kdokter kulit tapi sama aja Akhirnya aq dkasi Cream dan aq gak mau make krn komposisinya tetep aja ada steroidnya skrng aq masi blm ketemu dokter yg tepat. Tapi tetep berusaha aq jg sempat down putus asa tapi selalu disemangati sama kluarga sahabat :')

      Delete
  9. Mba,aku minta saran dn titipanya mba aku mw off pke natasha aku br 2 mingguan kok dn gimana caranya buat netralisir produk itu jenis kulikulit aku berminyak sm semsitif mba, br make 2 minggu aja effeknya mukaku perih ada bruntusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Al, :D
      Tipsya ud aku kabarin d atas yaa.. Klau mau lbh intensif bisa line atau bbm aku aj, Insyllh q bantu kasih saran k kamu ^^
      Smngt ya!

      Delete
    2. Bisa mnta linenya gak pngn tanya2 ni

      Delete
    3. Langsung cuss DM ke Instagram aku aja mba :)

      Delete
    4. mbak Nuzhatul Ussak aku boleh minta alamat email mbak

      Delete
    5. Budayakan baca ya mba, alamat email ada di side bar blog atau di tab about us :)

      Delete
  10. Hai kak..
    Aku juga punya problem yg sama nih. Padahal awal2 pke produk natasha mukaku bersih, jerawat berkurang. Tapi 2 bulan terakhir ini malah jadi banyak banget jerawat bermunculan (after facial+ sinar biru). Pake creamnya rutin juga, tapi tidak membantu sama sekali :(
    Pengen mukaku dulu sebelum pake natasha T_T

    Skrg kaka pake apa ya creamnya dan facial washnya? Ap cuma pake cleansing milk saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Tanjung Biru..
      Huuaaaa sorry to hear that :(
      And so sorry to say that kalau km pengen kondisi muka balik normal lagi butuh waktu yg lumayan lamaaaa (aku butuh -+ 2thnan).
      Skrg pakai skin care dr drugstore smua.
      Essence booster dr Secret Key, Gel Cream buat pelembab dr Secret Key, UV Tint dr Acnes, bedak tabur dr Wardah. Untuk pembersihnya aku pakai beda2 sesuai kebutuhan skrg yg aku pakai: Milk Cleanse dr Acnes, Face Wash plus Make Up Remover dr HadaLabo, Citra Spotless White Facial Foam :D
      Smg bs membantu :)
      Stlh ini aku ad rencana mau nulis ttg itu kok ;) ditunggu yaa

      xoxo

      Delete
    2. mba sy udh hampir 2 thn pakai natsha tp belakngan ini udah jrang sy pke krim2nya,,niat udh mau berhenti tp msh bingung nantinya mau pake krim2 apa coba,,sekarang ajah muka sy bermnyak dan kusam klo ga pke krim2 natasha,, hayu dong mba ksh saran,,tengkyuuu

      Delete
    3. Hallo Ratna..
      Cb baca post aku yg ini yaa
      http://dhe-ujha.blogspot.co.id/2016/01/skin-care-talk-setelah-lepas-dari-krim.html
      Smg bs membantu :)

      Delete
  11. Kak halo aku yesi nih, baru aja 4 bulan pake nat*sha, tapi pengen berhenti, sekarang kan libur kuliah jadi mau mutusin untuk benar-benar berhenti pakai nat*sha, bisa kasih tips dan trick kak?
    jadi takut banget kalo baca di testi2 nat*sha gitu..
    minta bantuannya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yessi, sbnrnya km baca artikel di ats apa engga sih?

      Delete
  12. Hai kakak, aku juga salah satu pengguna natasha skincare dan kisahku sama persis kayak kakak, aku pake sejak aku Sma dan udah hampir 6th aku pake, tapi makin lama ga tau krim yg kadarnya berkuranh atau emg kulit muka aku yg udah mulai kebal hehe, semuanya beda jd ga kayak dulu, kayak pertama make, dan skrg aku lg nyobain lepas dr krim itu, sekejap lgsg aku ga pake, ini udah hari ke 4 aku mulai pake wardah acne series dan selama 4 hari ini, mukaku gatal bangett dan mrintis gtu merah merah ruam kecil, kak bagi info dunk gimana ngadepinnya? Kl di masker gtu boleh ngga? Kan kita sama" punya kulit berminyak dan berjerawat hehe^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Annisa ^^
      Wahh ud lama jg ya :o
      Iya boleh pakai masker asal sesuai sm type kulit km.
      Cb baca post aku yg ini
      http://dhe-ujha.blogspot.co.id/2016/01/skin-care-talk-setelah-lepas-dari-krim.html
      Smg bs membantu :)

      Delete
  13. Makasih infonya hehe, semoga bsa sukses lepas dri krim dokter. Sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Putri...
      Masama :)
      Senang sekali mengetahui kalau post yg aku tulis sangat membantu.

      Delete
  14. Kejadiannya mirip dgn saya, awal mula SMA muka saya ga pernah tersentuh produk apa2 cuma cuci muka clean & clear wajah msih natural, setelah msuk kuliah semester awal mulai menggunakan pelembab ringan saja&bedak padat, wajah msih natural tpi tdk cerah, saya mulai mencoba serangkaian lightening series dri wardah sekitar 1 bulan ada hasil yg cukup memuaskan wajah lebih cerah, mulus itu komentar org2 di sekitar sya dlm 1 bulan pun di barengi dgn rutin masker sari ayu bengkoang/ketan hitam/putih telur/minyak zaitun hasilnya luar biasa byk yg berkomentar muka sya mulus,tdk pernah muncul jerawat,
    Sya menyesal ketika mulai melirik krim dokter yg di pakai ibu sya 😢ku kira hsilnya akn lebih baik ternyata wajah mulai berminyak dan saat berenti total wajah muncul jerawat2 kecil bernanah terus menerus..skrg sedang breakout , ini karna sya jail mencoba2 krim dokter, wajah mulai iritasi, tipis , gatal & byk yg berkomentar wjah kmu yg mulus ko jdi merah berjerawat....sedihh, menyesal! Aku skrg sedang menggunakan lulur wajah nature organic yg greentea&ingin mencoba yg tomat jg..dan akn kembali ke skin care wardah ...semoga bisa kembali lgi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, I'm sorry to hear that. Smg kulit wajah km cpt balik normal lg ya :* #pelukdarijauh.

      Delete
  15. Mukaku dulu juga pernah rusak mbak gegara gonta ganti produk perawatan, akhirnya sekarang aku benar benar berhenti total dan kulitku kembali normal seperti sediakala. Tapi butuh waktu 2 tahun untuk bisa kembali semula. PD ajalah, sumber kecantikan gak melulu dari wajah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Alhamdulillah sekarang muka q juga sudah normal :)
      Bener banget tuh, apapun kondisinya kita harus tetap PD dengan keadaan diri kita ^harus selalu bersyukur karena masih banyak orang yang tak seberuntung kita dan ya! sumber kecantikan ga melulu dari wajah. :D

      Delete
  16. haii kak..
    aku lagi break out banget sekarang ..
    mash lagii perjalanan berhenti.. :(
    kadang sedih sendiri liat wajah ku...
    kadang mulai tergiur lagi untuk coba dokter lagii..
    huhu..
    give me motivasi kakk... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo sayang,
      kamu yang sabar yaaa *pelukdarijauh.
      jadi gini, pertama sabar adalah kuncinya dan jng mudah tergiur untuk balik lagi, cz klo balik lagi usaha selama ini bakal sia-sia.
      Dan ingat, yang punya masalah ini bukan cuma kamu seorang. (mungkin) ada orang yang lebih parah dari kamu.
      dan yang terakhir, ingat ini! "segala sesuatu ga ada yang instan, even mie instan harus dimasak dulu" :D *apahubungannya ya?
      ah, yasudah. pokoknya ttp smngt 45!!!

      Delete
  17. Ouggh noo...
    Aq baru coba natasha nii..
    Aq harus gimana nii..
    Bagii saran dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nia :)
      waah gimana ya?
      kalau menurut aku pribadi sih mending jangan diterusin. masih banyak cara lain buat merawat kulit wajah kita (pilih yang lebih aman aja).
      pengalaman aku pribadi dan pengalaman orang lain yang kurang lebih sama seperti aku bisa kamu jadiin bahan pertimbangan.

      overall, it's just my suggestion. you own your decision, dear :*

      Delete
  18. Sama pengalaman yg pernah aq alami breakout out dari cream skincare ini cukup lama aq rasakan setelah berhenti muka jadi ancur komedo jerawat muka kusam plek hitam di mana" ampunn dehhh sampe sampe sedih kalau liat muka di kaca sudah berobat ke dokter tapi hasil gak ada yg memuas kan udah coba berbagai merk obat jerawat yg aq coba gk mempan hingga pada suatu saat qq ketemu temen lama dan nyaranin pake obat jerawat racikan apotek di daerah ku karna ku pikir ini aman karna beli di apotik dan harganya lumayan murah waktu itu aq beli 60 rb obat nya berupa cream jerawat dengan pot yg sangat kecil sebenarnya pertama as gk yakin dengan obat ini melihat dari kemasan nya aja yg kecil dan biasa" biasa aja tapi apa yang terjadi seminggu setelah aq pake taraaa jerawat ku mulai pada kempes dan setelah pake 1 bulan bener" jerawat sembuh dan muka jadi value dan yg aq suka bekas" nya pun mulai menipis alhamdulilah walau pun kecil ni obat bener" sakti dan sekarang keluarga dan temen temen aq yg punya masalah jerawat pada pake dan hasilnya sama seperti aq bagi temen" yg mau coba cream jerawat ini bisa hub 081322354443 atau line ke @ asrisuwarno2 mudah mudahan ini bisa membantu dan obat 100% aman tidak bikin ketergantungan dan asli racikan apoteker ternama di daerah aq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fino sayang, kalau mau ngiklan ga di sini juga bisa kan? kamu salah kamar... pindah gih!

      Delete
  19. kak aku udah 2 bulan pakai natasha tp kulit gada perubahan apa apa tetap aja jerawatan, kusam. malah jd sensitif, merah2 dan abis pake krim itu langsung berminyak abis. kepikiran mau berenti tp masih mau coba lihat hasilnya dulu.
    eh aku udah mulai ga sabar sih dan mulai ngelirik yang mineral botanica. gimana sih kak cara pilih skincare yg cocok dari drugstore ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar Dear, sabar... kalau mau hasil bagus ga ada yang instan.
      IMHO, kalau pun kamu ganti produk perawatan hasilnya juga ga secepat yang kamu bayangkan. Kulitku aja bisa balik normal butuh waktu 3 tahunan, pasca berhenti dari produk dan perawatan N*tasha.
      Pilih produk drugstore yang cocok gampang-gampang susah dear, pertama kamu cari info dulu sebnayak-banyaknya (bisa dari googling dan baca-baca review produk). Pastikan formulasi produk yang akan kamu pilih sesuai dengan jenis kulit kamu, kemudian cobalah dan lihat hasilnya. 1-2 minggu sampai satu bulan, kalau cocok lanjtkan, kalau tidak cocok hentikan.
      Kalau timbul reaksi alergi seperti kulit memerah, kering dan gatal sebaiknya langsung hentikan pengguaan. ^^,

      That's it. Semoga bisa membantu :)

      Delete
  20. Kak aku dulu seneng bgt kalo perawatan di skincare. Hasilnya emang cepet bgt tp ke kulitku jadi merah bgt kalo kena sinar matahari. Hampir 4tahun perawatan di skincare. Dan aku gonta ganti skincare kak mulai dari dr.milany lalu langsung lanjut ke ella. Ke ella kulitku tambah parah bgt merahnya. Lalu aku berhenti dan pindah ke intan skincare. Gak merah sih kak tp hasilnya lama bgt. Dan kulitku jadi kusem kalo di intan. Akhirnya aku berhenti skincare. Dan sekarang pakai krim temulawak yg dari malaysia. Emang gak putih sih kak tp bersih. Baru pakai ini selama hampir sebulan. Tp kok malah timbul jerawat ya kak? Timbul 1-2 gitu i. Aku kan risih makane sering aku pencetin jerawatnya. Dan setelah aku review dan googling ternyata krim temulawak belum terdaftar di bpom. Dan itu gak ada tanggal kadaluarsa nya kak. Aku pengen berhenti. Tp bingung mau cari kosmetik yg aman. Kalo bisa herbal aja sih kak. Gimana ya kak enaknya ? Mohon solusinya kak. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaamoun dek, kamu umur berapa? Lain kali tiati ya kalau mau produk perawatan wajah. Jangan tergiur sama hasil yang cepat dan bagus.
      Tipsnya kalau mau pilih skin care:
      1. Pastikan formulasi produk sesuai sama jenis kulit kamu.
      2. Cari review sebanyak-banyaknya.
      3. Coba dan lihat hasilnya.

      xoxo

      Delete
    2. Aku skrg umur 20th kak. Emmm. Kalo ibuku suruh aku nyobain yg wardah kak tp yg acne treatmen series. Iya kak skrg malah jadi gak terlalu perduli sama muka. Orang orang jaman dulu juga gak ikut perawatan justru malah kulitnya bagus bagus kak.. rahasianya apa ya ?? Emmmm.... kalo kakak sekarang pakainya apa kak?? Aku juga lg googling banyak bnyak produk sih kak buat nyobain yg lain

      Delete
    3. Iya coba dulu aja wardah yang acne series.. jng lupa cari review dulu.
      rekomendasi lain produk acne series yang worth to try:
      Acnes Treatment Series
      Mineral Botanica Acne Care Series
      Biokos
      etc..
      yang mineral botanica sama acnes ada juga lho review-nya di blog ini. ^^

      Orang jaman dulu kulitnya bagus karena makanan mereka terjaga, gaya hidup mereka jauh dari stress, mungkin juga kerena jaman dulu udara masih bersih n minim polusi, orang jaman dulu juga ga males olah raga: jalan kaki, bersepeda dll. :D
      http://goo.gl/WrHRdC buka link ini aja kalau kamu penasaran sama produk yang aku masih aku pakai sampe sekarang.


      xoxo

      Delete
  21. Wah sama sekali sama saya mbak. Awalnya muka ku bagus cuma ada flek hitam 1/2 , aku perawatan pun karna tergiur sama temen temenku yg pada perawatan. Disamping pekerjaan saya perawat saya pun ingin terlihat bersih dg pasien sy. Daaan aku aman aman aja bersih banget awal pake natasha. Tapi lama kelamaan aku males buat cuci muka malem, dan sering kelewat dan akhirnya tumbuh bintik2 kecil. Awalnya biasa aja, karna aku pikir itu hanya biang keringat. Tapi lama kelamaan itu banyak malah bruntusan mukaku. Yaallah sedih bangettt muka ku perasaan cantik cantik aja dlu sebelum perawatan sekarang muka ku ancur banget banyak jerawat masyallah, kesel banget sama skin care ntsh. Trs aku pindah skrg ke werisa skin care alhamdulillah semua baik baik aja walaupun belum balik semula. Kira kira kalau berenti baiknya pakai apa yah yg cocok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Avi, sabar yaaaa... aku tf semangat dari sini! heuhehe
      Aku juga gatau skin care apa yang bakal cocok di kulit kamu. Karena efek skin care di setiap orang beda-beda dan emeng agak susah nyari skin care yang cocok. Banyak yang bilang cari skin care yang cocok sama susahnya dg cari JODOH! lol
      Tapi aku ada sedikit tips nih buat kamu: kalau pilih skin care pastikan formulasinya sesuai dengan kulit kamu. Kuncinya itu aja sih, kalau sudah dikira sesuai, cobain aja. Nanti kamu tau sendiri hasilnya dan jangan lupa baca review mengenai skin care yang ingin kamu coba itu. :D


      Semoga cukup membantu. Fighting!

      Delete
  22. Hy Kak! aku ga tau apa yg terjadi sama muka aku saat ini hua! Aku udh make natash* selama kurang lebih setahun, krn nerusin study keluar secara tidak langsung aku harus berhenti make natasha dan juga kayanya kulit wajah aku udah bosen. Aku udh mulai berhenti pake produknya sejak sebuln lalu which is bertahap dan sekrang udah berhenti sama sekali. Well, i really need ur help kak. Muka ku skrg lebih jadi kering dan area pipi mulai merah2 gt pokoknya ga bnget deh! Mau beli facial wash atau move to another product malah takut nnt salah langkah. Tolong kasih advice ya kak, akunya harus ngapain... bcs ga banget kmrn kulit wajah udh mulus ehhh skrg jelek lagi. Thank you! Have a nice day~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there Pooch! :)
      Okay. Well, based on my experience (ehm..) kondisi kulit wajah kamu yang saat ini adalah kondisi rebound pasca lepas dari produk tertentu (baca: produk dari ntsh*). Jadi, ini sih spekulasi aja dari aku based on my personal case study: karena produk yg sudah tdk km pakai tsb mengandung steroid yang efeknya memendam jerawat. (steroid ini emg dipakai untuk pengobatan jerawat batu atau cystic acne tp penggunaannya harus dibawah pengawasan dokter dan tidak boleh digunakan lebih dari if i'm not mistaken selama lebih dari 7 hari)
      Nah, karena produk skin care yang mengandung steroid tsb kamu pakai setiap hari akhirnya pas berhenti efeknya spti yang kamu rasain itu.
      .
      .
      .
      Jangan takut, kamu coba aja produk drug store yang formulasinya sesuai dengan jenis kulit kamu. Seperti facial wash rekomendasi dari aku sih: Himalaya Neem Foaming Facial Wash. Jangan lupa pakai toner yang sesuai juga sama jenis kulit kamu, do not skip sun-cream and moisturizer dan lebih baik kamu pakai loose powder aja.
      Okay, segini dulu aja. If you need further information, please do not hesitate to reach me through my contacts.


      xoxo
      Nuzha

      Delete
    2. Hello (again) Kak, btw aku sendiri ga tau tipe kulit aku apa skrg.. hidung dan dahi oily but sekitar bawah mata dan bibir itu kerringg bgt. so would u mind to suggest me product apa yg bagus buat toner dan moisturizer? im planning to use TBS hehehe. and also menurut kakak, aku udh boleh "aktif"lagi ga sih make makeup yg "ringan" bcs takut makin worth. Thank you! have a nice day :)

      Delete
    3. IMHO, kulit kamu mungkin juga oily sebenarnya tapi karena dehidrasi jadi di area tertentu kering gitu.
      Kamu sering2 aja pakai pelembab dan jangan terlalu sering mencuci muka. :)
      Ini nih rekomendasi toner dari aku:
      Viva face tonic bengkuang, green tea atau lemon.
      Acnes Oil Control Toner.
      Mineral Botanica Acne Care Toner.

      Kalau moisturizer yang paling recommended buat kulit berminyak sih ini Secret Key Snail Gel Cream atau produk lain yang teksturnya gel, cz enak bgt, ringan dan ga lengket.
      TBS bagus tuh apalagi yg seri tree tea nya (tapi aku sndiri blm pernah coba :D)
      Gapapa sih kalau kamu mau pakai make up tp jng males bersihin make up kamu sampai bnr2 bersih ya.. aku juga buat make up daily pake bb cream, loose powder sm blush on but so far so good sih. :)

      Delete
  23. hai.aku ani.mau bagi cerita ini.kmren saya habis dilaser tu krna ada bintik2 penuaian dini dimuka saya,jadi cuma dikasih crem buat keringin luka dimuka saya.setelah itu satu minggu ngak pakek apa2, saya dikasih crem pagi malam.aku baru 2 minggu pekai cream natasha.tapi muka saya makin berminyak trus pori2 saya makin terbuka,trus muka saya makin menipis,kayak ada luka dibawah mata saya,kalau terkena matahari perih.hari selasa kmren saya coba berhenti.trus timbul bintik bintik nanah kyk jerawat gtu.cara mengatasinya gmna ya? saya dikasi siih cream anti iritasi dari natasha,tapi saya udh ngak mau makek yang berbau natasha lagi.mohon bantuan nya dong?muka saya jadi kusam.nyesal kali pakek crem natashanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ani, sarannya sudah aku tulis di komen sebelumnya ya.. semoga bisa membantu :)

      Delete
  24. Kak dlu aku juga perawatan di na*va gre*n , nah setelah wajahku bersih bgt kan krimnya habis la pas habis aku gak beli lagi , e malah seminggu kemudia bruntusan dan sekarang jerawatan parah beda sama sebelum perawatan , terus solusinya gmna ya kak ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo there! kamu cowo ya? :D
      Pertama kamu perlu tau alasan kenapa kamu jerawatan parah adalah karena kamu berhenti pakai krim2 yg biasa kamu pakai. Terus gimana? Mau balik pakai lagi? Yaa terserah sih, tapi saran aku JANGAN!
      Aku pas awal2 lepas dari krim perawatan dr *tuuutt* (sensor) juga gitu, itu wajar. Nah, karena aku sudah bertekat bulat untuk berhenti, jadi aku berhenti tidak balik lagi memakai krim tersebut. Konsekuensinya? Ya muka ku jerawatan parah! PARAH banget. Kalau ga percaya, lihat foto aku di sini. Kalau udah gitu, solusinya? Aku bisa apa? Cuma bisa sabar aja, sambil mencoba cari produk perawatan lain yang sesuai sama kulit q.
      Alhmdll, selama kurleb 2-3 tahun berjuang akhirnya kulit q balik normal lagi :D

      Delete
  25. haii kakk.. thanks atas postingannya :D kebetulan aku jg pake natasha. kalo ga salah udah 2thn lebih. nah sekarang nihh lagi galau2nya kepengen brenti deh rasanya dn ganti skincare lain. well setelah baca ini mlh ga pengen ganti skincare tp pgn brenti aja heheee. masalah kulit aku sih sebenernya cm kusam aja awalnya. pake natasha awalnya emg baguss bgt tp makin kesini kulit malah jd merah cenderung item. emg sih ga gitu kusam mungkin krn efek kulit skg berminyak. kalo dlu kering bgt, dn seperti yg lainnya jg efek kalo pas gapake nya sama.. gmn dongg... mau brenti tp mau nikah kan ga asik jg kalo wajah pas lagi purging/break out :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga, klo gt mending berhenti setelah nikah aja jeng...
      Perawatan di Nat*sha (chemical peeling) bisa buat ngilangin purging e sementara, aku jg klo ada event penting mau coba chempeel lg tp masih maju mundur sih 😂
      Nah kalau mau berhenti pakai produknya, gbs lgsg berhenti gt aj harus pelan2.

      Delete
  26. Assalamu'alaikum
    Kak aku mau nanya nih.. Kalo cara pemakaian gel obat jerawat sana gel penghilang bekasnya boleh dipakai bersamaan nggak kak..? Apa harus dipake satu persatu dulu..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wlkmslm
      Sebaiknya pakai obat jerawat dulu baru stlh sembuh jerawatnya pakai gel penghilang bekas jerawat yang kemerahan.

      Delete
    2. Ouh makasih ka..
      Ka saya mau nanya lagi nih.. Rencananya saya mau di bawa ibu ke tempat skin care (bukan natasha) (prediksi hari kamis) setelah saya baca artikel2 kakak diatas tadi jadi ragu antara iya atau tidak jadinya.. Saran kakak gimana..?
      Tolong jawab ya kak, soalnya kakak yang udah punya pengalaman skin care.. Aku gk mau wajah ku nnti jadi tambah rusak..

      Delete
    3. Kak sekalian minta referensi sabun muka yang cocok untuk kulit berjerawat & berminyak kak..
      Tolong ya kak.. Referensi ajah bukan saran.. Ok :D

      Delete
    4. Aku sih udah gamau pakai produk dr klinik perawatan mana pun, tp kalau treatment nya sih boleh sekali-kali itu jg aku pertimbangkan berulang2 dan bnyk baca review org lain.
      Kalau kamu ragu mendingan cari review dl d Google.
      Rekomendasi sabun muka atau facial wash untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat sdh aku tulis di post ini ya..

      Delete
  27. Makasih banyak kak.. Atas pencerahannya, semoga kakak jadi orang yang sukses, rezekinya lancar slalu, & sehat slalu Amienn sekali lagi makasih banyak kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... makasih bgt lho udah didoain yang baik2, smg kamu jg yaaa :D

      Delete
  28. hai.. assalamualaikum mau sharing juga sekaligus minta pendapat. aku juga termasuk salah satu yg sering gonta ganti produk nih. awal pake produk ponds tapi malah jerawatan kecil kecil sama merah merah di pipi. langsung di bawa ke dokter kulit tapi kulit berada jadi kusam sama gelap. akhirnya ke klinik natasha. bagus sih jadi cerah cuman serem juga pas awal perawatan tiba tiba muka jadi kelewatan putihnya. makin sini makin baik sih cuman muka jadi berminyak abis. karna kayak git makenya jadi jarang jarang (selain karna nguras dompet juga udah mulai ga betah males pakenya). sampe akhirnya lepas dr natasha. seminggu free dr natasha mulai pake produk garnier sampe sekarang. alhasil mukaku jadi kusam sama sedikit kering. bingung nih mesti kayak gimana :'( ada saran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produk garn*er yang kamu pakai udah sesuai dengan jenis kulit kamu belum?
      Kalau emang ngerasa gak cocok sama satu produk mending ganti aj, cari produk yg kira2 bakal cocok dg jenis kulit kamu. Banyak baca referensi, baca review, search google dll.
      Saran aku di atas juga bisa kamu coba, intinya coba2 aja n ga usah takut.:)

      Delete
  29. Hai kak salam kenal kak gini aku mau minta nasehat dong kak jadi gini kak duku itu nukaku rada gelap kak yerus berjerawat gitu nah saat aku umurnya 15 tahun aku coba pakai cream temulaeak kak aku pakai udah sekita 5 sampai 6 bulanan kak sampai sekarang ini terus aku mau berhenti kak soalnaya putihnya pucat gutu selain itu tkut ketergantungn nah sekarang aku mulai berhenti ka tapi muncul jerawat satu atau dua gitu kak sekarang aku mau usahain lepas pelan pelan kak. Kak bisa kasih saran gak produkapa yang aku pake biar mukaku tetep putih tapi gak pucat sama buat ngatasin jerawat gitu kak makasih kak

    ReplyDelete
  30. Replies
    1. Hi Riana,
      Maaf baru bisa response..
      Temul*wak itu abal sayang, kamu ga usah lepas pelan-pelan lgsg buang aja :( sayang sama kulit kamu.
      Buat obat jerawat kamu bisa pakai vitacid, benzoyl peroxide atau clindamycin phosphate (merk Medi-Klin). coba search dulu di google cari reviewnya.
      .
      .
      .
      jangan lupa pakai sunblock kalau kamu pake salah satu dari obat yg aku sebut di atas.
      Biar muka kamu gak kusam, kamu pakai produk dg label brightening. Peeling juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah.

      Saran aku kamu fokus dulu buat ngobatin jerawat, kalau jerawat sudah sembuh baru bisa pakai produk brightening.


      OK, smg membantu :)

      Delete
  31. Assalamualaikum ukhti , kak aku pengen berhenti pakai Natasha soalnya kok kulit pipi sedikit kelihatan pembuluh venanya gitu , trs sering mengelupas tkut penuaan dini , tp kalo berhenti pasti sekitar T muncul bintik bintik kecil merah banyak ,nah kak rencananya mau ganti ke kefir kalo enggak larisa tp larisa juga bikin kulit tipis , enaknya mana ya kak ? Kalo ke masker kefir trus krim yg bagus buat ngimbangin apa ?wardahkah ?kulitku gak Insyallah jenis normal, thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wlkmslm..
      Kalau pengen berhenti gpp, tapi harus pelan-pelan. Lar*sa L*C atau Nat*sha dan klinik-klinik kecantikan lain pasti punya kriteria yang sama, semua ada sisi positif dan negatinya. Kembali lagi itu smua terserah sama kamu sih.
      Ohya, aku baca-baca masker kefir itu bagus buat detoks lhoo.. kalau dipakai teratur pasti ada efek baiknya lho buat kulit. Coba aja, rencananya aku juga mau coba pakai masker kefir :))

      Delete
  32. Kak jerawatku udah agak hilang tapi aku bingungkak cream pencerah atau pemutih yang aman apa yah kak request produknya yah kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalau gitu...
      Aku sendiri ga pernah pakai cream yang fokus buat pencerah atau pemutih. Kalau aku lebih suka pakai peeling atau exfoliator seminggu 2-3 kali buat angkat sel-sel kulit mati, jadi wajah kelihatan lebih cerah.
      Coba aja Naturecia Brightening Exfoliator.

      Delete
  33. Kak, aku dulunya jerawatan, terus pas kelas 2 SMA diajak kakak ke madani skin care, hasilnya bagus deh, aku lanjut terus sampai 10bln, eh jerawat mulai muncul, tapi gak banyak sih. Ok aku putusin buat konsul ke dokternya, sama dokternya dimarahin dan bilang, "kenapa gak pernah konsul sebelumnya? Padahal ini kalau sudah lewat 6bln harus berhenti, ganti krim." Akhirnya aku dinetral sama dokternya, gak pakai krim selama 2 minggu, abis itu disuruh facial, dan baru boleh pakai krim. Setelah 2 minggu itu, aku facial dan balik ke krim lagi, sampai sekarang (udah kurang lebih 3bulanan sejak dinetral) kulitku membaik, tapi nggak seputih dulu sih. Aku suka skin care ini soalnya efeknya emang gak terlalu cepet kayak skin care lain. Tapi, pas aku baca komposisi facial washnya eh ada paraben2 gitu. Sekarang udah 2 hari ini gak pakai facial wash sama krim malam. Aku bingung mau pakai facial wash apa, jadi aku sementara cuci muka pakai air mengalir sambil sabar mijit2 aja. Trus baru 1 hari aku coba gak pakai krim pagi. Tapi aku masih pakai sunblocknya.
    Menurut kakak aku harus gimana ya? Aku masih kelas 3 SMA dan gak pengen ketergantungan sama skin care manapun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bingung dek, jd km maunya gmn? Klo mau berhenti ya pelan2 aj.. tp klo mnrt km cream dr madani itu bagus y d lnjt aj.
      Klo g mau ketergantungan cream dokter cb gnti aj skin care km dg produk drugstore.. rekomendasi produk ud aku tulis di post yaaaa.

      Delete
  34. haii mbak, aku lagi ngalamin masalah yang sama nih, alias ketergantungan sama cream malemnya natasha. sebenarnya gak ada masalah sama kulitku selama pakai natasha cmn pas 3 hari aku gak pake cream malemnya muncul lah bintik2 merah di muka sama bawah mata. Terus aku perhatiin muncul bulu2 tipis di mukaku. akhirnya aku mulai stop pake natasha, dan ini uda seminggu aku stop. cuman semakin kesini aku gak sabar ya, soalnya bintik2 merahnya semakin banyak trs mukaku jadi merah banget :( aku sebenarnya pgn kyk kamu jd ttp pake cuman dkurangin intensitas pemakaiannya, tp takut nnti bulu2 di muka makin bnyk. kamu gimana ya? kalau malem pas gak pake cream malemnya kamu pake apa ya? trs skg setelah uda bener2 lepas uda better blm mukanya? thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai nown, Aku sekarang udah bener-bener lepas ya dari produk X itu. Sekarang kalau malam aku cuma pakai rose water plus tea tree oil. Alhmdll wajah ku much more better than before. :)

      Delete
  35. Hay ka aku mau tanya, aku baru pake skincare dari dokter wahyu, tapi udah 1 bulan aku pake muka malah semakin kusam dan berminyak, tadinya muka aku jenis muka yang kering. Menurut kamu harus aku terusin atau berhenti ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Overall terserah kamu, tapi menurutku mendingan berhenti aja.

      Delete
  36. Hai kak, sekarang muka aku lagi break out ni setelah -+ 3 minggu berhenti pake krim dokter n*w, sebenernya udah mulai ngerasa timbul jerawat bruntusan itu setelah 4-5 bulan pemakaian krim dokter itu, tapi masih aku lanjutin terus sampe akhirnya aku konsul lagi ke dokternya dan disuruh ganti krim karena krim yg dulu mungkin nggak cocok sama kulit aku, eh setelah dua minggu pemakaian krim baru, aku ngerasa nggak ada perubahan sama sekali, yaudah aku putusin berhenti pelan-pelan. Nah, setelah 2 minggu berhenti, mulai muncul banyak jerawat di jidat, banyak banget, padahal sebelum perawatan ke dokter, muka aku bener2 nggak ada jerawat sama sekali dan niatnya cuma untuk mencerahkan aja. Setiap kali ngeliat muka aku dikaca sekarang, rasanya tu mau nangis :( kaya ngerasa bersalah sama muka aku sendiri :(
    sekarang cuma bisa sabar, usaha, dan berdoa supaya kulit muka aku bisa balik normal kaya dulu lagi. mungkin emang lagi ditegur sama Allah karena kemaren kurang bersyukur sama apa yg aku punya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ya dek :*
      Aku tau gimana perasaanmu. Good Luck!

      Delete
  37. Coba aja bagi yg muslim/mah pengobatan dengan puasa senin kamis atau puasa daud, inshaAllah obat terbaik, aku pengalaman udah ganti" produk, skin care kyk n*t*s* dan dokter kulit, skrg pelan" berhenti tidak pakai produk" itu, Alhamdulillah sembuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Boy, :)
      Wah bagus juga tuh sarannya, cuss deh akh dicoba buat yang muslim n non muslim juga. Stau aku di agama lain juga mengenal istilah puasa. cmiiw

      Delete
  38. Assalamualaikum, aku baru pertama kali pake produk dokter dari laz*ta baru sembilan hari , dan ya aku ga tau ini purging atau ga cocok , lumayan ada jerawat kecil kecil putih di dekat mata dan mulut , kan aku jadi takut .. Padahal aku make nya ha deket situ , dan aku mau lepas pemakaian selagi baru dan belum terlalu lama di kulit .. Mohon sarannya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam..
      kalau mau lepas gpp, yang penting perlahan dan tau produk penggantinya. Untuk obat oles jerawat kamu bisa pakai tea tree oil sama minum supplement kulit juga lumayan bisa membantu. :)

      Delete
  39. Mau nanya dong, kan aku udah 4 bulan pakek natasha, nah ini mau berhenti pemakaian nya, cara pelepasan krim nya kan seperti yg di bahas diatas, trus buat facial wash nya tetap facial wash natasha setiap hari atau gimna? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku cari face wash dari drug store yang cucok sama kondisi kulit dear :*
      Mungkin kamu bisa coba:
      Acnes Foaming Wash
      Acnes Creamy Wash
      HadaLabio
      Atau Acne Care dari Mineral Botanica

      Delete
    2. sebelum pakai natasha aku pakai ponds, kalau ponds bagus gak? swalnya muka aku dulu gak jerawatan cuman kusam plus komedo -_- dan itu gak ada masalah ya kalau facial wash nya gak natasha sedangkan krim nya kan masih natasha?

      Delete
    3. Kusam karena jarang peeling atau pakai masker mungkin...
      Kalau dulu sih aku gapapa masih oke2 aja. Kalau menurut kamu cocok ya pakai aja :)

      Delete
    4. oke makasi ya info nya, sangat membantu :)

      Delete
  40. Kak... boleh bagi id line nya gak? Atau pin. Aku mau tanya-tanya soal jerawat soal nya Kakak kan udh pengalaman.
    Aku masih remaja, 16 tahun nah tiba-tiba jerawat ku muncul parah sekali bahkan numpuk-numpuk jerawaatnya sampai kayak koreng gitu di pipi kanan kiri. Sangking gak wajar liat nya aku pun pergi ke Natasha, disaranin sama sepupu aku. Nah keesokan harinya setelah coba krim malam natasha aku tuh panas and gatel. Aku cari deh di interneet baca reviem orang soal klinik Natasha. N jeng2 banyak ketergantungan lah atau apalah aku jadi takut and aku gak pake lgi. Klo gak aku obatin nih muka gak bersih2 jadi aku minta saran kakak. Menurut kakak aku pake aja krim itu atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Cantik! Langsung cuss direct instagram aku aja ya. Cz sekarang aku ga share pin atau line ke pembaca blog aku :)
      Boleh tanya-tanya lebih lanjut di situ.

      Delete
  41. aku langsung mikir berarti ga aku doang yang gatel gatel mukanya pas pake gel lidah buaya langsung, tapi selama ini alhamdulillah walau kulitku rewel ga sampe berurusan sama klinik kecantikan atau krim krin dokter apalagi krim gajebo hmm..

    beautybyliana.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :D
      Dan pas aku baca-baca lagi lapisan bawah kulit luar lidah buaya emang mengandung zat yang bikin gatel (namanya lupa) kalau mau dipakai harus dikupas dulu dan direndam sampai zat tersebut hilang...
      Hmmm, setiap orang punya kisah kulit mereka masing-masing ya ^_^
      bdw, thnks udah mampir

      Delete
  42. kulit saya awalnya bagus kak tapi karena waktu itu pake make up dan gak cocok jadi berjerawat, saya cuman pake ponds yang khusus jerawat tapi nggak ada efeknya apapun. kulit aku termasuk sensitif trs berminyak juga. kira-kira pake produk apa yaa bagusnya? bantu pencerahan soalnya pas ngaca kyk org stress sendiri kak huhu :'(

    ReplyDelete
  43. Share story aja nih yaa semua, ak jg pke Nat*sha slama 3 thun lbih, slma pke krim itu muka ku jdi glowing dan fawless bgt (awalnya biasa aja muka ku). Lepas Nat*sha krna stlah nikah ikut suami yg t4 tinggal nya ga ada klinik itu, jadi jrang prwatn kan pke krim jg selang seling, dan sering iritasi jg, stlah itu buletin tekad buat ga make skin care lg krna emang ktergantungan bgt, dan mukaku breakout stelah ga make lg, biar blik sprti semula pke apa yah yg bagus? Yg tau tolong reply yaa *lagi butuh banyk referensi nih dear

    ReplyDelete
  44. Yank.. aq sdh berenti 6bln dari cream dokter trs aq lanjut pake cream herbalife sambil pake acnes kl ada jrwat timbul aq oles sdh jalan satubulan lebih malah jd jerawatan sekitar 4 sampe 5 jerawat yg kluar nanah yang tadinya mulus mau nangus stp liat kaca blm abis bekas eh nongol lagi jerawat baru jd byk bekasnya deh mana beli produk herbalife mahal 1.7jt abis
    Aq coba pake herbalife krn cocok pake utk pelangsingnya 3bln sdh turun 8kg tp kecewa sm produk skin nya malah jd jerawatan :(
    Cream dokter mengoda2 utk kembali..stresss bgt skrg aq cb2 cream hn
    Kira2 sm ga ya cream hn sm cream dokter aq takut tergantungan jg

    ReplyDelete
  45. Buat Mbak2 dan Mas2 yang memang pernah memakai krim2 atau obat2tan yang dapat memutihkan, menghaluskan, menghilangkan jerawat. please pikir ulang . klinik kecantikan berlisensi halal dan BPOM saja banyak yang menipu konsumen. jangan mudah percaya. jika memang perlu lebih baik konsultasikan pada dokter Sp.KK jangan ke klinik2 itu dokternya dokter umum kebanyakan hanya sedikit yang Sp.KK logikanya dokter Sp.KK mana mau konsultasi di gratiskan ? mereka kuliah menempuh pendidikan kulit 4 tahun lamanya dengan biaya besar kok konsulnya gratis, ga mungkin .

    silahkan yang memang mau tau cerita saya sebagai korban skin care abal2 bisa klik blog saya :

    http://sejutamimpiku.blogspot.co.id/2016/07/bahaya-perawatan-di-skin-care.html?spref=bl

    saya juga sertakan review pengobatannya , yang mau tanya2 bisa line : andramraw
    semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  46. makasih gan informasi Cara Merawat Kulit diblog ini sangat bermanfaat, langsung praktek ah......

    ReplyDelete
  47. Hallo mba link instagramnya error ya
    Not found aku cb klik
    Aku pgn tanya2
    Apa bs via email or wa or line ?
    Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Maria, Instagram lagi under maintenance ya sementara bisa DM twitter dulu :)

      Delete
  48. Kak aku udh 5 hari pakek natasha tapi kulitku tambah parah jerawatnya makin banyak, kata dokternya itu masih pengeluaran jerawat, ntah itu benar atau gak, yang penting bodoh amat tambah banyak jerawatnya bikin luar biasa gak pede, menurut pengalaman kaka gimana ni jika aku terusin makenya dari pada tambah parah-parah lagi, kan sayang juga baru beli, mohon pendapatnya kak??
    Dan saya harus pakek apa?

    ReplyDelete
  49. haiii kakk.. alhamdulillah nemu artikel ini jd keukeuh pengen stop dari NATA*SHA yang udah hampir 3th pake, dan sekarang aku jg lagi mulai bruntusan kecil2 merah2 dah lumayan gatel, apalagi kalo kemarinnya pas abis make up an tebel krn ada acara. awalnya aku stop krim malemnya krn kebetulan pas mau abis udah aku pake jarang2 gitu, terus ga repurchase lagi, abis itu mulai bruntusan dikit, trs serum pagi jg aku pake jarang2 krn dah mau abis jg. yg masih aku pake sampe sekarang facial wash nya, susu pembersih kalo pas abis make up tebel aja, bruntusannya bikin ga nyaman bgt sumpah, baiknya aku pakai apa yaa yg alami dlu selama masa purging ini? yah sampai akhirnya aku ada pandangan mau pindah ke wardah atau jafra. btw udah 2minggu lebih dr awal aku ga pake krim malemnya. kalo gel lidah buaya kan buat nenangin jerawat, buat sekedar bruntusan dan merah2 terlalu kuat ga ya kira2 nantinya..
    mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai dear alhmdll..
      gel lidah buaya ringan kok say gpp pakai aja klo mau
      untuk kompres jerawat yang meradang pakai air mawar juga lumayan mapuh lhooo selain itu air mawar juga bisa dipakai sebagai toner dan air campuran masker. [Review Air Mawar di sini]
      terus biar jerawatnya cepet kering, tiap malam oles tea tree oil say [Reviewnya ada juga di sini]
      dibaca yaaa.. semoga bermanfaat :)

      Delete
  50. Assalamualaikum..
    Mba,aku jg mw sdkit konsul ama mba..hehe
    Aku jg udh pke krim dri natasha skitar 4 bulanan,pas kmren krim paginya abis,aku gak pke slama sminggu(emang mw beli lg mngg dpnnya pas promo men's day):D yg slama gak pke itu,muka aku jd byk jrawat kcil kyak bruntusan gitu d pipi dan jidat,trus aku konsul ktanya mgkn efek cuaca krn kmren aku mudik,trus ktanya dipakai aja krim paginya ntar hilang jg katanya,tapi ini udh sminggu tapi blm hilang,trus aku pakein air perasan jruk nipis di bruntusan itu kta tmenku bisa ilangin bruntusannya (smoga aja hilang) dan aku pke jeruknya bru 2 hari..udh stres dluan akunya,liat wajah jd byk jrwt" kecil :'( pdhl awalnya wajah aku gak kyak gini -,-
    mw gak pke krimnya tapi udh kyak ktergantungan, tapi mkin ksni liat wajah udh gak trlalu ada perubahannya lg kyak awal prtama make krim.. gmana ya mba solusinya,tlg pncerahannya..thnks bfore

    ReplyDelete
  51. Baca artikel+komenya bener2 kaya ngaca ke diri sendiri.. Seru dan kebetulan masalah yg sya alami juga sama, sya malah ada 2 thn pke kosmetik abal yg merk2 gajelas + toner RDL yg ada hidroquinonya, alhasil wajah kinclong kyk amoy cina tapi lama kelamaan malah makin hari wajah makin gampang iritasi n ngelupas, pas berhenti pake wajah malah rusak sakkkk... Kusem abadi, jerawat bonong, wajah kliatan tua n ga ada aura cantiknya sma skali, kmduian saat masuk smester empat kuliah barulah aku beranikan diri buat ke klinik kecantikan NAN*SA di sidoarjo, aku perawatan acne + facial2 mahal gitu, kantong kering.. Bela2in beli krim ampe makan cuma lauk tempe ama ikan asin, tapi semua berasa gak sia2, dalam tiga bulan wajahku bersih dr jeriwit beserta bekasnya, akhirnya aku tergoda buat nyoba krim malem whiteningnya.. Ya disarankan ama dokterknya buat ilangin bekas jeriwi sma ratain tone kulit, dalam dua minggu wajah bener2 kinclong bersih. Aku bertahan pake krim2 dokter tu kurang lebih setahunan, tapi saat coba aku stop karena memang disarankan temen buat waspada karena berpotensi bikin kanker wajahku malah balik kayak semula dulu.. Kusem dan bnyak bercak merah item, akhirnya aku putusin buat bertahan dan cari pencerahan sana sini.. Dan alhamdulillah bisa dikasih sabar buat detox sampe selsai skripsi dan wisudah.. Dan untuk skrg sya lbh PD dng kulit normal sya, kadang muncul jeriwi 1 ato 2 gtu pas lg mau haid.. Tp aya ttp bersyukur msh dikasih sadar sblum terlambat, wajah itu harta berharga, kalo uda terlanjur rusak mahal servisnya dan ga ada spare partnya 😀😁😂

    ReplyDelete
  52. .iya kalau berhenti dari cream emang harus pelan pelan ya ..salahnya aku aku berhenti total .. aku dlu pake cream sari .dan setelah berhenti .wajah q rusak da berjerawat parah ..sedih :'( sekarang alhamdulillah udah mau sembuh .Nyesellll banget pake cream itu & cream dokter. mending pake kosmetik yang biasa aja ...yang mau review nya kalian bisa lihat di www.faridanajwa212.wordpress.com . .

    ReplyDelete
  53. haii aku mau share aku udah pake natasha dari tahun 2013, aku mau berhenti akhir-akhir ini. awalnya aku setop pake night krim dan sabunnya, hasilnya kulitku sekarang gatal-gatal dan kulitku yang tadinya berminyak jadi kering. aku harus gimana yah ? aku kayak pengen balik lagi tapi takut efek sampingnya. bantu saran dong

    ReplyDelete